lifestyle

Ini 10 Superfood yang Mampu Meningkatkan Kekuatan Imun!

seo-img-article

Buat mencegah berbagai virus dan penyakit, kita harus menguatkan diri dengan berbagai makanan sehat, supaya daya tahan tubuh jadi lebih baik. 

Berita bahwa virus COVID-19 varian delta lebih cepat menyerang, membuat kita harus lebih waspada. Nggak jarang yang jadi mudah khawatir dan gampang panik. Namun, kalau kita panik, kita malah sering luput dari hal-hal kecil yang bisa kita lakukan, dan nggak berpikir jernih dalam mengambil tindakan. Beberapa hal di bawah ini bisa kita lakukan dalam menghadapi situasi sekarang:

  1. Teliti membaca berita atau pesan berantai, dan harus saring sebelum sharing.
  2. Selalu cuci tangan dengan air bersih dan sabun. Gunakan hand sanitizer saat tidak menemukan tempat cuci tangan. Tahan untuk memegang-megang wajah, terutama area hidung dan mulut.
  3. Gunakan masker dobel setiap keluar rumah.
  4. Jangan berada terlalu sering di ruang publik untuk sementara waktu.
  5. Tunda liburan dan bepergian ke luar kota atau luar negeri.
  6. Rajin membersihkan benda-benda di sekitar kita dengan disinfektan, misalnya meja, ponsel, laptop, dan benda-benda lainnya yang sering dipegang dengan tangan.
  7. Jangan bertukar peralatan makan dan produk makeup seperti lipstik.
  8. Segera ke dokter bila demam, flu, atau batuk sudah lebih dari 3 hari.
  9. Tidur cukup, minum vitamin, konsumsi superfood. Ini yang terpenting.
  10. Vaksin, sebagai bentuk perlindungan pada tubuh. Orang yang sudah vaksin mempunyai risiko tertular lebih kecil dan kalaupun tertular, tidak akan terlalu parah. Dengan vaksin, kamu melindungi diri sendiri dan orang-orang di sekitarmu.

Nah, apa saja sih makanan sehat yang bisa meningkatkan kekuatan imun? Simak deretan superfood di bawah ini!

Baca juga: 7 Makanan untuk Melindungi Diri dari Polusi

1. Anggur hitam atau merah

Anggur sangat kaya akan phytochemical, apalagi yang warnanya gelap. Phytochemical yang bernama anthocyanin dan proanthocyanidin, sangat baik untuk meningkatkan kekuatan imun. Anggur juga sumber vitamin C dan selenium yang meningkatkan kemampuan antioksidan dalam bekerja.

2. Blueberry

Mengandung banyak vitamin, mineral, dan phytochemical, blueberry adalah buah yang canggih sebagai booster di sistem imun manusia, bahkan membantu mencegah kanker dan kerusakan hati, serta mengurangi inflamasi pada tubuh. Nggak heran kalau disebut superfood!

3. Buah beri merah

Strawberry dan raspberry kaya vitamin C, antioksidan, dan ellagic acid – salah satu jenis phytochemical yang bisa melindungi tubuh dari faktor kerusakan lingkungan dan juga penyakit berbahaya seperti kanker.

4. Sayuran hijau

Brokoli, bayam, kale, pokchoy, daun bawang, selada, dan kailan harus mulai jadi sahabatmu sekarang ini, karena kaya vitamin A, C, E, kalsium, magenesium, dan potasium. Ada juga kandungan phytochemical bernama kaempferol, dan antioksidan hebat bernama lutein serta quercetin.

Baca juga: 7 Makanan Penting untuk Membantu Mencegah Kanker

5. Sayuran oranye

Ubi oranye, labu, butternut pumpkin, dan wortel juga superfood, lho! Nggak cuma enak diolah jadi sup atau kue, tapi juga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan imun karena mengandung vitamin C, B6, potasium, serat, vitamin A, dan kalsium.

6. Ikan

Sumber omega-3 terbesar adalah ikan. Omega-3 bertugas mencegah penyakit yang terkait dengan inflamasi misalnya kerusakan hati. Ikan juga sumber vitamin D yang oke banget. Vitamin D itu jarang ditemukan di makanan lainnya lho! Meskipun semua ikan mengandung omega-3, tapi superstar-nya adalah salmon, sardin, mackarel, tuna, herring, dan oyster.

7. Beans

Kacang hijau dan kacang kedelai mengandung vitamin C, selenium, zinc, dan kalsium. Sementara cowpea atau black eyed pea, lentil, kacang merah, dan kacang hitam punya banyak kandungan folat. Semuanya kaya antioksidan, mineral dan vitamin.

8. Teh

Coba kurangi asupan kopimu dan ganti dengan secangkir teh hijau panas setiap hari. Teh mengandung phytochemical yang melindungi tubuh, meningkatkan kekuatan imun, dan meredakan inflamasi.

9. Whole grains

Ganti roti putih dengan roti gandum dan nasi putih dengan nasi merah karena whole grains akan membantu tubuhmu lebih sehat, berkat kandungan selenium, zinc, dan phytochemical yang jadi protector dari kanker dan kerusakan hati.

10. Kacang-kacangan

Kacang mengandung lemak baik, sekaligus punya juga kandungan protein dan sedikit karbohidrat.  Ada juga kandungan omega-3, selenium, dan mineralnya lho! Makanya, mereka tergolong superfood. Walnut adalah contoh kacang yang sarat dengan omega-3. Kacang-kacangan memang kelompok makanan yang sangat seimbang! Mostly, mereka mengandung phytochemical, seperti resveratrol yang bisa menekan kolesterol.

 

Kalau kita rutin mengonsumsi superfood di atas, kekuatan imun kita akan lebih terjaga sehingga nggak mudah terserang penyakit apapun. Bonusnya, kulit juga jadi lebih bercahaya dan pencernaan bakalan lancar! Semoga semuanya selalu sehat ya!

 

Image: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment