banner-detik

uncategorized

5 Tips Merawat Tas dan Sepatu Kulit di Rumah

seo-img-article

Selain kita yang nggak keluar ke mana-mana karena pandemi COVID-19, tentunya koleksi tas kesayangan juga ikut diam di rumah dong? Seperti yang kita ketahui, memiliki item fashion dengan bahan kulit perlu mendapatkan perhatian khusus. Kalau nggak dirawat, yang ada tas, jaket atau sepatu kulit kita pasti rusak. Nah, ini adalah 5 cara merawat sepatu dan tas kulit yang kalian miliki di rumah.

Home remedy

Biasanya ketika tas atau sepatu kotor, kita otomatis akan langsung membersihkannya dengan bahan-bahan seadanya, demi mencegah terjadinya kerusakan yang parah atau staining. Umumnya bahan yang digunakan adalah air putih, tisu basah, alkohol, atau minyak kayu putih. Nah, bahan-bahan yang kita pikir harmless untuk membersihkan, ternyata malah bisa merusak tas dan sepatu kulit kita lho. Misalnya alkohol dan minyak kayu putih, bisa jadi bahan ini malah memudarkan warna asli dari tas dan sepatu kita. Jadi sebaiknya nih, kamu menyiapkan cleaner khusus untuk membersihkan barang fashion kesayangan kamu.

Silica gel dan dustbag

Biasanya setiap kita membeli produk apapun akan ada kantung kecil yang berisikan beads. Nah, beads ini berfungsi untuk menyerap kelembaban di dalam ruangan. Jadi kalau bisa, jangan pernah mengeluarkan silica bags ini dari tas kamu. Oh ya, ada baiknya juga silica bags ini kamu ganti setiap 2-4 minggu ya. Silica bags juga mudah kok dicari di mana-mana dan harganya terjangkau. Kemudian kalau kamu jarang menggunakan tas atau sepatu dengan bahan kulit, selalu gunakan dust bag ya. Dust bag ini fungsinya melindungi tas kamu dari debu-debu halus.

Hindari sinar matahari

Nggak cuma kulit wajah dan badan saja yang perlu dilindungi dari sinar matahari, tapi tas dan sepatu kesayangan kita juga nggak boleh terpapar sinar matahari terus-terusan. Namanya juga kulit, bila terpapar sinar matahari, maka tas dan sepatu kita akan jadi kering, sehingga mudah pecah-pecah ataupun mengelupas. Kalau sudah seperti ini, sulit lho untuk diperbaiki.

Bag pillow

Kalau tas kamu tipenya yang bahan kulit dan strukturnya lemas, sebaiknya ketika nggak digunakan masukan bantal kedalamnya. Fungsi bag pillow ini untuk menjaga bentuk tas agar tetap bagus dan nggak mengubah contour-nya. Rata-rata bag pillow itu harganya sekitar Rp75.000, tapi kalau kamu on budget, kamu bisa menggunakan handuk atau selimut sebagai gantinya.

Rotasi penggunaan tas

Walaupun ribet, tapi ada baiknya rutin mengganti tas yang kita pakai. Dengan rutin mengganti tas, kita jadi tahu kondisi tas-tas kita yang lainnya. Jadi kalau ada kerusakan, kita bisa langsung memperbaikinya. Ini juga menghindari supaya tas atau sepatu kulit kamu nggak berjamur karena terlalu lama disimpan di dalam lemari.

Itu dia tadi cara merawat tas dan sepatu kulit kalian. Gimana? Banyak step yang sudah kamu lakukan, atau jangan-jangan kamu masih belum terlalu perhatian dalam merawat tas dan sepatu kulit kalian? Coba deh cek sekarang kondisi barang-barang kalian, apakah masih prima atau mulai ada masalah? Kalau mulai ada jamur atau kulit yang rusak, kamu bisa memperbaikinya di Your Bag Spa!

Image source: Your Bag Spa

Slow Down

Please wait a moment to post another comment