banner-detik

skin care

Gimana Cara Aman Mengatasi Rosacea?

seo-img-article

Kalau kamu memiliki kulit kemerahan dengan bintik menyerupai jerawat, bisa jadi kamu sedang mengalami rosacea.

Rosacea ini adalah permasalahan kulit wajah yang bisa menyebabkan kulit wajah menebal dan pembuluh darah terlihat membengkak. Rosacea umumnya bisa terjadi pada siapa aja, namun biasanya akan menyerang usia paruh baya yang memiliki kulit terang.

Meski penyebab pastinya belum diketahui, namun rosacea bisa saja terjadi karena faktor genetik dan lingkungan. Beberapa faktor yang diduga dapat memicu rosacea adalah stres, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, minuman beralkohol dan mengonsumsi obat yang melebarkan pembuluh darah. Namun, kamu masih bisa mengatasi rosacea dengan beberapa cara berikut ini.

Menggunakan produk anti-inflamasi

Karena terjadi masalah kulit yang bisa menyebabkan iritasi di wajah, kamu perlu sesuatu untuk melindungi dan memperkuat kulit wajah kamu. Untuk itu, kamu bisa mulai menggunakan skincare dengan klaim anti-inflamasi dan kemampuan memperbaiki skin barrier. Beberapa kandungan tertentu, seperti Ceramide, lavender, oatmeal, chamomile, calendula, dan Centella Asiatica, diklaim dapat mengatasi permasalahan kulit, karena dapat menenangkan kulit wajah, melembapkan, dan mengembalikan kekuatan skin barrier.

Mengonsumsi air lidah buaya

Menggunakan lidah buaya sebagai gel sehari-hari nampaknya sudah sangat umum. Untuk memaksimalkan proses kerja mengurangi rosacea. Kamu bisa menjajal minum air lidah buaya sebagai asupan dari dalam. Dengan mengonsumsinya, kamu bisa meningkatkan kandungan air di tubuh dan menghilangkan racun, serta membantu peradangan dalam tubuh yang bisa membantu mengatasi rosacea.

Gunakan pembersih wajah oil-based

NIVEA Cleansing Oil

Karena rosacea merupakan kondisi kulit yang bermasalah, maka perlu diperhatikan juga soal memilih produk skincare. Jangan sampai yang kamu pakai malah memperburuk keadaan rosacea. Untuk itu, disarankan supaya menggunakan pembersih yang ringan dan melembapkan, seperti cleansing oil atau cleansing balm dengan kandungan yang menenangkan. Nggak hanya bagus untuk mengurangi peradangan di kulit, tapi pembersih wajah oil-based ini sangat cepat dalam mengangkat kotoran dan bisa menjaga kulit tetap lembap.

Melakukan olahraga yoga

Salah satu pemicu rosacea, bisa juga karena stres. Terlalu banyak memikirkan hal-hal yang nggak seharusnya dipikirkan, atau memikirkan pekerjaan yang nggak kunjung selesai memang bikin stres. Nggak hanya menimbulkan penyakit di tubuh seperti migrain atau gerd, tapi stres juga bisa menimbulkan rosacea.

Untuk itu, kamu bisa mengatasinya dengan perbanyak olahraga yoga. Dengan meditasi yoga, kamu bisa rileks dan menghilangkan semua rasa stres di benak kamu. Kamu bisa mengikuti rangkaian yoga yang ada di Youtube, maupun memanggil instruktur pribadi.

Pastikan kamu disiplin mengerjakannya supaya rosacea dapat hilang dan wajah kembali sehat berseri.

 

Foto : Freepik.com & Dok. Female Daily 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment