banner-detik

pro tips

3 Cara Merawat Bulu Mata Supaya Tetap Bagus dan Sehat

seo-img-article

Berapa kali bulu mata kamu rontok dalam sehari? Kalau cukup sering, berarti sudah saatnya kamu merawat bulu mata kamu!

Kehadiran bulu mata nggak cuma untuk melindungi mata dari debu halus. Tapi juga untuk mempercantik wajah di bagian mata. Banyak orang bahkan merasa bulu mata sebagai daya tarik yang penting untuk diperhatikan, nggak heran kalau banyak yang menggunakan bulu mata palsu, melakukan eyelash extension, eyelash tint, dan lain sebagainya.

Nggak ada salahnya kalau kamu hobi mendandani bulu mata lebih dari sekadar menggunakan maskara. Namun, kamu perlu tahu kalau bulu mata itu rentan rontok. Jadi, penting juga untuk merawat kesehatannya, supaya nggak semakin tipis dan tetap bagus. Gimana cara mudah merawat bulu mata sehari-hari?

Bersihkan riasan mata secara maksimal

Meski gampang, namun banyak yang kurang memperhatikan hal ini. Membersihkan riasan mata harus sampai tuntas, supaya kuman-kuman dan sisa makeup nggak menumpuk di bulu mata kamu, yang akibatnya bisa menyumbat folikel bulu mata serta bikin mata iritasi. Menggunakan micellar water saja tidak cukup untuk menghapus riasan mata yang cukup tebal, apalagi kalau kamu menggunakan maskara dan eyeliner yang waterproof. 

Untuk itu penting membersihkan riasan mata dengan pembersih yang berbahan dasar minyak, supaya semua sisa riasan terangkat dengan sempurna. Kamu bisa pakai eye makeup remover yang biasanya berbentuk bi-phase, atau memakai cleansing oil, atau cleansing balm. 

Hindari penggunaan bulu mata palsu terlalu sering

Bagi kamu yang hobi banget menggunakan bulu mata palsu, mungkin saatnya untuk melatih puasa. Sebab menggunakan bulu mata palsu yang terlalu sering, bisa menimbulkan trauma bagi bulu mata asli. Terutama ketika melepas bulu mata palsu yang merekat dengan lem. Pasti butuh tarikan untuk melepasnya. Aktivitas ini kalau dilakukan secara terus-menerus, bisa menyebabkan helaian bulu mata asli jadi lemah.

Bisa juga terjadi ketika melepas bulu mata palsu, yang asli ikut ketarik. Maka dari itu, hindari memakai bulu mata palsu terlalu sering. Kalau pakai sesekali untuk acara spesial boleh saja, tapi jangan setiap hari. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan maskara yang banyak direkomendasikan di forum dan artikel Female Daily! Saat ini sudah cukup banyak maskara yang bisa memberikan hasil akhir seperti menggunakan bulu mata palsu, lho. Jadi nggak perlu khawatir lagi, kamu bisa punya bulu mata lentik hanya dengan penggunaan maskara!

Rawat dengan serum bulu mata

Untuk merawat dengan maksimal, kamu bisa menggunakan serum bulu mata yang sudah banyak di jual di pasaran. Beberapa merk lokal seperti Nutrishe Nutrilash, Pulchra Oilash, atau Upmost Beaute Lash and Brow Serum bisa kamu coba. Kalau mau cari dari brand luar, ada Mavala, DHC, Etude House, dan Revitalash.

Selain serum, kamu juga bisa menggunakan lidah buaya yang terkenal bagus untuk memperkuat helaian rambut, termasuk bulu mata. Namun untuk mengaplikasikannya, kamu harus hati-hati dan menggunakan sikat bulu mata supaya nggak masuk ke mata dan menyebabkan perih berkelanjutan.

 

Itulah beberapa cara mudah untuk merawat bulu mata kamu supaya tetap cantik dan sehat. Pastikan melakukan dengan rutin ya, supaya hasilnya maksimal. Selamat mencoba!

 

Foto : Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment