banner-detik

lifestyle

3 Menu Modifikasi Takjil dan Berbuka Simpel Ala Chef Arnold!

seo-img-article

Walaupun puasa sudah selesai dan sekarang kita lagi merayakan Ramadan, nggak ada salahnya yuk coba bikin menu takjil modifikasi ala Chef Arnold!

Mungkin sebagaian orang takjil hanya dinikmati saat sedang berpuasa saja ya. Nggak salah sih, karena fungsinya takjil adalah sebagai bumper pengisi perut, sebelum makan yang berat setelah berpuasa seharian. Namun kalau saya sendiri, walaupun puasa sudah selesai, kadang saya suka kangen dengan cemilan takjil khas puasa.

Nah, pas banget Chef Arnold akan sharing cara membuat takjil modifikasi yang mudah untuk dibuat. Bahan-bahannya sendiri juga nggak perlu yang mahal kok. Pakai  yang sudah ada juga ternyata masih bisa disulap dan dimodifikasi jadi resep baru yang nggak kalah enak. Penasaran kan? Ini dia 3 ide resep makanan yang dimodifikasi dari bahan yang sudah ada, bisa kamu tiru!

Baca juga: 5 Resep Masakan Simpel dan Enak Buat Kamu yang Nggak Bisa Masak!

Panna Cotta Saus Kurma

Masih punya stok kurma di rumah? Bisa kamu manfaatkan untuk jadi topping Panna Cotta! Kurma memang identik dengan bulan Ramadan karena jadi salah satu buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi kala berbuka. Selain itu, kurma juga punya rasa manis yang khas, bahkan ternyata bisa dimodifikasi jadi saus dessert moderen!

Baca juga: 7 Manfaat Kurma, untuk Kulit Awet Muda Sampai untuk Diet!

menu berbuka modifikasi simpel

Untuk membuat saus kurma yang cocok ada di menu takjil ini, kamu cukup menghancurkan kurma bersama dengan air di blender. Setelah itu, masak dengan api kecil dengan sedikit gula dan garam, kemudian aduk sampai mengental dan memiliki tekstur saus yang kamu inginkan. Kalau mau lihat demo lengkapnya oleh Chef Arnold, bisa lihat di sini.

Tahu Walik Sambal Colo

Kamu bisa nih, modifikasi tahu yang sudah kamu punya jadi versi tahu yang berbeda; tahu walik! Tahu walik atau bisa diartikan “tahu dibalik”, sebenarnya cuma tahu pong biasa yang digoreng dan dibalik sampai sisi dalamnya berada di luar. Meski sama-sama tahu, kalau dibalik seperti ini, sensasi rasa dan makannya juga akan berbeda, lho.

menu berbuka modifikasi simpel

Agar berbeda dengan tahu walik kebanyakan, tambahkan tepung tapioka, ayam giling, serta aneka bumbu penyedap lainnya, yang sudah dihaluskan ke dalam tahu. Setelah dipadatkan, goreng tahu dalam minyak panas dengan api sedang sampai warnaya kuning keemasan. Makan gorengan seperti ini pasti paling pas sama sambal dong? Kamu bisa hidangkan bersama dengan sambal colo-colo yang segar, bisa kamu lihat menu lengkapnya di sini.

Kakap Putih Sambal Kemangi

Kalau tadi kita sudah bahas menu takjil dan camilan, sekarang kita level-up nih ke makanan yang lebih berat. Karena teksturnya yang halus dan nggak keras, ikan kakap bisa jadi pilihan protein yang pas kalau nggak mau kekenyangan saat dimakan dengan nasi. Kemangi juga jadi salah satu bahan yang mudah ditemukan di mana saja, nggak cuma jadi lalapan, tapi bisa dikreasikan sebagai sambal. Kalau tidak punya ikan kakap di rumah, kamu bisa kreasikan menu ini dengan ikan lain yang kamu punya.

Baca juga: Bahan Makanan yang Bagus untuk Sahur dan Buka Puasa

menu berbuka modifikasi simpel

Pertama-tama, lumuri ikan dengan garam dan merica agar tidak amis, kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, goreng sampai matang dan sisihkan. Untuk sausnya, kombinasikan bawang bombay, bawang putih, kecap inggris, kecap manis, dan bumbu penyedap lainnya. Demo lengkap pembuatan sambal kemanginya juga bisa kamu lihat di sini.

Menarik juga kan, kreasi dan eksplorasi bahan yang sudah ada jadi menu baru? Tapi kadang, masakan yang enak juga butuh bahan yang segar. Kalau sedang belanja kebutuhan masak secara online, pasti khawatir kan kalau bahan yang akan datang sudah nggak segar lagi? Di Blibli, kamu nggak perlu khawatir karena ada fitur pengiriman cepat 2 hours delivery!

Selain itu, Blibli juga punya berbagai promo dan penawaran menarik lainnya dari program #HikmahRamadan, ada diskon, gratis ongkir, flash sale, exclusive brand deals, sampai cashback hingga 1 juta rupiah! Program ini masih berlangsung sampai tanggal 16 Mei nanti lho, bisa langsung cek di website dan aplikasi resmi Blibi!

 

Images: dok. Blibli

Slow Down

Please wait a moment to post another comment