banner-detik

lifestyle

10 Tips Aman Bawa Anak Kecil Naik Pesawat Saat Pandemi

seo-img-article

Punya rencana short gateway dan bawa anak kecil naik pesawat saat pandemi? Simak dulu beberap tips berikut!

Membawa anak kecil untuk melakukan perjalanan naik pesawat memang harus sedikit repot, apalagi jika anak masih balita. Selain karena sedang aktif-aktifnya, anak juga berpotensi rewel dengan kondisi saat terbang. Hal ini tentu saja bisa dimaklumi karena perbedaan tekanan pada telinga yang sering membuat anak merasa kurang nyaman.

Maka dari itu orang tua pun harus mempersiapkan segala sesuatu dengan rinci agar penerbangan terasa nyaman untuk anak. Terutama di masa pandemi ini. Kita harus lebih ekstra dalam menyiapkan diri dan anak sebelum terbang.

Nah, berikut ini ada 10 tips aman bawa anak kecil naik pesawat yang bisa kamu jadikan referensi, terutama jika terbang di masa pandemi seperti sekarang ini.

1. Pilih Penerbangan Siang atau Malam Hari

10 Tips Aman Bawa Anak Kecil Naik Pesawat Saat Pandemi

Waktu terbang bisa jadi salah satu kunci supaya si kecil bisa menikmati perjalanan dengan lebih nyaman. Saat cek harga tiket pesawat sebelum membelinya, kamu bisa memilih waktu berangkat di siang hari dekat dengan jam tidur siang anak dan bisa juga di malam hari agar pas dengan waktu tidur si kecil.

Dengan begitu anak kecil bisa tidur selama perjalanan dan kamu pun juga bisa menikmati penerbangan dan lebih tenang.

2. Pilih tempat duduk paling depan

10 Tips Aman Bawa Anak Kecil Naik Pesawat Saat Pandemi

Dari semua kursi yang tersedia, kursi di barisan paling depan adalah pilihan yang terbaik karena ruang kaki yang lebih lebar. Hal ini akan memberi lebih banyak ruang jika anak ingin bermain di depan kursi.

Kursi bagian depan juga lebih minim suara mesin pesawat jadi anak bisa jauh lebih tenang dan menikmati perjalanan tersebut. Supaya lebih gampang, kamu juga bisa pilih kursi saat check in online. Tapi memang ada yang memberikan secara gratis, ada juga yang harus membayar sejumlah uang.

3. Packing Dengan Persiapan Matang

Dalam mempersiapkan barang bawaan jangan terlalu berlebihan namun jangan terlalu hemat juga. Jangan lupa juga untuk membawa makanan yang cukup, hal ini berguna untuk mengantisipasi jika ada delay.

Tidak lupa juga untuk membawa mainan anak, agar si kecil tetap terhibur selama penerbangan.

4. Membawa Obat Pribadi

Jangan lupa juga membawa obat-obatan pribadi untuk mengantisipasi hal-hal kurang mengenakkan selama penerbangan. Bawa obat-obatan untuk anak dan juga kamu sendiri, seperti minyak telon, obat pusing, obat mual, masuk angin, demam dan sebagainya.

Bawa obat-obatan tersebut di tas yang kamu bawa ke kabin agar mudah ditemukan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

5. Memakaikan Pakaian yang Hangat

Kamu bisa memakaikan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu tipis pada anak karena suhu di dalam kabin pesawat bisa terasa dingin di sepanjang perjalanan.

Jangan lupa juga memakaikan pakaian yang dapat menyerap keringat supaya si kecil tetap nyaman selama terbang.

6. Menempatkan Anak Jauh Dari Lorong

Jika anak sudah membeli kursi sendiri dan tidak lagi dipangku, ada baiknya jauhkan anak dari lorong kabin. Tempatkan anak di kursi tengah atau dekat jendela agar lebih nyaman.

Terlalu dekat dengan lorong akan berbahaya bagi anak-anak. Misalnya saja ada penumpang lain lalu lalang ke toilet dan sebagainya. Jadi pilihan terbaik adalah dengan menempatkan anak duduk di samping kamu dan jauh dari lorong.

7. Bersihkan Segalanya

10 Tips Aman Bawa Anak Kecil Naik Pesawat Saat Pandemi

Membersihkan segalanya dengan tisu basah desinfektan adalah hal yang penting untuk menjaga kebersihan area di sekitar anak. Seperti misalnya sandaran tangan, meja di depan kursi, dan penutup seat belt

Termasuk ketika anak selesai dari toilet. Bersihkan tangannya dengan hand sanitizer dan lap hingga kering dengan tisu.

8. Menjaga Protokol Kesehatan

Sekarang ini di masa pandemi, menjaga protokol kesehatan sangat penting ketika berpergian. Terutama untuk anak-anak karena mereka lebih rentan terhadap bakteri dan virus. Maka dari itu persiapkan segalanya untuk menjaga protokol kesehatan seperti masker dan bawa masker cadangan, lalu hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan selama penerbangan. Kamu juga bisa membawa portableair purifier kecil yang memiliki jangkauan 5-10 meter persegi. Just to make sure!

Batasi juga anak agar tidak kontak langsung dengan orang asing dan hindarkan dari menyentuh sembarangan permukaan.

9. Membawa Camilan

Pastikan camilan yang kamu bawa cukup untuk di pesawat. Camilan ini bisa menyibukan anak untuk mengunyah dan juga hal ini bisa mengurangi tekanan udara di dalam telinga anak. Jika kamu kurang nyaman untuk membiarkan anak makan di dalam pesawat, bisa gantikan camilan dengan permen favorit mereka.

10. Melakukan Beragam Kegiatan

Kamu bisa melakukan banyak kegiatan selama penerbangan agar anak tidak bosan maupun rewel.  Misalnya membawa mainan kesukaannya, buku mewarnai, krayon dan spidol untuk coret-coret di buku mewarnai.

Dengan begini anak jadi lebih tenang dan juga punya kesibukan sendiri sehingga tidak akan terlalu lamanya waktu penerbangan.

Nah itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika naik pesawat dengan membawa anak kecil. Di masa pandemi ini kamu harus perketat protokol kesehatan terutama pada anak kecil yang lebih rentan terkena berbagai macam virus. 

Jangan lupa juga menyiapkan anak untuk melakukan rapid tes antigen sebagai kelengkapan syarat terbang di masa pandemi ini. Selain itu pastikan kondisi anak dan diri kita sendiri dalam kondisi sehat agar tubuh dalam kondisi prima untuk terbang. Semoga bermanfaat!

 

Images: Dok. Freepik.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment