banner-detik

industry news

Mikha Tambayong, Eva Celia, dan Ayu Dewi Isi Suara Film Disney "Raya and the Last Dragon" Versi Indonesia!

seo-img-article

Berita terbaru datang dari dunia perfilman. Beberapa artis Indonesia ini akan mengisi suara film animasi Disney “Raya and the Last Dragon” versi Indonesia!

Film Disney “Raya and the Last Dragon” adalah salah satu film animasi terbaru yang terinspirasi besar oleh budaya Asia Tenggara. Untuk versi Bahasa Indonesia, beberapa artis lokal yaitu Mikha Tambayong, Eva Celia, dan Ayu Dewi akan menjadi pengisi suaranya! Tak lama yang lalu para artis ini mengumumkan bahwa mereka akan menjadi bagian dari film yang sangat diantisipasi ini melalui media sosial mereka.

Ketiga artis ini terlihat sangat bersemangat akan kesempatan yang istimewa ini, terutama karena film ini sendiri mengangkat berbagai macam kebudayaan Asia Tenggara, termasuk Indonesia! Sebelum melihat bagaimana peran mereka di film ini, penasaran nggak bagaimana Indonesia direpresentasikan menjadi bagian dari film Raya ini? Kita lihat sedikit yuk spoiler-nya.

Indonesia dalam Film “Raya and the Last Dragon”

Film “Raya and the Last Dragon” ini mengisahkan tentang sebuah petualangan yang dilalui seorang pendekar perempuan bernama Raya. Suatu saat, terjadi sebuah kejahatan di tempat tinggal Raya, Kumandra. Nasib Kumandrapun jatuh ke tangan Raya untuk menemukan naga terakhir yang akan mempersatukan kembali rakyatnya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, film ini sangat terinspirasi oleh budaya Asia Tenggara seperti Vietnam, Thailand, dan tentunya Indonesia. Di film aslinya, karakter Raya diperankan oleh Kelly Marie Tan, artis Amerika berketurunan Vietnam. Skenario film ini juga ditulis oleh dua penulis berdarah Asia Tenggara yaitu Qui Nguyen dan Adele Lim, yang juga menulis film hits “Crazy Rich Asian”. Di sepanjang film ini, kalian akan melihat berbagai hal yang familiar dari budaya Indonesia. Beberapa tampilan visual, musik, dan kesenian budaya Indonesia lainnya seperti gamelan, rumah gadang, dan wayang akan tersisip di berbagai bagian film. Raya bahkan memiliki sebuah pedang andalan yang bentuknya sangat identik dengan keris!

Untuk mewujudkan ide-ide yang ada, pihak Disney bekerja sama dengan sejumlah penasihat budaya asal Indonesia, yakni Juliana Wijaya, Emiko Susiola, dan Dewa Putu Berata. Kru Disney juga melakukan observasi dahulu kepada Budaya Indonesia. Di tahun 2019 silam, mereka berkunjung ke pulau Bali agar mempelajari langsung adat-adat Indonesia. Mereka mengobservasi mulai dari gamelan, tarian, upacara adat, sampai pencak silat untuk inspirasi film tersebut.

Mikha Tambayong sebagai “Raya”

Mikha Tambayong menerima kesempatan spesial untuk mengisi suara sang karakter utama, Raya. Ia berkomentar “It’s always been a dream of mine to become a Disney princess, not to mention an Asian warrior, and I guess dream really do come true” lewat unggahannya di Instagram. Tentunya menjadi bagian dari seorang pendekar perempuan Asia Tenggara adalah hal yang belum sering dijumpai di dunia Disney. Tak heran kalau kesempatan ini menjadi sesuatu yang sangat spesial bagi Mikha dan tentunya seluruh penonton Indonesia. Kepribadian Mikha sendiri yang terlihat sangat aktif dan multitalenta ini terlihat sangat cocok untuk karakter Raya. Can’t wait to see the end result!

raya

Baca juga:7 Rekomendasi Film dengan Tokoh Wanita Inspiratif!

Eva Celia sebagai “Namaari”

Selain Mikha Tambayong, penyanyi Eva Celia juga mengumumkan dirinya terpilih untuk menjadi salah satu pengisi suara lewat unggahannya di media sosial. Lewat unggahan itu dia mengunkapkan rasa kehormatannya akan kepercayaan Disney untuk mengajaknya bergabung sebagai pengisi suara. Kali ini dia berkesempatan untuk mengisi suara karakter “Namaari”, yang merupakan karakter antagonis utama di film ini. Siapa sangka, penyanyi yang suaranya bisa dibilang lembut ini ternyata dipilih menjadi suara karakter antagonis!

Ayu Dewi sebagai “Sisu”

Tidak hanya Eva Celia dan Mikha Tambayong, presenter dan artis Ayu Dewi juga direkrut untuk mengisi suara karakter “Sisu”, sang naga terakhir dari jenisnya yang akan berpetualang bersama Raya. Seperti para pengisi suara sebelumnya, ia juga mengumumkan lewat unggahan sosial media. Ia mengatakan bahwa kesempatan ini akan menjadi sebuah pengalaman baru untuknya, terutama bahwa film ini mengangkat budaya Asia Tenggara. Di film originalnya, suara karakter ini diisi oleh Awkwafina. Kalau kalian tidak asing dengan gaya dan suara khas Awkwafina, pasti tidak heran mengapa Ayu Dewi menjadi kandidat yang pas!

Tidak hanya tiga artis Indonesia ini, penyanyi Via Vallen juga berkontribusi dalam menyanyikan official soundtrack film ini yang berjudul “Kita Bisa”. Penyanyi Raisa juga ikut menyanyi di lagu “Trust Again” yang terinsipirasi besar oleh cerita film Raya.

Jadi gimana, penasaran nggak dengan hasil film Disney “Raya and the Last Dragon”? Versi Bahasa Indonesia ini akan bisa kalian nikmati melalui layanan streaming Disney+Hotstar pada 4 Juni mendatang. Sambil menunggu waktu rilis, kamu bisa tonton trailer-nya di sini ya!

 

Image: Dok. Disney & Disney+Hotstar Indonesia.

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment