banner-detik

lifestyle

Bingung Mau Ngapain Selama PPKM? Ini 4 Prakarya Seru yang Bisa Menghasilkan Uang

seo-img-article

Pertanggal 25 kemarin, pemerintah kembali memperpanjang masa PPKM, hingga tanggal 2 Agustus 2021. Mungkin untuk sebagian orang, ini menjadi berita baik karena bisa bekerja dari rumah, dan mengurangi kemungkinan terkena virus COVID-19. Tapi pasti ada juga yang merasa sebal, karena mulai penat di rumah. Nggak bisa dipungkiri, walaupun tahu di rumah saja lebih baik, kadang kita butuh pemandangan yang berbeda, untuk melepas rasa bosan dan juga penat di rumah.

Nah, untuk mengurangi rasa ingin keluar rumah demi mengatasi rasa bosan ini, gimana kalau kita isi waktu dengan mengasah skill kreatif kita? Ini adalah beberapa prakarya yang bisa kamu lakukan saat PPKM. Bonusnya nih, kamu bisa mendapatkan penghasilan dari prakarya-prakarya ini.

Crocheting atau merajut

Sering melihat boneka lebah gemas ini di sosial media, khususnya di TikTok? Kamu bisa lho, bikin boneka gemas ini sendiri di rumah, mudah dibuatnya dan budget yang dikeluarkan juga tergolong sedikit. Crocheting sendiri sudah mulai rama sejak tahun lalu. Kalau kamu ngeh, banyak banget model baju rajut yang kembali diminati. Cukup belajar satu teknik ini, kamu bisa bikin plush toys atau item fashion seperti jaket, cardigan dan juga topi. Karena lagi high demand, ini salah satu hobi yang bisa kamu tekuni dan dijadikan bisnis.

Macrame

Biasaya DIY macrame ini dibuat untuk menghias tembok atau sebagai aksen untuk bikin ruangan jadi aesthetic. Contohnya DIY yang dibuat oleh DIY Macrame World di video atas ini. Namun, macrame juga bisa kamu kreasikan untuk hal-hal lain yang nggak kalah gemasnnya. Bisa untuk membuat gantungan kunci, tirai atau bisa juga menjadi alas meja.

 

Clay

Ini salah satu hobi yang lagi cukup diminati juga nih, membuat pajangan dengan menggunakan clay atau tanah liat. Medianya sendiri macam-macam, bisa disesuaikan dengan yang kamu suka. Kalau kamu mau yang gampang, bisa menggunakan air dry clay, ini jenis clay yang nggak perlu dioven untuk mengeras. Biasanya air clay ini digunakan untuk membuat pajangan-pajangan kecil, seperti tatakan gelas, pot, atau tray untuk perhiasan.

Embroider atau menyulam

Dibandingkan yang lain, mungkin embroider bisa dibilang yang paling efektif untuk melupakan stress kerjaan atau pikiran negatif lainnya. Soalnya ketika melakukan kegiatan ini, kita membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi, supaya nggak salah saat menyulam benangnya. Embroider ini bisa kamu aplikasikan di mana saja, dijadikan pajangan rumah akan terlihat menarik, atau juga bisa kamu aplikasikan ke dalam item fashion kalian, seperti kaos, celana, jeans atau mungkin tas. Coba deh tonton beberapa video embroider di baju polos, ini jadi peluang bisnis yang menarik banget lho. Apalagi custom made, kamu bisa memberikan harga yang cukup tinggi.

Itu dia empat kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di PPKM tahap 4 ini. Keempatnya menarik sekali untuk dilakukan, karena membantu untuk mengurangi rasa bosan dan stress. Bonusnya malah bisa menjadi pemasukan lebih!

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment