banner-detik

beauty school

Ini Dia Bahaya Jeruk Nipis Bagi Kulit Wajah!

seo-img-article

Jeruk nipis memang memiliki banyak kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi, sama seperti buah citrus lainnya. Namun, nggak baik lho pakai jeruk nipis langsung ke kulit wajah kamu!

Banyak yang percaya bahwa jeruk nipis bisa mencerahkan kulit, dan nggak sedikit yang menggunakan jeruk nipis sebagai bahan campuran masker alami untuk wajah. Padahal, jika digunakan langsung ke kulit wajah, jeruk nipis justru bisa berbahaya dan menyebabkan beberapa masalah pada kulit. Apa saja? Cari tahu, yuk!

Membuat kulit jadi sensitif

Slices of freshly cut lime

Sama seperti kamu pertama kali minum jeruk nipis tanpa gula, tubuhmu pasti merinding karena rasanya yang sangat asam! Begitu juga yang akan terjadi pada wajah, jika kamu menggunakan jeruk nipis untuk perawatan sehari-hari: kaget! Karena punya kandungan asam yang tinggi, jeruk nipis bisa bikin kulit jadi sensitif dan “nggak tahan”, sehingga akhirnya merusak struktur kulit. Selain membuat kulit jadi sensitif, juga akan menimbulkan rasa perih, terutama jika kulit kamu memang mudah bereaksi atau sedang luka. Jadi, harap waspada ya!

Merusak skin barrier

Skin barrier adalah lapisan kulit yang menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh. Kalau menggunakan jeruk nipis di kulit, skin barrier jadi terganggu. Ketika skin barrier rusak, maka kulit akan lebih rentan terhadap masalah kulit lainnya, dan nggak punya perlindungan dari radikal bebas atau lingkungan yang buruk. Bukannya imencerahkan wajah, yang kamu dapat malah masalah kulit!

Memperburuk jerawat

Beberapa artikel menyebutkan jeruk nipis dapat menyembuhkan jerawat. Namun kenyataannya, zat asam yang ada pada jeruk nipis bisa memperparah jerawat yang ada. Saat berjerawat, kulitmu sedang mengalami inflamasi dan kemerahan, kalau ditambah dengan jeruk nipis, otomatis bisa membuat peradangan lebih lanjut. Jadi, untuk mengatasi jerawat, sebaiknya pilih produk skincare dengan kandungan yang memang sudah teruji klinis bisa meredakan jerawat seperti Salicylic Acid, tea tree, green tea, retinol, bakuchiol, mugwort, Niacinamide, dan Centella Asiatica.

Jeruk nipis memang bagus untuk detoks tubuh, membantu menghilangkan racun dan lemak dalam tubuh. Namun apa yang bagus untuk tubuh, belum tentu bagus untuk kulit. Jadi, berhati-hati dengan skincare DIY ya. Lebih baik kamu menggunakan produk-produk skincare dari brand yang sudah terpercaya, dan pilih yang kandungannya sesuai dengan kondisi kulit kamu. Kalau kamu ingin punya kulit cerah, kandungan skincare yang bisa membantumu adalah vitamin C, Niacinamide, Alpha Arbutin, kojic acid, bengkuang, sakura, dan buah beri. Selamat mencoba!

 

Image : Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment