banner-detik

skin care

5 Langkah Mudah Facial di Rumah yang Bisa Kamu Coba

seo-img-article

 

Siapa yang sudah kangen facial di beauty clinic tapi belum sempat saking sibuknya? Tenang saja! Karena sebenarnya juga bisa kok melakukan facial di rumah dengan cara yang lebih simpel.

 

Yang terpenting, pastikan kamu punya perlengkapannya ya! Nggak harus yang mewah dan mahal, yang penting produk skincare yang kamu pakai cocok di kulit kamu. Jadi, siapkan skincare yang sesuai dengan kondisi kulit kamu, luangkan waktu, lalu saatnya mencoba facial di rumah dari langkah paling sederhana!

 

Double cleansing

Membersihkan wajah bukan cuma kebiasaan baik, tapi kewajiban. Sebelum memulai perawatan wajah apapun, lebih baik untuk membersihkan wajah dari kotoran dan minyak yang menumpuk. Kalau kamu pakai makeup, pastikan untuk membersihkannya sampai benar-benar nggak bersisa. Double cleansing to the rescue!

Baca juga: Ciptakan Kulit Awet Muda, Ini 7 Pilihan Treatment Non-Bedah untuk Atasi Kerutan!

Kamu bisa memulainya dengan pembersih wajah berbahan dasar minyak yang berfungsi menjaga skin barrier. Pijat-pijat sampai semua kotoran luntur dan wajahmu terasa rileks. Lalu bilas hingga bersih, dan tepuk-tepuk menggunakan handuk hangat. Kemudian aplikasikan pembersih wajah berupa facial wash. Metode double-cleansing ini akan membersihkan seluruh wajah kamu dari kotoran yang membandel, sisa sunscreen, dan sisa makeup. Kalau bersih maksimal, kulit lebih siap menerima perawatan selanjutnya!

 

Lakukan steaming

Langkah berikutnya adalah penguapan wajah. Hal yang paling bikin deg-degan adalah ketika facial treatment di salon atau klinik, tapi terapisnya nggak hati-hati atau nggak standby di samping kamu, sehingga nggak bisa atur suhu panasnya. Kalau terlalu panas, bahaya buat kulit! Nah, kalau kamu facial treatment di rumah, kamu bisa mengatur berapa suhu yang kamu inginkan supaya nggak terlalu panas wajahnya.

Nggak perlu pakai alat yang mahal, kok. Kamu cuma perlu air panas di mangkuk, dan dekatkan wajah kamu ke atas wadah tersebut. Diamkan selama dua menit sambil menutup bagian kepala dengan handuk supaya uap yang terpapar hanya di bagian wajah saja. Steaming ini berguna untuk membuat kulit lebih rileks dan pori-pori wajah terbuka, sehingga kamu kotoran yang menyumbat pori bisa lebih mudah terangkat saat eksfoliasi.

 

Saatnya eksfoliasi

Setelah membersihkan wajah, kamu bisa melakukan eksfoliasi dengan scrub. Scrub ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, supaya kulit kamu jadi tampak mulus setelahnya. Kamu bisa pilih scrub dengan kandungan yang sesuai dengan concern kulit kamu. Sebaiknya, pilih yang butirannya lembut supaya kulit kamu nggak iritasi.

Ketika scrub sudah dipakai di wajah dan leher, kamu bisa memijat wajah perlahan dengan lembut, dengan gerakan memutar ke atas, sekitar 15 menit. Lakukan eksfoliasi lebih lama pada area wajah yang banyak terdapat komedo, seperti dagu dan hidung. Tapi perlu diingat, bagi kamu yang lagi jerawatan, sebaiknya hati-hati ketika melakukan eksfoliasi. Hindari pakai scrub di area yang berjerawat ya!

Baca juga: Tinggi Antioksidan, 5 Skincare Strawberry Ini Pintar Bikin Kulit Glowing dan Cerah!

 

Gunakan masker

Setelah wajah bersih maksimal setelah double cleansing dan eksfoliasi, kamu bisa mengaplikasikan masker di wajah. Masker ini berfungsi untuk menutrisi kulit supaya lebih kencang, cerah, dan bercahaya. Masker juga mampu meringkas kembali pori-pori yang lebih terbuka akibat penguapan. Kamu bisa menggunakan stok masker yang ada di rumah, baik sheet mask, maupun masker clay. Jangan lupa, pastikan masker yang kamu pakai sesuai dengan jenis kulit kamu.

Oleskan masker secara merata ke seluruh wajah kecuali mata, bibir dan leher. Untuk bagian mata, kamu bisa menutupnya dengan timun segar yang sudah didinginkan, atau kapas yang dicelupkan ke air es. Diamkan masker selama 15 sampai 20 menit, kemudian bilas sampai bersih.

 

Maksimalkan dengan serum dan pelembap

Tahap terakhir yaitu penggunaan serum dan pelembap. Kamu bisa menggunakan serum yang sesuai dengan jenis kulit kamu, dan juga pelembap yang biasa kamu pakai. Kalau ada toner, kamu bisa pakai dengan urutan toner – serum – pelembap. Step ini jangan sampai dilewatkan, karena setelah eksfoliasi dan pakai masker, kulit butuh ekstra hidrasi. Toner, serum, dan pelembap juga akan meresap lebih baik ketika kulitmu sudah sangat bersih dan rileks.

Baca juga: Kulit Cerah dalam Waktu 3 Hari dengan Serum yang Satu ini

 

Kamu bisa lakukan facial treatment di rumah ini seminggu sekali untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih lembut dan cerah maksimal! Biar terasa seperti di salon atau spa, nyalakan scented candle atau diffuse essential oil kesukaan, dan pasang musik yang lembut selama kamu melakukan facial treatment. Hmm.. pasti kamu ketagihan melakukan ritual ini, karena bukan cuma bikin kulit lebih glowing (tanpa mengeluarkan biaya banyak), tapi juga sekaligus bisa mengurangi stres. Selamat mencoba!

 

Image : Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment