banner-detik

lifestyle

Wajib Tahu! Ini 4 Manfaat Jahe Bagi Kecantikan!

seo-img-article

Bagi sebagaian orang, mengonsumsi jahe merupakan tantangan. Karena rasanya yang pedas dan menyerang tenggorokan, sehingga nggak nyaman ketika diminum. Namun meski rasanya bikin nggak nyaman, faktanya jahe bisa mengobati berbagai penyakit dan bisa menjadi bahan pokok dalam merawat tubuh supaya tetap cantik, lho!

Jahe umumnya diminum ketika nggak enak badan, atau sekadar ingin meningkatkan kekebalan tubuh. Ramuan herbal jahe memang cocok untuk meredakan sakit flu, mengurangi tekanan darah dan risiko sakit jantung. Selain itu, juga jahe bisa dikonsumsi untuk memberi banyak manfaat bagi kulit dan rambut. Biasanya jahe tersedia dalam bentuk minuman, walaupun di restoran Jepang kerap terlihat jahe dimakan langsung bersamaan dengan sushi. Kamu bisa memilih olahan jahe apa saja yang pas untuk kamu.

Selagi pandemi seperti ini, mengonsumsi jahe juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Nggak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi jahe 2-3 kali dalam minggu, supaya nggak tubuh kamu yang sehat, tapi juga bisa memberi kulit yang sehat juga. Yuk, simak sederet manfaat jahe di bawah ini!

Menyembuhkan bekas luka

Bukan cuma plester dan antiseptic solution saja yang bisa nyembuhin luka, jahe juga bisa membantu mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Hal ini bisa terjadi karena kandungan antiseptik dalam jahe, dan jahe juga dapat mendorong regenerasi sel, sehingga membantu memulihkan kulit yang tergores atau ada luka ringan.

Jahe bisa membantu mengurangi selulit juga, lho. Karena kandungan dalam jahe bisa menstimulasi regenerasi sel dan memperlancar sirkulasi, sehingga kulit yang bergelombang atau kasar karena penumpukan lemak, bisa pulih perlahan-lahan. Namun untuk urusan selulit, yang terpenting diet dan berolahraga ya! Minum jahe dan pakai firming cream sifatnya hanya membantu memperbaiki kulit.

Mengatasi jerawat

Siapa yang masih suka mengeluhkan jerawat tiap bangun tidur? Jangan sedih, kamu tetap bisa tampil glowing kalau rutin mengonsumsi jahe. Kandungan antioksidan dan antiseptik yang tinggi di dalam jahe, bisa bantu wajah kamu untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, jahe juga bisa mempercepat regenerasi sel, dan mengurangi timbulnya jerawat. Jadi, kalau segala obat totol jerawat belum ada yang ampuh, kamu bisa coba cara “dari dalam”, yaitu dengan mengonsumsi air jahe hangat setiap hari atau dua kali sehari.

Baca juga: 7 Manfaat Kurma Bagi Kulit dan Kesehatan yang Harus Kamu Tahu!

Menghilangkan ketombe

Selain menghilangkan jerawat, manfaat jahe yang lainnya adalah bisa membantu menghempaskan ketombe di rambut, lho. Kandungan yang ada dalam jahe ternyata memiliki banyak manfaat bahkan sampai mengatasi permasalahan rambut. Jadi, untuk mengatasi ketombe kamu bisa menggunakan sampo yang mengandung jahe seperti The Body Shop Ginger Anti-Dandruff Shampoo, OGX Pomegranate & Ginger Shampoo, atau O’Sweet Ginger Shampoo.

Membakar lemak

Siapa yang sudah menyadari manfaat jahe yang satu ini? Buat yang lagi berjuang menurunkan berat badan, jahe penting banget buat dikonsumsi nih, karena bisa mempercepat metabolisme tubuh dan membakar lemak lebih cepat. Selain itu, jahe juga bisa memberi efek kenyang lebih lama sehingga kamu nggak perlu makan setiap beberapa jam untuk mengurangi rasa lapar.

Baca juga: Manfaat Teh Chamomile untuk Tubuh dan Pikiran Kamu!

Itulah beberapa manfaat jahe yang bagus untuk kecantikan. Bagi yang nggak bisa menikmati rasa jahe, kamu bisa belajar menerimanya dengan olahan lain seperti wedang ronde, teh jahe, atau susu jahe. Untuk kamu yang sudah sering mengonsumsinya, semoga kulit dan tubuh kamu tetap sehat selalu ya!

 

Image : Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment