banner-detik

lifestyle

Waspada 3 Gangguan Kesehatan yang Sering Terjadi setelah Lebaran!

seo-img-article

Lebaran memang saatnya mencicipi sederet kuliner lezat dan liburan bareng keluarga. Eitss, tapi ternyata momen Lebaran bisa jadi penyebab munculnya gangguang kesehatan, lho.

Nggak kerasa ya, Lebaran telah tiba! Tentunya, kamu akan menikmati momen hari raya dengan nyobain kuliner dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Namun ternyata, momen ini bisa jadi penyebab munculnya kenaikan berat badan, kolesterol, hingga tekanan darah, lho. Itu semua bisa terjadi karena kamu mengonsumsi makanan dan minuman tanpa menahan diri dan mungkin beralasan kalau diet bisa dilakukan nanti saja. Alhasil, berbagai gangguan kesehatan ikutan silaturahmi juga ke tubuhmu. Nah, ini dia gangguan kesehatan yang kerap terjadi dan harus kamu waspadai!

Baca juga: Nyaman selama Kumpul Keluarga, Ini Tips Makeup Lebaran Bebas Gerah!

Gangguan Kesehatan yang Muncul Pasca Lebaran

Berat badan naik

gangguan kesehatan setelah lebaran

Padahal, saat berpuasa, berat badan sudah turun. Gara-gara tergoda berbagai hidangan penuh kalori seperti santan, snack, dan minuman manis, sontak berat badan melonjak tajam seperti harga saham. Untuk menurunkannya butuh 30 hari, tapi menaikkannya hanya 2 hari. One moment on our lips, forever on our hips banget ya, ini?

Kolesterol, tekanan darah, gula darah ikutan naik

gangguan kesehatan setelah lebaran

Keluhan ini timbul akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi karbohidrat, tinggi lemak, dan tinggi garam. Alhasil, tubuh pun jadi kaget. Pasalnya selama berpuasa, tubuh sudah beradaptasi dengan pola makan baru yang bisa dibilang jumlahnya lebih sedikit dari biasanya.

Baca juga: Lebih Praktis Bersihkan Makeup saat Mudik dengan 6 Face Cleansing Wipes Ini!

Kelelahan

gangguan kesehatan setelah lebaran

Walau nggak bisa mudik tahun ini, namun kamu pasti tetap masak-masak, beres-beres, serta tetap harus bersilaturahmi ke tempat kerabat yang masih di dalam kota, kan? Kegiatan tersebut ternyata bisa bikin kurang tidur dan kelelahan, lho. Upayakanlah untuk menjaga stamina dengan mengonsumsi air putih cukup selama Lebaran, batasi minuman manis, dan makan makanan sehat dengan porsi yang nggak berlebihan.

Baca juga: Kenapa Banyak Perempuan yang Mengalami Anemia?

Itu dia beberapa gangguan kesehatan yang seringkali terjadi ketika Idul Fitri. Karena sudah tahu apa saja gangguan kesehatan yang muncul, jadi kamu bisa lebih berhati-hati agar nggak mengalami hal tersebut!

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment