banner-detik

beauty school

Tips Mengatasi Bibir Kering Saat Berpuasa

seo-img-article

Bibir kering sangat umum terjadi ketika bulan Ramadhan. Mengingat asupan air yang biasa dikonsumsi berkurang karena puasa. Kurangnya hidrasi jadi membuat bibir lebih rentan terhadap kekeringan. Memang bukan masalah serius, namun, apabila kondisi ini terus dibiarkan,  kondisi bibir yang semakin parah dan menyebabkan luka. Tentunya ini akan sangat nggak nyaman banget.

Perlu diketahui juga, kalau kulit di bibir kita lebih tipis dari kulit di tubuh. Maka dari itu perlu perlindungan yang mumpuni, untuk menjaga bibir tetap lembab. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Perbanyak air putih

Air putih penting untuk kesehatan dan juga menjaga hidrasi dalam tubuh. Normalnya pada hari biasa, seseorang harus mengonsumsi 2 liter air per hari. Solusi untuk mencukupi asupan air saat berpuasa, bisa dengan meminum air putih yang banyak saat sahur dan juga mengkonsumsi buah-buahan yang banyak airnya.

Gunakan pelembab bibir

Ini sudah pasti harus dilakukan ketika bibir kering. Kamu bisa menggunakan berbagai macam pelembab bibir yang menghidrasi dan memiliki kandungan ceramide serta minyak alami. Kedua bahan tersebut disinyalir dapat menutrisi bibir dan juga memberikan kesan kilau dan kemerahan yang tampak sehat dan natural. Kalau kamu lebih banyak beraktivitas di luar ruangan, kamu perlu menggunakan pelembab bibir dengan tabir surya. Karena akan membantu mencegah bibir kamu dari kekeringan akibat terpapar sinar matahari.

Gunakan masker bibir

Nggak hanya wajah saja yang bisa dipakaikan masker, bibir juga perlu masker untuk memberikan hidrasi yang cukup. Supaya lembap secara optimal, kamu bisa menggunakan masker bibir yang memiliki kandungan shea butter dan vitamin E. Masker bibir ini nantinya akan membuat bibir kamu jadi tampak lembap dan kenyal tanpa merasa kekeringan.

Hindari menjilat bibir

Siapa yang suka menjilat bibir waktu puasa? Alih-alih untuk menghilangkan rasa kering, justru kebiasaan ini bisa memperparah kondisi bibir yang kering. Air liur nggak hanya mengandung asam yang dapat mengiritasi bibir, tapi juga dapat menghilangkan minyak alami yang ada pada kulit. Pada saat kamu menjilat bibir, air liur akan menguap dan membuat bibir semakin kering. Jadi untuk mengubah kebiasaan menjilat bibir, coba biasakan menggunakan pelembab bibir untuk sehari-hari.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi bibir kering kamu selama puasa, maupun di hari biasa. Semoga tetap terjaga kesehatannya, supaya bisa tampil prima saat lebaran!

 

Foto : Freepik.com & Dok. Female Daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment