Made In Indonesia

Ini 5 Langkah yang Bisa Dilakukan Agar Jerawat Cepat Reda, Bahkan dalam Semalam!

seo-img-article

 

Selama pandemi kamu jadi sibuk melawan jerawat yang bermunculan? Kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini biar jerawat cepat reda!

 

Ada banyak sekali faktor penyebab jerawat yang kamu alami saat ini, mulai dari kebersihan kulit yang kurang maksimal, kadar sebum di wajah yang berlebihan, terlalu sering pakai makeup tebal, salah pakai produk skincare, stres selama pandemi, selalu pakai masker saat keluar rumah, hingga kulit yang dehidrasi selama bulan Ramadan lalu. Tapi tenang saja, kamu bisa membuat jerawat cepat reda kalau melakukan langkah-langkah di bawah ini dengan tertib!

Pakai acne spot treatment dengan kombinasi kandungan aktif

Ada produk dari brand lokal yang bisa kamu andalkan nih, namanya Ristra Acne Spot Drying Treatment. Produk ini diciptakan untuk melawan jerawat secara efektif dan memperlihatkan hasil yang cukup kilat, bahkan dalam semalam kamu sudah bisa merasakan perbedaannya. Itu berkat kandungan utama Calamine, Camphor, Sulfur, Salicylic Acid, dan Zinc Oxide. Kombinasi bahan aktif ini bisa bekerja maksimal untuk membantu jerawat cepat reda selama kamu tidur. Berdasarkan studi klinis pada perempuan usia 18-46 tahun, ditemukan bahwa produk ini:

Hanya dalam 8 jam: *100% kemerahan pada jerawat berkurang.
Hanya setelah 3 hari: *73% jumlah jerawat berkurang secara signifikan.

Dalam produk ini, Sulfur digabungkan dengan Calamine, Camphor, Salicylic Acid, dan Zinc Oxide, sehingga kemampuannya bisa lebih optimal dalam mengurangi inflamasi, membunuh bakteri penyebab jerawat, dan membuat jerawat lebih cepat kempes.

Teksturnya liquid, yang bisa terpisah menjadi dua bagian: cairan bening dan endapan berwarna pink. Pemakaiannya perlu menggunakan cotton bud bersih untuk kemudian dibubuhkan di bagian berjerawat pada kulit wajah yang sudah dibersihkan. Sebelum dipakai, nggak perlu dikocok terlebih dahulu ya. Kalau tercampur, kamu diamkan dulu beberapa saat sampai ada endapan pink-nya, baru dipakai.

Cara pakainya mudah kok, cukup bersihkan wajah dan tangan, lalu celupkan cotton bud bersih ke dalam botol Ristra Acne Spot Drying Treatment untuk mengambil endapan berwarna pink, lalu bubuhkan pada jerawat atau calon jerawat. Kamu bisa menggunakannya 2 kali sehari, tapi diutamakan saat malam hari. Karena saat tidur, kulit lebih bersih, bisa lebih istirahat dan beregenerasi dengan baik, sehingga produk yang dipakai juga bisa lebih maksimal.

Karena Ristra Acne Spot Drying Treatment ini mengandung acid (Salicylic Acid), kamu wajib menggunakan sunscreen saat pagi ya, supaya kulit nggak sensitif terhadap matahari dan bekas jerawat nggak jadi kehitaman. Jangan lupa simpan botolnya di suhu ruang, di bawah 30 derajat Celcius, dengan kondisi botol berdiri tegak dan jauh dari sinar matahari langsung ya!

Rajin double-cleansing

Jangan malas membersihkan wajah. Kalau bisa, harus double-cleansing 2 kali sehari. Pertama, gunakan dulu pembersih berupa cleansing oil, cleansing balm, cleansing milk, atau micellar water, kemudian lanjutkan dengan pemakaian facial wash. Ini berfungsi agar kulit bersih maksimal dari sisa makeup, sunscreen, debu, dan kotoran. Kalau kulit nggak bersih, skincare apapun yang kamu pakai jadi nggak berfungsi optimal, kulit juga gampang muncul komedo dan jerawat. Kamu bisa pilih facial wash yang punya kandungan Salicylic Acid yang bermanfaat mengangkat sel kulit mati dan bikin pori-pori lebih bersih sehingga jerawat bisa cepat reda.

Pakai moisturizer yang ringan

Punya kulit yang berjerawat atau berminyak bukan berarti kamu jadi skip moisturizer! Kalau kulitmu jadi kering atau dehidrasi, kulit malah akan mengeluarkan banyak sebum secara otomatis. Akhirnya, kulitmu jadi tambah berminyak dan jerawat nggak sembuh-sembuh. Aplikasikan moisturizer tiap pagi dan malam, pilih yang teksturnya ringan seperti gel agar mudah meresap dan nggak terasa lengket. Akan lebih bagus lagi kalau kamu pakai moisturizer yang punya kandungan Centella Asiatica atau tea tree di dalamnya.

Kurangi asupan gula

Ini adalah cara mengurangi jerawat dari dalam, yang harus dilakukan meskipun terasa sulit. Mengonsumsi makanan atau minuman tinggi gula akan bikin tubuh gampang terkena penyakit dan jerawat susah hilang, karena gula menyebabkan inflamasi. Nggak hanya jerawat yang menumpuk, kerutan juga jadi gampang datang lho! Jadi, pangkas dulu deh donat kesukaan, martabak manis, boba, es kopi susu gula aren, minuman bersoda, dan berbagai cemilan manis lainnya.

Lengkapi dengan masker

Rutin menggunakan masker bisa membantu jerawat jadi lebih tenang, mengurangi peradangan, dan bikin kulit kamu tetap halus. Kamu bisa pakai masker berbentuk clay, wash-off, atau sheet mask, dengan kandungan yang terkenal bisa meredakan jerawat seperti tea tree, mugwort, Salicylic Acid, atau Centella Asiatica. Kalau pilih masker berbentuk clay atau wash-off, jangan menggosok kulit saat membilasnya ya, biar kulit yang berjerawat nggak jadi iritasi. Bilas dengan lembut dan sabar saja, keringkan wajah dengan tisu, lalu aplikasikan skincare selanjutnya.

 

Nah, itu dia 5 langkah yang bisa bikin jerawat cepat reda. Selamat mencoba!

 

 

 

Image: Dok. Female Daily/Andreas Halim, Freepik.com

 

 

Poppy_Septia

Poppy_Septia

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment