banner-detik

skin care

DNA Salmon Bisa Bikin Kulit Glowing, Benar Nggak Sih?

seo-img-article

 

Ada yang suka salmon mentai atau salmon maki roll? Selain enak, ikan salmon ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Nggak salah lagi kalau salmon termasuk dalam kategori super food. Selain menyehatkan, kulit pun juga bisa jadi lebih glowing dan awet muda dengan DNA salmon, lho!

Ikan yang sering disajikan dalam berbagai masakan Jepang ini memang terbilang cukup pricey, tapi worth it dengan segala manfaat yang ditawarkannya. Bukan cuma enak, tapi juga menyehatkan. Baik daging dan kulit salmon sama-sama kaya nutrisi. Bahkan, DNA-nya pun kini menjadi ingredient populer untuk perawatan kulit dalam beberapa tahun terakhir.

Sebenarnya, apa sih yang bikin DNA salmon jadi ingredient yang populer untuk perawatan kulit?

Nutrisi dan manfaat dalam seekor salmon

Sebelum terjun lebih dalam pada manfaat DNA salmon, kamu perlu banget buat tahu nutrisi dan manfaat apa yang ada dalam seekor salmon, sehingga salmon disebut sebagai super food. Salmon kaya akan omega-3 fatty acids, protein, potassium, zat besi, selenium, Vitamin A, Vitamin B3 (niacin), dan Vitamin B12. Banyak juga, ya? Seluruh nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah inflamasi, menyehatkan otak, mengontrol tekanan darah, mencegah penyakit jantung, hingga baik untuk kamu yang lagi diet, nih!

Selain itu, salmon juga mengandung antioksidan yang kuat, yakni astaxanthin. Kamu pasti pernah dengar tentang antioksidan yang satu ini, kan? Yup, astaxanthin atau pigmen karotenoid memang sering digunakan sebagai salah satu ingredient powerful untuk anti-aging. Misalnya saja pada lini skincare Astalift dari Fujifilm dan Natur-E Advanced.

Baca juga: 3 Ingredient Skincare untuk Investasi di Usia 30-an

Asal-usul DNA salmon dalam pengobatan dan kosmetik

Setelah tahu beragam nutrisi yang terkandung dalam salmon, jadi nggak heran lagi kalau salmon disebut-sebut dapat menjaga elastisitas dan kelembaban kulit, hingga membuat kulit sehat dan bebas dari beragam masalah kulit seperti jerawat dengan DNA-nya.

Penggunaan DNA dalam pengobatan dan treatment kecantikan makin sering mendapat sorotan dalam penelitian. Kenapa harus DNA? Beberapa penelitian telah membuktikan kalau obat turunan DNA atau Polydeoxyribonucleotide (PRDN) ternyata memiliki manfaat terapeutik. PRDN dapat diekstrak dari plasenta, namun belakangan ini PRDN diperoleh dari DNA sperma salmon. What?!

Kamu nggak salah baca, kok. DNA salmon disini memang bersumber dari sperma dua jenis ikan salmon, yaitu Oncorhynchus mykiss dan Oncorhynchus keta. Penggunaan sperma bukannya tanpa alasan. Tepatnya, spermatozoa adalah sel yang paling cocok untuk memperoleh DNA murni tanpa adanya risiko impurity dan efek samping.

Penggunaan DNA salmon dalam pengobatan dan kosmetik

Awalnya PDRN digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, seperti dermatitis radio. Kemudian, PRDN juga digunakan untuk pengobatan peradangan sendi (osteoarthritis), nyeri tumit (plantar fasciitis) sampai rambut rontok.

Baca juga: Apa Saja Advanced Treatment untuk Mengurangi Rambut Rontok?

Manfaat utama penggunaan DNA salmon ini nggak lain adalah untuk memperbaiki jaringan, menyembuhkan luka dan anti-inflamasi. Penggunaan DNA salmon juga terbukti meningkatkan elastisitas kulit dengan mencegah transepithelial water loss (TEWL) dan meningkatkan kadar air di kulit. 

Treatment dan skincare dengan DNA salmon

Pemanfaatan DNA salmon di bidang kecantikan sebenarnya bukan hal yang benar-benar baru. DNA salmon sudah cukup marak digunakan untuk treatment facial di beberapa klinik kecantikan. Treatment ini dilakukan dengan cara injeksi atau menyuntikkan ampoule berisi DNA salmon ke dalam kulit. Tentunya, treatment ini nggak bisa asal dilakukan, dan harus dilakukan oleh ahlinya. Untuk mendapatkan treatment ini pun, kamu perlu merogoh kocek hingga jutaan rupiah. 

Tenang aja, kamu juga dapat menikmati manfaat DNA salmon untuk kulit dengan opsi yang jauh lebih irit tanpa harus datang ke klinik kecantikan. Kabar baiknya lagi, buat kamu yang takut sama jarum suntik, tetap bisa nyobain perawatan dengan DNA salmon lewat penggunaan skincare secara topikal.

Kamu bisa cobain salah satu produk terbaru dari Somethinc, yaitu Salmon DNA + Marine Collagen Elixir. Dengan harga Rp155.000,-, kamu sudah bisa mendapatkan manfaat DNA salmon dengan kombinasi marine collagen, deep sea water dan pearl. 

Kamu juga bisa nyobain Skintheory Multi Use Spray, 5 in 1 skipcare yang sudah mencakup toner, essence, serum, ampoule & moisturizer dalam satu botol. Kamu pun sudah bisa menikmati 3% kandungan salmon DNA dengan harga Rp249.000,-. 

Tertarik buat nyobain perawatan dengan DNA salmon? Kira-kira kamu pilih treatment di klinik atau menggunakan skincare, nih?

 

 

 

 

 

Image: Freepik.com

00

Hsu, T.-F., Wang, M.-F., Sekido, H., Hirahara, H., Hoshino, Y., Honmura, A., Akita, R., Yamamoto, S. and Enari, H. (2010), Effect of DNA from salmon milt on human skin conditions. International Journal of Cosmetic Science, 32: 165-165. https://doi.org/10.1111/j.1468-2494.2010.00551_6.x 

Kim, Man Soo MD; Cho, Ryu Kyoung MD; In, Yong MD, PhD. The efficacy and safety of polydeoxyribonucleotide for the treatment of knee osteoarthritis, Medicine: September 2019 – Volume 98 – Issue 39 – p e17386. doi: 10.1097/MD.0000000000017386  

Squadrito, F., Bitto, A., Irrera, N., Pizzino, G., Pallio, G., Minutoli, L., & Altavilla, D. (2017). Pharmacological Activity and Clinical Use of PDRN. Frontiers in pharmacology, 8, 224. https://doi.org/10.3389/fphar.2017.00224 

Lee, J. H., Han, J. W., Byun, J. H., Lee, W. M., Kim, M. H., & Wu, W. H. (2018). Comparison of wound healing effects between Oncorhynchus keta-derived polydeoxyribonucleotide (PDRN) and Oncorhynchus mykiss-derived PDRN. Archives of craniofacial surgery, 19(1), 20–34. https://doi.org/10.7181/acfs.2018.19.1.20  

Slow Down

Please wait a moment to post another comment