banner-detik

nail corner

3 Jenis Minyak Alami untuk Cegah Kuku Rapuh

seo-img-article

Sering mengalami kuku mudah rapuh? Yuk simak tips mudah merawat kuku dengan minyak alami!

Kuku menjadi rapuh ternyata bisa disebabkan oleh beberapa hal yang bahkan terdengar sepele. Mulai dari menggunakan cat kuku dengan bahan yang kurang aman, hingga kurangnya asupan vitamin juga bisa membuat permukaan kuku jadi tipis dan akhirnya kuku rapuh.

Hal ini yang kadang membuat sebagian orang menjadi tidak percaya diri, dan malah terus-terusan menutupinya dengan menggunakan kuteks. Tapi, tenang kamu bisa pakai minyak alami untuk menutrisi kutikula dan permukaan kuku agar kuku rapuh bisa terhindar. Selain bisa membantu melembapkan dan membuat mengilap, aplikasi minyak alami ini juga bisa bikin kuku menjadi semakin kuat. Kamu bisa memilih salah satu di antara ketiga minyak ini sesuai kebutuhan. Penggunaannya juga mudah, cukup oleskan pada bagian kutikula atau ujung kuku.

  1. Jojoba Oil

utama spice jojoba

Merupakan minyak dari ekstra biji tanaman jojoba yang bermanfaat sebagai anti inflamasi, serta bisa membantu membersihkan bakteri pada kuku. Kalau kutikula kamu sering kering, gunakan jojoba oil untuk melembutkan sekaligus menutrisi! Asam lemak dalam Jojoba Oil juga baik untuk memperkuat lapisan kuku sehingga tidak mudah rapuh, lho.

  1. Flaxseed Oil (Minyak Biji Rami)

Kalau saya baca-baca, ternyata minyak biji rami kaya akan Omega 3 yang bisa meningkatkan kesehatan sel-sel kuku. Selain itu, minyak biji rami ini juga berkhasiat untuk mengurangi peradangan dan memberikan ekstra kelembapan! Sama dengan Jojoba Oil, kamu bisa mengoleskan minyak ini pada bagian kutikula dan permukaan kuku agar terlihat lebih mengilap.

  1. Olive Oil (Minyak Zaitun)

Minyak Zaitun menurut saya minyak yang cukup multifungsi! Bahkan kamu bisa pakai dengan 2 cara untuk merawat kuku. Pertama, rendam tangan dalam air hangat selama 5 menit, lalu oleskan 1-2 tetes minyak zaitun pada bagian kutikula dan tunggu hingga meresap. Kedua, oleskan 2-3 tetes minyak zaitun pada permukaan kuku dan diamkan selama 10 menit. Menurut Livestrong, minyak zaitun yang diserap kutikula bisa meningkatkan sirkulasi darah untuk merangsang pertumbuhan kuku!

Beberapa cara di atas bisa kamu lakukan secara rutin untuk mencegah kuku rapuh. Kira-kira, ada cara lain yang pernah kamu coba untuk merawat kuku kah? Kasih tahu kita di kolom komentar ya!

 

 

 

Image: unsplash.com, freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment