banner-detik

beauty school

Cara Mudah Atasi Tumit Kering Selama di Rumah Saja!

seo-img-article

Siapa yang suka meraba tumit kaki dan menemukan permukaan kasar hingga pecah-pecah?

Meski nggak terlihat wujudnya di hadapan orang-orang, tapi kalau setiap hari dibiarkan dan nggak dirawat, jadinya semakin kering dan meresahkan. Selain karena sabun mandi atau sabun cuci yang harsh, tahukah kamu kalau salah satu penyebab tumit kering hingga pecah-pecah ini adalah cuaca? Cuaca di lingkungan kamu yang kering dan dingin bisa bikin kulit ikut kering, jadi mudah pecah-pecah. Seperti AC di kamar yang terlalu dingin, terkadang di malam hari bagian kaki suka keluar dari selimut. Hal ini juga bisa menyebabkan tumit semakin kering karena terpapar suhu dingin.

Supaya tumit kering bisa teratasu dan nggak semakin banyak pecah-pecahnya, kamu bisa ikuti tips berikut ini. Cukup mudah, nggak perlu ke salon kecantikan untuk mendapatkan perawatannya. Kamu bisa melakukannya di rumah saja!

Kurangi sandal dan pakai sepatu

Karena salah satu faktor penyebab tumit kering adalah cuaca, jadi disarankan bagi kamu yang ingin beraktivitas di luar sebaiknya mengganti sandal dengan sepatu. Gunakan kaos kaki yang nyaman dan pilih sepatu yang nggak sesak di kaki, supaya kegiatan yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar tanpa harus mengalihkan perhatian ke kaki yang mudah sakit karena sepatunya terlalu sempit.

Baca juga:  5 Cara Ampuh Merawat Kulit Tubuh yang Kering!

Jaga kelembapan tumit

Supaya nggak kering, penting untuk menjaga kelembapan kulit terutama di tumit yang lebih sering pecah-pecah. Cara paling mudah untuk memenuhkan kebutuhan tersebut adalah dengan mengonsumsi air mineral setiap harinya, dan makan makanan sehat yang mengandung banyak mineral supaya tetap terhidrasi. Aplikasikan juga body lotion setiap habis mandi ya!

Baca juga: Tips Andalan untuk Mengatasi Tumit Kaki Pecah-Pecah!

Gunakan krim khusus untuk tumit

Seperti bagian kulit lainnya, kalau terasa kering sebaiknya rutin menggunakan pelembap atau moisturizer, supaya terjaga kelembapannya. Nah, untuk tumit kering, biasanya body lotion saja nggak cukup. Kamu bisa menggunakan krim khusus untuk melembapkan tumit atau bisa disebut foot cream. Karena sehari-hari akan banyak aktivitas yang membuat kamu bergerak, dan krim di tumit bisa hilang, jadi kamu bisa menguncinya dengan mengenakan kaus kaki supaya krim di tumit nggak terkena lantai. Aplikasikan juga setiap malam hari ya!

Itulah beberapa cara untuk mencegah tumit kering dan pecah-pecah. Kamu bisa rutin melakukan cara di atas ini supaya tumit lebih mulus seperti tumit bayi. Jangan lupa juga rajin eksfoliasi menggunakan body scrub supaya lebih halus. Selamat mencoba!

 

Image : freepik.com & dok. female daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment