banner-detik

fitnfab

Anyang-anyangan Adalah Gejala Infeksi Saluran Kemih!

seo-img-article

Sering anyang-anyangan? Hati-hati lho, itu bisa menjadi tanda-tanda kalau kamu mengalami ISK atau infeksi saluran kemih! 

Sering bolak-balik toilet dalam jangka waktu yang singkat? Misalnya 5 menit sekali bawaannya mau pipis terus? Atau mungkin lebih familiar dengan sebutan anyang-anyangan? Nah, kalau kamu sering mengalami ini, bisa jadi kamu sedang mengalami yang namanya ISK atau infeksi saluran kemih. Kalau anyang-anyangan kamu sudah disertai dengan rasa nyeri panas dan juga air seni yang kemerahan, artinya kamu perlu konsumsi antibiotik dan fix mengalami ISK.

Kita sebagai perempuan lebih rentan mengalami ISK, dibandingkan laki-laki. Ini disebabkan karena  anotomi tubuh perempuan itu sendiri. Saluran kemih perempuan jauh lebih pendek dibandingkan laki-laki, sehingga bakteri atau kuman lebih mudah naik ke area ini. Selain itu ada juga faktor dari hormon dan kebiasaan kita sebagai perempuan yang lebih suka/bisa menahan pipis.

stress minum teh

Penyebab ISK

ISK muncul karena adanya bakteri e-coli yang masuk ke area kandung kemih. Bakteri ini bisa muncul dan menginfeksi kandung kemih karena beberapa faktor, mulai dari kurang minum, sering menahan pipis, menggunakan air basuh yang kotor, dan cara membasuh area kewanitaan dengan cara yang salah.

Faktanya kandung kemih kita hanya mampu menahan air seni sebanyak 200-400cc saja. Makanya sangat disarankan untuk membuang air kecil dalam jangkan waktu 1-2 jam. Menurut dokter Carlinda Nekawaty, sebaiknya kalau kalian sudah merasa ingin pipis, ingin pipis lho ya, bukan kebelet! Baiknya langsung saja ke toilet. Pokoknya jangan tunggu-tunggu atau ditahan, karena bisa memicu ISK atau anyang-anyangan ini.

ISK juga bisa dialami oleh ibu hamil lho, penyebab dan cara mengatasinya bisa kamu baca di artikel yang sudah pernah ditulis oleh Mommies Daily di sini ya.

Mengatasinya?

Kalau masih terasa anyang-anyangan, bisa mulai memperbaiki habit kamu tiap harinya. Misalnya mulai konsumsi air putih yang banyak, membasuh area kewanitaan dengan benar (dari depan ke belakang), dan nggak lagi menahan pipis. Selain itu kamu juga bisa mengkonsumsi buah cranberry atau cranberry jus. Cranberry memiliki kandungan proanthocyanidin yang berfungsi untuk mencegah menempelnya bakteri e.coli pada dinding epitel saluran kemih. Namun kalau sudah sampai ISK sayangnya harus menggunakan antibiotik, untuk menangani bakteri yang sudah masuk ke kandung kemih tadi.

Baca juga: Cara Mengatasi Anyang-anyangan dengan Cranberry

Jadi yuk mulai sekarang jangan suka menahan pipis dan mulai minum air putih 8 gelas sehari.

Image: by benzoix, freepic.diller, wayhomestudio

Slow Down

Please wait a moment to post another comment