banner-detik

lifestyle

5 Rekomendasi Teh Herbal Sehat untuk Buka Puasa!

seo-img-article

Apa minuman favorit kamu untuk buka puasa? Kamu bisa coba teh herbal yang hangat dan memberikan efek rileks pada tubuh!

Menikmati minuman hangat saat berbuka puasa punya banyak manfaat, lho. Selain memberikan efek relaksasi, minuman hangat juga bisa menyiapkan perut untuk hidangan selanjutnya. Jadi, tidak asal “kaget”. Salah satu minuman hangat yang bisa kamu coba adalah teh herbal. Bisa terbayang ya, hangatnya teh dengan rempah herbal yang sehat? Kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan sederhana. Mulai dari yang menghangatkan, bikin segar sampai mengandung antioksidan tinggi. Ini dia rekomendasi teh herbal untuk berbuka puasa.

Teh bunga telang

Keunikan dari teh ini adalah warna birunya yang cantik! Kamu bisa menemukannya dalam bentuk bunga kering atau bahkan bubuk, lho. Bunga telang dengan nama latin Clitoria Ternatea ini bisa dinikmati untuk mengurangi gangguan kecemasan. Ekstrak methanol di dalamnya juga menghasilkan antioksidan yang baik untuk tubuh. Selain punya aroma yang khas, teh bunga telang bermanfaat untuk menyehatkan jantung dan mengatasi asma! Cara membuatnya juga mudah, cukup dengan memetik beberapa helai bunga telang lalu seduh dengan air hangat selama 5-10 menit. Kalau warnanya sudah cukup biru, jangan lupa saring airnya ya! Tambahkan juga madu atau perasan lemon untuk pemanis alami.

Teh jahe

Dikenal sebagai tanaman herbal dengan banyak manfaat, kamu bisa menggunakan jahe untuk bahan utama teh. Tanaman ini punya kandungan laksatif dan antibiotik alami di dalamnya, jadi tidak heran kalau sering dibilang tanaman obat! Jahe juga baik untuk mengatasi asam lambung dan meningkatkan kekebalan tubuh. Apalagi ada antioksidan, mineral dan asam amino di dalamnya, yang bisa mencegah penyakit jantung. Kamu bisa memotong jahe seukuran 1,5 cm lalu campurkan dengan daun teh kering. Seduh dan saring ampasnya sebelum dinikmati.

Baca juga6 Resep Minuman Manis dan Segar Selama Bulan Puasa

Teh sereh

Aromanya yang unik, bikin banyak orang menyukai tanaman sereh/serai ini. Sereh mempunyai efek diuretik yang bisa merangsang ginjal untuk mengeluarkan urine. Ini juga bisa mencegah perut kembung, lho. Teh sereh juga baik untuk mencegah kanker dan infeksi pada mulut, seperti sariawan. Cara membuatnya hampir sama dengan teh jahe! Kamu bisa masukkan sereh yang sudah dimemarkan bersama daun teh kering, lalu seduh dengan air hangat. Saring teh lalu tambahkan air lemon untuk menambah rasa segar!

Teh peppermint

Siapa yang suka dengan sensasi dingin dalam minuman? Kalau saya sendiri suka minuman dengan cooling sensation seperti pada daun mint! Teh peppermint mengandung minyak alami atau menthol yang bisa melemaskan otot dan membantu mengurangi stress. Teh satu ini berasal dari daun mint yang dikeringkan, dan bisa dicampur dengan daun teh. Ada kandungan kalium, vitamin B, dan antioksidan yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh! Karena aromanya yang segar, teh ini sering dinikmati untuk melawan bau mulut.

Teh chamomile

Terbuat dari bunga chamomile kering, jenis teh satu ini punya aroma wangi dan bisa bikin tidur kamu tambah nyenyak! Efek kantuk di dalamnya akan efektif bekerja 1-2 jam sebelum tidur. Teh chamomile juga baik untuk meringankan nyeri saat menstruasi dan kram otot. Bermanfaat juga untuk menurunkan kadar gula dan menurunkan risiko komplikasi. Kamu bisa seduh bunga chamomile dalam air hangat selama 10 menit, lalu saring sebelum dinikmati ya!

Itu tadi beberapa rekomendasi teh herbal yang bisa kamu coba. Selain teh, apalagi minuman favoritmu untuk berbuka puasa? Leave your comment below ya!

 

Image : freepik.com, unsplash.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment