banner-detik

beautiful people

7 Rekomendasi Film dengan Tokoh Wanita Inspiratif!

seo-img-article

Selain ditemukan di dunia nyata, banyak film yang menjadikan wanita sebagai tokoh utama inspiratif! Berikut beberapa di antaranya.

Wanita punya segala keunikan dan ketangguhan dalam melakukan sesuatu. Menyambut Hari Kartini, kira-kira apa saja nilai-nilai menginspirasi yang sudah kamu dapat? Kalau saya sendiri belajar memahami, jika wanita bisa melakukan apa yang ia mau, bebas berpikir dan berpendapat asal tetap bertanggung jawab. Pada dasarnya, tiap wanita bisa berkarya dengan bidangnya masing-masing. Selain dalam kehidupan nyata, banyak juga tokoh wanita menginspirasi lainnya yang bisa kamu temukan dalam film! Dengan genre dan jalan cerita yang menarik, ini dia 7 rekomendasi film tentang wanita kuat yang bisa kamu tonton.

Suffragette (2015)

Film satu ini terbilang cukup menarik dibandingkan film-film lainnya. Latar waktu yang digunakan adalah awal abad 20 di Inggris yang terkesan nyata. Maud Watts (diperankan Carey Mullifgan) merupakan tokoh utama wanita dalam film ini. Ia juga seorang ibu dan pekerja binatu yang gigih memperjuangkan kesetaraan hak dan gender antara wanita dan pria. Film ini juga menceritakan perjuangan wanita dalam menuntut keadilan, yang mana pada tahun tersebut hukum hanya berpihak pada kaum pria saja. Jalan cerita dalam film ini tergolong ringan dan to the point, sehingga menarik untuk  ditonton!

She Was Pretty (2015)

Drama korea satu ini punya genre romance-comedy yang unik! Tokoh utamanya yakni Kim Hye Jin (diperankan Hwang Jung Eum) berteman dengan Sung Joon (diperankan Park Seo Joon) sejak kecil. Saat itu Sung Joon tidak punya banyak teman karena dianggap tidak menarik dan bertubuh besar, sehingga hanya Kim Hye Jin yang mau berteman dengannya. Keduanya dipertemukan kembali dalam satu redaksi majalah fashion ternama yang mana Sung Joon menjadi direkturnya. Kim Hye Jin justru mengalami krisis kepercayaan diri, karena ia merasa tidak secantik dulu. Film ini menceritakan kisah Hye Jin yang akhirnya bangkit dan terus berkarya, meskipun sering dipandang rendah oleh orang lain hanya karena penampilannya. Hadir juga Kim Shin Hyuk (diperankan Choi Siwon) yang membantu Hye Jin agar semakin percaya diri!

Joy (2015)

Merupakan film yang diadaptasi dari kisah nyata tentang perjalanan Joy Mangano (diperankan Jennifer Lawrence). Joy adalah seorang single mother yang menjadi tulang punggung keluarganya. Berkat kerja kerasnya, Joy memutar otak untuk menciptakan alat-alat rumah tangga yang praktis, salah satunya adalah pel. Berbagai cara ia lakukan termasuk memasang iklan di TV yang akhirnya membuat Joy sukses, dan berhasil mematenkan merek dagangnya. Namun, Joy juga sempat mengalami masalah ketika ia ditipu oleh rekan bisnisnya. Berkat dukungan dari sang keluarga, Joy bisa kembali bangkit dan berkarya.

Hidden Figures (2016)

Kalau kamu penggemar serial di Netflix, Hidden Figures bisa coba kamu tonton! Film ini masih mengangkat latar waktu di tahun 1960-an. Ada 3 tokoh wanita utama yang berperan sebagai staf NASA yakni Katherine Goble Johnson, Dorothy Vaughan dan Mary Jackson. Pada tahun-tahun tersebut, Amerika Serikat sedang melakukan “perang dingin” dengan Uni Soviet. Bahkan hukum Jim Crow yang memisahkan warna kulit putih dengan kulit berwarna lainnya masih berlaku, lho. Diskriminasi ini terus berlanjut pada fasilitas umum, seperti toilet hingga penggunaan termos! Di sinilah perjalanan ketiga wanita kuat ini dimulai, termasuk kisah hidup mereka yang mandiri. Hingga akhirnya mereka berhasil membuktikan tentang kemandirian wanita dalam bidang apapun. Satu hal yang saya saluti, ketika mereka berhasil menyatakan kalau diskriminasi berdasarkan identitas, ras dan warna kulit itu sama sekali tidak ada maknanya. Itu hanya akan membuat manusia saling benci dan runtuh.

The Zookeeper’s Wife (2017)

Film satu ini menceritakan kisah Zabinska (diperankan Jessica Chastain) dan suaminya Dr. Jan Zabinski yang memang aktif merawat hewan-hewan di kebun binatang. Hidup keduanya menjadi terancam ketika tentara Nazi melakukan pengeboman di area Warsawa, tempat hewan-hewan ini tinggal. Berbagai cara sudah ia lakukan termasuk saat mengubah area tersebut menjadi peternakan babi. Zabinska harus berjuang menyelamatkan hewan-hewan ini termasuk ketika dirinya dan sang anak berada dalam masa bahaya. Film biografi yang juga menceritakan sejarah AS ini diadaptasi dari novel karya Dianne Ackerman yang berjudul sama, The Zookeeper’s Wife.

When The Camellia Blooms (2019)

Satu lagi drama Korea yang mengisahkan perjuangan wanita kuat! Film satu ini mengisahkan Dong Baek  (diperankan Gong Hyo Jin) sebagai ibu tunggal yang tengah berjuang. Perjalanannya dimulai ketika ia pindah ke sebuah kota kecil, dan mendirikan bar di sana bernama Camellia. Karena bar yang mulai laku, Dong Baek kerap mengalami peristiwa kurang mengenakkan. Salah satunya ketika ia sering digosipkan oleh para tetangganya. Belum lagi ketika ia bertemu dengan seoranng perwira yang diam-diam jatuh cinta pada Dong Baek. Banyak cerita kompleks yang dialami Dong Baek bersama sang putra dalam film ini. Namun, banyak juga nilai inspiratif yang bisa dipetik dalam film ini, lho. Salah satunya tentang keberanian wanita dalam mematahkan stigma “single mother” yang seringkali dianggap kurang baik.

Little Women (2019)

Satu lagi film yang menurut saya sangat inspiratif adalah Little Women yang mengisahkan empat kakak beradik dalam meraih mimpinya. Mereka percaya bahwa mimpi bisa diraih meskipun dengan caranya masing-masing. Dimulai dari Jo March yang meniti karir sebagai guru dan penulis novel di New York, Amy March yang memulai kehidupan baru bersama bibinya di Perancis, hingga sang kakak tertua, Meg March yang belajar menjadi seorang istri. Walaupun terpisahkan oleh jarak, kakak beradik ini terus mendukung satu sama lain. Termasuk ketika mereka berkumpul kembali saat Beth March tengah mengalami masalah.

Masih banyak lagi film-film inspiratif dari wanita yang bisa kamu tonton! Apa film yang menjadi favorit kamu? Atau kalau ada rekomendasi film lainnya bisa kamu share di bawah ini ya!

 

Image : imdb.com, soompi.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment