banner-detik

beauty school

Tips Ampuh untuk Memperbaiki Tekstur Kulit

seo-img-article

 

Punya tekstur kulit yang bumpy? Gimana caranya memperbaiki tekstur kulit supaya lebih halus?

Merasa tekstur kulit kamu nggak rata, entah karena banyak bekas jerawat, komedo, atau lagi mengalami bruntusan? Tenang saja, karena di artikel kali ini, saya akan share beberapa cara untuk mengatasi permasalahan kulit yang sedang kamu alami.

Rajin eksfoliasi

Karena tekstur kulit adalah hasil dari penumpukan sel kulit mati, maka penting buat kamu untuk melakukan eksfoliasi. Supaya sel kulit mati yang ada di wajah bisa terangkat. Kamu bisa menggunakan chemical exfoliator, untuk mengeksfoliasi kulit dan juga mempercepat proses regenerasi kuit dari dalam, sehingga kulit jadi lebih sehat. Nggak perlu dilakukan setiap hari, kamu bisa melakukan eksfoliasi dua kali seminggu.

Baca juga: 7 Exfoliating Toner dari Brand Korea untuk Bikin Kulit Lebih Glowing dan Halus

Pakai retinol

Selain melakukan eksfoliasi, kamu juga bisa menggunakan serum berbahan retinol untuk meratakan tekstur kulit. Dilansir dari Real Simple, seorang ahli dermatologi Joshua Zeichner, menyampaikan kalau retinol sangat bagus untuk memperbaiki tampilan garis halus dan kerutan. Serum retinol direkomendasikan untuk diaplikasikan pada malam hari sebelum tidur, untuk membantu merangsang pergantian sel dan produksi kolagen ketika tidur.

Baca juga: Punya Kulit Sensitif? Ini 3 Produk Facial Wash yang Tepat!

Aplikasikan vitamin C

Vitamin C terkenal sebagai kandungan skincare yang baik untuk mencerahkan kulit. Namun nggak hanya itu, ternyata bagus juga untuk memperbaiki tekstur kulit, melindungi kulit dari radikal bebas, dan mencegah kerutan, karena kandungan antioksidan vitamin C sangatlah tinggi.

Namun, vitamin C nggak disarankan untuk digunakan berbarengan dengan retinol, sebab akan menyebabkan iritasi, dan nggak bekerja secara maksimal. Untuk itu kamu bisa memilih salah satunya, menggunakan vitamin C atau retinol. Kalau mau dipakai di hari yang sama, kamu bisa aplikasikan vitamin C saat pagi hari, dan retinol di malam hari. Namun, saat pagi hari kamu wajib pakai sunscreen ya, karena baik vitamin C maupun retinol itu bisa bikin kulit lebih sensitif terhadap matahari.

Jangan skip sunscreen

Tekstur kulit yang nggak merata bisa juga karena sering terpapar sinar matahari. Untuk memperbaikinya, kamu bisa lebih sering menggunakan sunscreen dengan SPF tinggi. Untuk pemakaian harian yang banyak di indoor, gunakan SPF 30. Kalau kamu banyak di luar ruangan, SPF yang dipakai minimal 50. Pastikan kamu mengaplikasikannya setiap hari, bahkan meski di rumah saja. Sunscreen juga bisa melindungi kulit dari blue light yang ditimbulkan dari layar TV dan gadget.

 

Beberapa cara di atas biasanya berhasil kalau dilakukan secara teratur. Namun, kalau kamu masih mengalami kesulitan memperbaiki tekstur kulit dalam jangka waktu 3 bulan, sebaiknya minta pertolongan ke dokter kulit ya!

 

Image: Freepik.com & dok. Female Daily 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment