banner-detik

beauty school

Kulit Sensitif? Ini 5 Rekomendasi Serum Niacinamide Konsentrasi Rendah yang Bagus!

seo-img-article

Vitamin B3 atau yang lebih populer dengan nama Niacinamide atau Nicotinamide, merupakan salah satu jenis Vitamin B yang multifungsi dan teruji memberikan segudang manfaat untuk kulit. Diantaranya adalah anti-inflamasi, meningkatkan hidrasi, anti-aging, mencerahkan, meminimalisir tampilan pori, melindungi skin barrier, serta melindungi kulit dari radikal bebas. 

Karena manfaatnya yang banyak ini, Niacinamide jadi ingredients favorit untuk semua jenis kulit, baik kering, berminyak, maupun kulit berjerawat. Kamu bisa mendapatkan manfaat Niacinamide di berbagai produk skincare, khususnya toner, essence, atau serum untuk kandungan Niacinamide yang lebih terkonsentrasi. 

Kebanyakan produk memang mengandung konsentrasi Niacinamide yang cukup tinggi, yakni 10% atau lebih. Sayangnya, nggak sedikit yang mengalami reaksi negatif setelah menggunakan produk dengan Niacinamide untuk pertama kalinya. Misalnya, muncul jerawat atau bruntusan, kulit memerah, hingga terasa gatal atau perih. Gejala ini bisa jadi merupakan tanda-tanda kamu alergi terhadap Niacinamide!

Baca juga: Beautypedia: Niacinamide, Kunci Kulit Sehat Bebas Jerawat

Tapi jangan panik dulu! Munculnya gejala tersebut belum tentu menandakan kamu alergi Niacinamide. Bisa jadi, kulitmu cuma nggak bisa mentolerir Niacinamide dalam persentase yang tinggi. Jadi, buat kamu yang nggak toleran terhadap Niacinamide dalam konsentrasi 10% ke atas, atau baru ingin mencoba menambahkan Niacinamide dalam skincare routine kamu, bisa coba 5 produk lokal dengan Niacinamide konsentrasi rendah berikut ini!

Somethinc 5% Niacinamide Barrier Serum

Belum puas dengan Niacinamide Moisture Sabi Beet Serum-nya yang juga belum lama rilis, Somethinc lagi-lagi mengeluarkan serum Niacinamide baru. Serum kali ini juga hadir dalam konsentrasi 10% dan 5%. Serum terbaru ini menggunakan 48% Rose Water, Algae Extract, 3 jenis Ceramide dan pastinya masih dengan Beet Root Extract. Untuk serum Niacinamide 5% sendiri harganya lebih affordable dibanding serum Niacinamide 10%, lho. Yakni, Rp89.000 untuk 20ml dan Rp149.000 untuk 40ml.

Baca juga: 5 Sunscreen Lokal dengan Kandungan Niacinamide untuk Melindungi Sekaligus Mencerahkan Kulit

Skin Game Acne Combat Serum

Salah satu serum dari rangkaian Focus ini mengandung 1% Bakuchiol, 5% Niacinamide, Cholesterol, serta Ceramide. Sesuai namanya, serum ini memang diformulasikan untuk membantu mengatasi jerawat dengan efek anti-inflamasi dari Niacinamide dan antibakteri dari Bakuchiol.  Namun, serum ini nggak bakal bikin kulit jadi kering. Malahan, kandungan Ceramide dan Cholesterol dalam serum ini dapat memperkuat skin barrier-mu, agar kulit nggak gampang breakout. Satu botol serum ini dihargai Rp149.000 untuk ukuran 30 gr.

Purivera Labs Malachite Whitening Toner

Buat yang ingin menikmati manfaat Niacinamide dalam bentuk toner, produk ini bisa jadi pilihan yang tepat. Toner ini memiliki kandungan Niacinamide yang hanya 5%. Selain itu, salah satu kandungan dari toner ini cukup unik dan jarang ditemukan pada produk lain. Toner ini mengandung Malachite extract, yang merupakan gem stone, lho! Malachite sendiri dipercaya memiliki healing properties dan berperan sebagai antioksidan pada skincare. Toner ini juga mengandung Rice extract dan Bulgarian rose water yang manfaatnya nggak lain adalah untuk mencerahkan, melembabkan dan memperbaiki skin barrier. Satu botol toner ini dibanderol seharga Rp 100.000,-.

Sbcskin Mild Exfoliating Serum

Kandungan Niacinamide di dalam exfoliating serum ini juga tergolong rendah, yakni cuma 4% saja! Serum ini dapat mengeksfoliasi kulit dengan lebih gentle sehingga cocok digunakan buat pemula sekalipun. Namun, serum ini nggak menggunakan kombinasi AHA, BHA dan PHA, melainkan menggunakan BHA (Salicylic Acid) 0,5% saja, dan Galactosyl Salicylate 2%. Galactosyl Salicylate sendiri adalah alternatif yang lebih lembut dari Salicylic Acid, yang didapat dari fermentasi ragi. Exfoliating serum ramah pemula ini bisa kamu dapatkan seharga Rp190.000, untuk ukuran 20 ml.

Indoganic Rose Essence C

Essence terbaru dari Indoganic ini, memiliki kandungan Niacinamide 4%, yang juga dipadu dengan Vitamin C (Ascorbyl Glucoside) dan Rose water. Ditambah Sodium Hyaluronate dan Betaine, essence ini bakal nampol banget untuk menghidrasi kulit sekaligus mencerahkan. Produk ini juga cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Remaja, bumil dan busui juga boleh pakai, lho. Satu botol essence sebanyak 60ml ini harganya Rp 159.000,- aja. Cukup affordable untuk essence dengan ingredients yang ciamik!

Lima produk lokal di atas bisa jadi pilihan buat newbie yang ingin mencoba Niacinamide, atau alergi terhadap Niacinamide dalam konsentrasi tinggi. Ingat, persentase tinggi nggak melulu berarti lebih efektif. Faktanya, 2% hingga 5% Niacinamide saja sudah efektif bikin wajah cerah, memperkuat skin barrier dan membantu penyembuhan jerawat, kok!

 

Image: Freepik.com, Dok. brand

Slow Down

Please wait a moment to post another comment