banner-detik

skin care

Basic Skincare Itu Nggak Repot! Ini 3 Langkah Sederhana untuk Hasilkan Kulit Sehat!

seo-img-article

Siapa sih yang nggak mau punya kulit sehat? Semua orang pasti menginginkan kulit wajah yang terlihat terawat dan nggak kusam. Tapi, ternyata ada banyak lho, yang nggak tahu apa saja langkah skincare basic untuk menciptakan kulit sehat!

Memang belakangan ini skincare menjadi salah satu tren dan kegiatan yang banyak dilakukan. Selama pandemi, banyak orang kurang fokus ke makeup, lebih memilih pakai skincare saja karena lebih sering #dirumahaja. Skincare juga jadi topik yang sering dibahas di berbagai media sosial, punya peningkatan yang signifikan dibandingkan sebelum pandemi. Bahkan banyak orang yang tadinya nggak mengenal skincare, 2 tahun terakhir ini mulai mempelajari skincare. Skincare memang sangat penting, karena pada dasarnya, untuk mendapatkan kulit sehat, kita butuh pola hidup yang sehat dan produk-produk perawatannya.

Untuk kamu yang belum tahu, sebenarnya produk skincare basic itu nggak banyak, lho! Jadi jangan langsung menganggap bahwa perawatan kulit itu sangat ribet dan butuh 10 bahkan belasan step. Dengan 3 langkah ini, kamu bisa mendapatkan kulit sehat dengan mudah!

Cleansing

Penting banget untuk membersihkan wajah. Langkah pertama yang paling penting dan bisa menyegarkan wajah. sebelum melanjutkan langkah lain memang yang paling utama adalah membersihkan wajah. Kamu bisa menggunakan produk perawatan dengan kandungan yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Banyak yang menganjurkan untuk double-cleansing. Kamu bisa melakukannya juga, ketika wajah penuh riasan. Namun, bila kamu hanya di rumah saja tanpa makeup, kamu bisa membersihkannya dengan facial wash saja. Lakukan dua kali sehari, dan jangan terburu-buru ya. Biar kotoran dan sisa sunscreen yang kamu pakai terangkat dengan baik.

Membersihkan wajah di sini bukan berarti hanya pembersihan harian ya, tapi juga mingguan. Kamu butuh eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Lakukan eksfoliasi 2 kali seminggu menggunakan produk eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulit kamu, ada physical exfoliator (facial scrub, exfoliating pad), atau chemical exfoliator (serum atau toner dengan kandungan acid seperti AHA, BHA, PHA, LHA).

Baca juga: 4 Eye Cream dengan Kandungan Retinol untuk Bikin Kulit Awet Muda

Melembapkan wajah

Setelah membersihkan wajah, hal berikutnya yang bisa dilakukan adalah melembapkan wajah. Pilih moisturizer yang sesuai dengan kondisi kulit kamu, apakah kering, berminyak, kombinasi, berjerawat, aging, banyak dark spots, atau sensitif. Lebih baik pilih yang sesuai dengan jenis kulit daripada pilih yang sedang tren, karena nggak semua tren ingredients atau tren skincare bisa cocok di kulit kamu.

Aplikasikan moisturizer 2 kali sehari, pagi dan malam. Kalau pagi, kamu bisa memilih moisturizer yang lebih ringan dan nggak thick, supaya nggak terasa lengket. Kalau malam, kamu bisa pakai yang lebih rich atau hydrating, karena saat malam hari kulit manusia lebih kering. Namun, kalau mau pakai satu moisturizer yang sama untuk pagi dan malam hari juga nggak apa-apa, kok.

Baca juga: 5 Grapeseed Oil dari Brand Lokal yang Bagus untuk Merawat Kulit Berjerawat

Gunakan sunscreen

Ini dia, langkah yang paling penting! Jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen. Selalu aplikasikan sunscreen setelah pelembap, untuk membuat kulit kamu terlindungi dari efek buruk sinar matahari, polusi, dan juga blue light yang dipancarkan dari gadget dan laptop kamu.

Untuk di Indonesia, sebaiknya pilih SPF minimal 30 untuk pemakaian sehari-hari. Kalau kamu menggunakan moisturizer yang sudah dilengkapi SPF, misalnya SPF 10 atau 15, maka setelahnya kamu tetap wajib memakai sunscreen. Perlu diingat juga, penggunaan sunscreen ini juga harus dilakukan meski kamu di dalam ruangan saja. Kalau nggak pakai sunscreen, kulit sehat idamanmu nggak akan terwujud, karena kulit jadi mudah aging, terbakar, menggelap, atau muncul dark spots.

Baca juga: 5 Face Essence Lokal Ini Bisa Bikin Kulit Glowing!

Sesederhana cuma 3 langkah aja nih! Semoga perawatan kulit basic ini bisa membantu kamu yang skincare newbie agar kulit wajah kamu biar lebih sehat ya!

 

Image : freepik.com & dok. female daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment