banner-detik

beauty school

Perbedaan Freckles dan Flek Hitam yang Wajib Kamu Tahu!

seo-img-article

Tahukah kamu, kalau ternyata freckles dan flek hitam itu bukan hal yang sama? Wajar kok kalau bingung, karena memang mirip. Namun, kedua ini merupakan masalah kulit yang sering dialami manusia. Simak, yuk!

 

Ketidaksempurnaan di wajah memang memiliki banyak varian, mulai dari jerawat, kerutan halus, bruntusan, milia, sampai noda-noda gelap. Noda-noda gelap atau dark spots sendiri juga banyak jenisnya, ada flek hitam, freckles (epelides dan lentigines), melasma, hingga seborrheic keratosis. Kalau melasma biasanya muncul pada usia di atas 40 tahun, berukuran lebih besar, dan sangat dipengaruhi hormon. Sementara seborrheic keratosis berukuran kecil-kecil dan kecokelatan, dan lebih timbul.

Yang paling sering membuat orang bingung adalah flek hitam dan freckles, karena tampilanny mirip. Apa sih bedanya?

Flek hitam

Masalah kulit satu ini sering kali dijumpai pada orang yang tinggal di iklim tropis, seperti Indonesia. Flek hitam ini adalah hiperpigmentasi, yang penyebabnya bisa dari bekas jerawat, polusi, paparan sinar matahari dan radikal bebas dalam waktu yang panjang. Flek hitam ini umumnya memiliki ukuran yang lebih beragam dari freckles, dan tidak bergerombol seperti freckles.

Inilah mengapa penting untuk rutin merawat kulit wajah. Rajin menggunakan sunscreen, bisa mencegah dan meminimalisir tampilan flek hitam pada wajah. Kalau kita nggak rajin melindungi kulit dari sinar matahari, maka flek hitam dari peradangan kulit bisa muncul. Semakin kamu malas pakai sunscreen, flek hitam ini  jumlahnya bisa makin banyak, ukurannya bisa makin besar, dan juga makin gelap. Sebagai tindakan penyelamatan, kamu bisa menerapkan penggunaan serum yang mengandung vitamin C atau Niacinamide dalam skincare routine kamu. Jangan lupa juga untuk terus menggunakan sunscreen, meskipun di dalam rumah.

Nah, ada hal lain yang perlu kamu ketahui juga terkait flek hitam di kulit. Ternyata flek hitam ini tidak hanya bisa muncul pada kulit wajah, tapi pada kulit tubuh juga. Karena kulit tubuh itu jauh lebih tebal dibandingkan dengan kulit wajah, maka aplikasi body sun protection dan body care yang bisa bantu mencerahkan kulit dan mencegah flek hitam muncul juga perlu diaplikasikan secara rutin.

Salah satu body care yang mengandung ingredients untuk bantu mencerahkan kulit ini terdapat di dalam NIVEA Extra White Night Nourish Lotion, lho. Di dalam lotion ini terdapat kandungan White Bio Active dan Vitamin C dari ekstrak berry, sehingga bisa memberikan triple whitening effect yang bisa bantu kulit terlihat lebih cerah dan tidak kusam. 

Nah, yang paling penting itu di dalam lotion ini terdapat Mela-control complex untuk bantu mengurangi proses pigmentasi kulit tubuh kita. Ada juga kandungan Vitamin E yang bisa bantu memberi nutrisi pada kulit, menjadikannya terasa halus, serta Q10 yang kaya akan antioksidan untuk bantu menjaga kekencangan kulit dan meminimalisir kerutan halus di kulit.

Kalau siang hari kita melindungi kulit tubuh dengan aplikasi body sun protection, maka di malam hari NIVEA Extra White Night Nourish Lotion ini akan membantu proses regenerasi kulit dengan lebih baik. Teksturnya juga nggak lengket, jadi sangat nyaman untuk dipakai untuk menemani tidur.

Namun, kalau flek hitam yang kamu miliki warnanya sudah sangat gelap, flek ini biasanya nggak bisa dihilangkan atau disamarkan dengan menggunakan produk skincare atau body care saja. Untuk menyamarkannya, kamu harus melakukan treatment laser di klinik kecantikan.

Baca juga:  5 Sunscreen Lokal dengan Kandungan Niacinamide untuk Melindungi Sekaligus Mencerahkan Kulit!

Freckles

Kalau kamu memerhatikan orang bule tanpa riasan, mereka kerap memiliki banyak freckles di wajahnya. Berbeda dengan flek hitam yang timbul karena faktor eksternal, freckles timbul karena faktor genetik. Hal ini juga nggak cuma berlaku untuk wajah aja, tapi juga bagian tubuh lainnya seperti dada, punggung tangan, dan sebagainya, tergantung faktor genetik. Kalau kamu punya freckles, ayah atau ibu atau nenek kamu pasti juga punya. Orang yang punya kulit lebih terang, cenderung berisiko punya freckles dibandingkan orang dengan kulit gelap. Berbeda dengan flek hitam yang lebih gelap, freckles berwarna kecokelatan dan biasanya berkelompok, bukan cuma 1 atau 2 saja.

Lagi-lagi, untuk menyiasatinya, kamu bisa mengandalkan sunscreen. Kalau tinggal di Indonesia, sebaiknya pilih sunscreen dengan SPF minimal 30, dan PA+++. Kamu harus re-apply sunscreen tiap 3 jam ketika kamu berada di luar ruangan. Karena freckles ini bawaan lahir dan bukan dari eksternal, maka kamu nggak bisa menghilangkannya secara total. Sunscreen tidak akan membantu melenyapkan freckles yang sudah muncul, tapi setidaknya bisa mencegah jumlah freckles yang akan muncul.

Nggak cuma sunscreen yang dibutuhkan, pemilik freckles ini juga wajib memiliki serangkaian skincare yang memiliki kandungan antioksidan, supaya freckles nggak semakin banyak. Agar kulit tampak lebih cerah, skincare dengan kandungan vitamin C, Niacinamide, atau Alpha Arbutin dapat digunakan. Laser treatment juga merupakan tindakan advanced yang bisa dilakukan, namun sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter terlebih dulu ya!

Baca juga: 5 Serum Lokal dengan Alpha Arbutin untuk Menyamarkan Noda Gelap di Wajah

Itulah perbedaan freckles dan flek hitam yang perlu kamu tahu. Jika kamu mempunyai salah satunya, jangan lupa pakai sunscreen setiap hari ya!

 

Image: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment