banner-detik

beauty school

Jangan Panik, Ini 4 Cara Mudah Bantu Kamu Hilangkan Kerutan di Wajah!

seo-img-article

Semakin bertambah usia, tentu kerutan wajah semakin tampak. Hal ini sangat wajar, karena kolagen dan elastin di kulit akan melemah seiring bertambahnya usia.

Akibatnya, akan timbul tanda penuaan, seperti kerutan. Bagi kamu yang nggak hobi skincare-an sejak dini, pasti bisa mengalaminya lebih cepat. Namun, nggak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mudah yang bisa meyamarkan kerutan di wajah kamu.

Baca juga: Punya Sederet Sunscreen Berkualitas, 7 Brand Kecantikan Ini Terkenal Sejak Dulu!

Gunakan skincare berbahan retinol

Kandungan retinol memang lagi jadi satu produk andalan ya. Nggak heran, karena retinol menjadi satu kandungan yang efektif dalam mencegah penuaan dini. Kandungan ini dapat merangsang produksi kolagen, sehingga kulit jadi lebih kenyal dan garis-garis halus pun tampak memudar. Hal ini terjadi karena retinol memiliki vitamin A paling murni. Untuk pemakaian serum retinol ini bisa digunakan saat malam hari, sebelum mengaplikasikan pelembap. Kalau kamu pemula, lakukan dulu 2-3 kali seminggu dan pilih serum retinol dengan kadar tidak lebih dari 1 % ya! Setelah kulitmu terbiasa, kamu bisa pakai serum retinol setiap malam. Jangan lupa, keesokan paginya kamu wajib pakai sunscreen, supaya kulit terlindungi dan nggak mudah iritasi.

Baca juga: Ini 5 Kebiasaan Baik yang Bantu Mencegah Kerutan di Sekitar Mata!

Menerapkan gaya hidup sehat

Kata siapa gaya hidup sehat hanya untuk orang yang ingin diet? Nggak juga. Hidup sehat berarti juga memengaruhi lainnya. Kebiasaan sehari-hari juga penting diperhatikan ketika ingin tampil maksimal tanpa kerutan. Caranya dengan, mengonsumsi makanan bergizi, rajin olahraga, hindari rokok dan kurangi begadang. Menurut sebuah penelitian, orang yang memiliki gaya hidup sehat memiliki sedikit kerutan di wajah. Sementara, kebalikannya akan menimbulkan banyak kerutan di wajah. Untuk itu, penting banget menjaga gaya hidup tetap sehat.

Konsumsi multivitamin

Merawat kulit nggak cukup dari luar aja. Kamu juga perlu memaksimalkan dari dalam. Dengan cara konsumsi multivitamin, supaya kulit bisa ternutrisi dengan baik. Melansir dari Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, orang yang mengonsumsi multivitamin setiap pagi dan malam, bisa menyamarkan kerutan di wajahnya.

Rutin menggunakan sunscreen

Lagi-lagi sunscreen. Penting banget nih fungsi sunscreen di setiap aspek merawat wajah. Nggak cuma bikin wajah jadi terhindar dari sinar UV, tapi juga mengurangi kerutan. Salah satu dokter kulit asal New York, Robert Anolik menegaskan bahwa sunscreen adalah produk anti penuaan terpenting yang dapat digunakan.

Bahkan 90% penuaan pada kulit kita berasal dari sengatan matahari. Inilah sebabnya sunscreen nggak boleh dilewatkan setiap harinya. Meski di rumah saja juga tetap harus menggunakannya. Sebab, sinar UV bisa datang dari celah jendela rumah dan sinar biru pada layar gadget bisa merusak kulit, sehingga lebih cepat mendapatkan kerutan di wajah.

Baca juga: Tenangkan Kulit di Tengah Polusi Udara dengan 5 Skincare Matcha yang Kaya Antioksidan Ini!

Supaya nggak menambah kerutan, alangkah baiknya untuk mulai menerapkan beberapa cara mudah yang sudah disebutkan di atas. Jangan lupa untuk rajin membersihkan wajah dan memijat wajah dari arah leher ke atas wajah, dengan gerakan memutar ke atas ya, supaya kulit nggak gampang sagging.

Image: Dok. Female Daily, Dok. Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment