ic-fd

Apa yang Bisa Membantu Menghilangkan Milia di Wajah?

skin care
author

diaan_acil・07 Jun 2021

detail-thumb

Pernah nggak kamu sedang bercermin, kemudian menemukan sekelompok benjolan putih di kulit, terutama di narea kulit mata, namun bukan jerawat atau whitehead? Bisa jadi itu adalah milia!

Milia adalah masalah kulit yang timbul akibat serpihan kulit yang terperangkap di bawah kulit dan juga ketika terlalu banyak keratin yang menumpuk di wajah. Biasanya, milia ini akan dialami dari bayi baru lahir maupun orang dewasa. Tapi, nggak perlu khawatir akan mengganggu penampilan kamu. Kamu bisa melakukan beberapa tips di bawah ini untuk membantu mencegah dan menghilangkan milia.

Rutin menggunakan sunscreen

Ketahuilah bahwa sunscreen nggak cuma melindungi kamu dari paparan sinar matahari saja, tapi kamu juga bisa mendapatkan manfaat lainnya, yaitu membuat wajah bebas dari milia. Makanya, kamu sebaiknya tetap konsisten menggunakan sunscreen setiap hari, di mana pun kamu berada. Baik untuk perawatan supaya nggak terpapar sinar matahari, ataupun meredakan iritasi kulit yang menyebabkan milia.

Kamu bisa menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF 30 atau lebih tinggi. Sampai saat ini, banyak sekali brand skincare lokal yang menawarkan berbagai macam sunscreen, bahkan ada yang mengandung Niacinamide untuk mencerahkan kulit, atau berbentuk tinted sunscreen untuk membantu tampilan kamu terlihat lebih flawless. Kamu nggak perlu takut sunscreen akan kasih efek lengket, karena sekarang ini sudah banyak yang formulanya ringan dan non-greasy. 

Membersihkan wajah secara maksimal

Membersihkan wajah bukanlah hal yang sulit, lho! Apalagi ini basic skincare, yang sangat penting dilakukan, baik oleh perempuan maupun laki-laki. Ada milia ataupun nggak memiliki milia di wajah, kamu tetap harus membersihkan wajah 2 kali sehari. Kamu disarankan untuk double-cleansing, yaitu dua tahap pembersihan. Yang pertama menggunakan cleansing oil, cleansing balm, cleansing milk, atau micellar water, yang kedua adalah pakai facial wash.

Pastikan selalu mencuci wajah dengan facial wash yang lembut namun bisa mengangkat kotoran dengan maksimal. Pilih juga produk yang nggak bikin kulit terasa kesat atau “ketarik” ya! Dengan rutin double-cleansing, kulit akan bersih optimal sehingga bisa mencegah penumpukan sel kulit dan milia.

Melakukan eksfoliasi secara rutin

Eksfoliasi kulit kamu secara rutin, 2 kali dalam seminggu, agar kotoran dan sel kulit mati nggak menyumbat pori-pori. Beberapa kandungan dari produk eksfoliasi dapat menjaga agar keratin di kulit nggak diproduksi berlebihan. Kamu bisa menggunakan produk physical exfoliator seperti facial scrub atau exfoliating pad, atau chemical exfoliator seperti toner dan serum yang mengandung AHA, BHA, dan PHA.

Gunakan skincare dengan kandungan retinol

Dalam sebuah penelitian, menggunakan produk skincare dengan kandungan retinoid atau retinol direkomendasikan sebagai penghilang milia. Sebab dalam krim retinoid terdapat kandungan vitamin A yang penting untuk asupan antioksidan, memperbaiki tekstur kulit, dan menyehatkan produksi sel kulit. Namun penting untuk diketahui, kalau kamu rutin pakai skincare retinol saat malam hari, maka kamu wajib pakai sunscreen setiap pagi, meskipun kamu hanya di dalam ruangan. Itu karena retinol adalah kandungan powerful yang bisa bikin kulit lebih sensitif terhadap kerusakan akibat paparan sinar matahari.

 

Jadi, pastikan kamu tetap mengikuti serangkaian perawatan di atas untuk membantu mencegah dan menghilangkan milia. Kalau nggak kunjung hilang juga setelah bertahun-tahun, kamu bisa mengunjungi dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang lebih canggih.

 

Foto : Freepik.com & dok. Female Daily