banner-detik

lifestyle

Sering Mengalami Bau Mulut Tidak Sedap? Coba Tips Mudah Ini!

seo-img-article

Ternyata banyak faktor yang bisa memicu timbulnya bau mulut. Ini dia 7 tips yang bisa kamu coba untuk atasi bau mulut sekaligus bikin nafas jadi tambah segar!

Siapa yang sering mengalami bau mulut kurang sedap? Ternyata bau mulut bisa disebabkan oleh banyak faktor, lho. Mulai dari malas menggosok gigi sampai jenis makanan yang meningkatkan kadar asam di mulut. Kalau saya sendiri biasanya mengatasi bau mulut dengan permen mint! Tapi, ternyata ada cara lain yang bisa kamu coba untuk mengatasi bau mulut yan\g tidak sedap. Ini dia beberapa di antaranya.

Rutin menggosok gigi

7 Tips Praktis untuk Atasi Bau Mulut

Pastinya ini sudah jadi kewajiban mutlak ya buat tiap orang, apalagi kalau rutin dilakukan dua kali sehari. Selain mencegah gigi jadi berlubang, banyak manfaat yang didapatkan dengan rutin menggosok gigi apalagi waktu malam hari. Biasanya kita sering ngemil atau makan berlebihan sampai larut malam dan akhirnya lupa gosok gigi. Ini dia yang jadi kesempatan untuk bakteri semakin berkembang apalagi karena sisa-sisa makanan. Rutin menggosok gigi dengan lembut bisa melawan bakteri jahat di mulut, lho.

Membersihkan lidah

7 Tips Praktis untuk Atasi Bau Mulut

Awalnya saya pikir cara ini tidak seberapa efektif. Tapi, ternyata rutin membersihkan lidah dengan tongue scraper bisa membunuh bakteri hingga 75%! Cara ini bahkan lebih efektif dari sekedar menggosok gigi. Alat yang digunakan sekarang dengan mudah ditemukan di minimarket kok. Bahkan menurut studi yang dilakukan oleh BMC Oral Health pada 2014 lalu menunjukkan kalau lidah yang bersih akan meminimalisir pertumbuhan bakteri.

Baca juga Nafas Lebih Segar di Pagi Hari dengan Dentiste Plus White Toothpaste dan Oral Rinse

Minum air yang cukup

7 Tips Praktis untuk Atasi Bau Mulut

Walaupun terdengar sederhana, tapi kebiasaan baik ini berpengaruh besar ke tubuh kita, lho. Coba deh bikin kebiasaan untuk minum air 8 gelas per hari. Selain mencegah dehidrasi, kadar air yang cukup bisa mencegah mulut menjadi kering. Mulut yang kering atau dalam bahasa medis berarti xerostomia ini bisa menyebabkan bau mulut karena kurangnya produksi air liur. Nah, air liur inilah yang berguna untuk memberikan kelembapan sekaligus membersihkan bakteri di dalamnya.

Bersihkan dengan dental floss!

7 Tips Praktis untuk Atasi Bau Mulut

Meskipun kegunaan utamanya adalah membersihkan sisa-sisa makanan atau plak di mulut, dental floss juga memiliki manfaat lain untuk mencegah tumbuhnya bakteri. Menggunakan dental floss akan menstimulasi peredaran darah pada gusi agar lebih lancar yang bisa melindungi dari perkembangan bakteri! Tapi, kamu perlu hati-hati ya saat menggunakannya, bersihkan sela-sela gigi dengan lembut.

Hindari makanan dengan kandungan asam tinggi

7 Tips Praktis untuk Atasi Bau Mulut

Makanan dengan rasa yang asam bisa memicu pertumbuhan bakteri yang semakin meningkat. Menurut penjelasan dari healthline.com, makanan asam bisa memicu Acid Reflux atau keadaan dimana terjadi aliran balik perut terhadap makanan yang tidak tercerna atau asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan. Kejadian inilah yang akan menyebabkan terjadinya bau mulut. Biasanya saya sering mengalami ini kalau lagi makan permen mint yang terdapat kandungan gulanya. Jadi, sebisa mungkin pilih permen yang sugar free ya!

Baca juga: 7 Makanan dan Minuman Sehari-hari yang Bisa Memicu Bau Badan dan Mulut

Rajin kontrol ke dokter gigi

7 Tips Praktis untuk Atasi Bau Mulut

Ini dia poin yang jarang banget dilakukan. Padahal dalam kurun satu tahun, kita bisa menyisihkan waktu dua kali untuk kontrol, lho. Dengan melakukan konsultasi dan pemeriksaan, kita akan lebih tahu secara jelas kondisi mulut dan gigi kita. Salah satunya dengan pembersihan karang gigi yang bisa menyebabkan bau mulut. Bahkan kalau tidak rajin dibersihkan, karang gigi yang menumpuk bisa menyebabkan radang gusi, lho.

Pilih permen karet atau permen mint rendah gula

7 Tips Praktis untuk Atasi Bau Mulut

Sesuai dengan penjelasan tentang makanan asam tadi, untuk menghindari bau mulut kita bisa mengkonsumsi permen karet atau permen mint yang rendah gula. Selain bisa memberikan efek segar, permen rendah gula bisa mencegah tumbuhnya bakteri serta mencegah gigi berlubang! Tapi, tetap ingat ya untuk membuang sisa permen karet di tempat sampah supaya tidak mengotori lingkungan.

 

 

 

Nah, semoga dengan menjalani beberapa tips di atas, bau mulut tidak sedap bisa semakin berkurang atau bahkan menghilang ya! Kamu punya tips lainnya nggak untuk mengatasi masalah satu ini? Share di kolom komentar ya!

 

 

 

 

Image : Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment