banner-detik

skin care

Salah Pakai Toner Bisa Bikin Kulit Kusam? Simak Penyebabnya!

seo-img-article

Rutin pakai skincare memang penting bagi siapa saja. Hal ini untuk membantu kulit tetap terhidrasi, lembap dan terawat dengan baik. Meski rutin memakai produk perawatan, ada saja yang nggak cocok dan bikin kulit kusam. Kalau kamu mengalaminya, mungkin ada yang salah di tahap merawat kamu.

Bisa jadi, produk toner yang kamu pakai menyebabkan kulit tampak kusam! Toner sendiri merupakan produk perawatan yang memiliki segudang manfaat. Yakni, menyeimbangkan pH kulit, memberi hidrasi, menyegarkan, dan juga memperkuat skin barrier. Nah, kalau kamu asal pilih toner yang penting cocok di kantong, bisa jadi akan mempengaruhi kulit kamu. Jadi, sebelum membeli toner, kamu harus mengenali jenis kulit kamu lebih dulu, kemudian cari kandungan toner yang cocok dengan kulit kamu. Simak beberapa alasan kenapa toner bisa menyebabkan kulit kusam!

Tidak membersihkan wajah sebelum pakai toner

Bagi kamu yang baru banget mencoba berbagai macam perawatan, perlu diingat kalau penggunaan toner harus disertai wajah yang bersih, alias double cleansing terlebih dahulu. Terutama setelah bepergian, arena banyak polusi dan kotoran yang menempel di wajah. Jadi, pastikan wajah kamu benar-benar bersih dari segala kotoran ataupun riasan yang menempel sebelum mengaplikasikan toner.

Karena kalau langsung menggunakan toner padahal wajah belum bersih maksimal, maka toner jadi nggak bekerja dengan baik. Bahkan, kotoran bisa terjebak di pori-pori hingga menimbulkan jerawat yang nggak diinginkan.

Baca juga: 3 Hydrating Toner Lokal untuk Menyingkirkan Kulit Kering dan Kusam!

Salah pilih jenis toner

Perlu diketahui, setiap kulit harus diberi nutrisi sesuai dengan kebutuhannya. Kalau kamu memiliki kulit kering, kamu bisa menggunakan toner dengan bahan dasar Hyaluronic Acid untuk menjaga kadar air di wajah atau toner berbentuk milky yang lebih melembapkan. Kalau kulit kamu berminyak dan cenderung berjerawat, kamu bisa menggunakan toner dengan bahan Salicylic Acid, witch hazel, atau tea tree, untuk membersihkan pori dan mencegah kulit berjerawat. Bagi kamu yang ingin ncerahkan kulit atau meratakan warna kulit, kamu bisa menggunakan toner dengan bahan Niacinamide, AHA, BHA, atau Galactomyces. Sementara untuk kulit sensitif, bisa memilih toner dengan calendula, chamomile, mugwort, Ceramide, PHA, atau Centella Asiatica untuk menenangkan kulit dan menjaga kekuatan skin barrier. Jadi, pemilihan kandungan toner ini juga harus benar, supaya perawatan kamu bisa maksimal.

Baca juga: 7 Exfoliating Toner dari Brand Korea yang Bisa Bikin Kulit Glowing dan Lebih Halus

Toner mengandung alkohol

Beberapa kandungan skincare memang ada yang menggunakan alkohol. Meski nggak semua, namun perlu diketahui kalau alkohol bisa menyebabkan kulit lebih kering dan iritasi. Nah, kalau kulitmu kering, otomatis terlihat lebih kusam dan nggak segar. Kalau iritasi, masalah-masalah kulit lainnya bisa muncul, lho! Walaupun sebagian orang mungkin tahan terhadap kandungan alkohol di wajahnya, namun bagi kamu yang masih ragu dan baru memulai rutin merawat diri, lebih baik hindari yang kandungannya alkohol. Apalagi kalau kulit kamu sensitif. Jangan pernah mencoba untuk memperburuk keadaan ya, karena penggunaan alkohol bagi kulit sensitif bisa menimbulkan permasalahan kulit baru yang nggak diinginkan.

Baca juga: 5 Produk Milky Toner yang Bisa Mengubah Kulit Kering Jadi Glowing!

Itulah beberapa kesalahan penggunaan toner, yang malah bisa bikin kulit kamu kusam! Jadi, sebelum membeli dan menggunakannya, kamu harus lebih berhati-hati lagi ya.

 

Image : freepik.com & dok. female daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment