banner-detik

lifestyle

Bahan Makanan yang Bagus untuk Sahur dan Buka Puasa

seo-img-article

Masuk hari pertama puasa, sudah belum kamu mempersiapkan makanan yang sehat dan bagus untuk sahur dan buka puasa? Belum tenang saja, saya punya rekomendasinya.

Saat berpuasa, asupan kalori harian kita pasti berkurang jauhkan? Mengingat sehari hanya makan dua kali, yaitu saat sahur dan buka puasa. Padahal ya, untuk menjalankan kehidupan sehari-hari, seperti bernafas, gerak dan juga mengatur fungsi organ lainnya, tubuh kita membutuhkan kalori yang normal, atau sesuai dengan BMR kita.

Makanya nih, saat mau sahur dan buka puasa, kita nggak bisa lagi hanya makan-makanan yang asal atau seadanya. Menurut pakar gizi Bebby Astrika, SGz. Pentingnya memperhatikan asupan gizi saat sahur dan buka puasa. Mengingat adanyakebutuhan dasar tubuh yang masih harus dipenuhi. Untuk memenuhi kebutuhan dasar ini, manusia perlu mendapatkan semua unsur gizi, dimulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Karena orang yang berpuasa hanya punya waktu terbatas untuk memenuhi kebutuhan makannya, maka sangat penting bagi kita pandai memilih makanan yang dibutuhkan tubuh. Termasuk kebutuhan cairan, karena tubuh harus tetap terhidrasi.

Makanya sebaiknya hindari makanan yang memiliki komponen gizi tunggal atau hanya dua kandungan. Contohnya seperti gorengan. Memang sih enak makan ini, tapi gorengan hanya punya karbohidrat dan lemak jahat saja. Jadi, baiknya pilih makanan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Lalu jenis makanan apa saja sih yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur? Bebby Astrika, SGz mengatakan, anggap saja saat sahur itu seperti kita sedang mau sarapan. Ketika sarapan kan kita tetap membutuhkan makanan yang seimbang kan? Jadi yang dikonsumsi ya, tetap karbohidrat, protein, dan lemak.

Sama ketika berbuka pun, sebaiknya nggak mengkonsumsi makanan yang rendah gizi atau sifatnya cemilan. Untuk detail rekomendasi asupan gizi saat berbuka, bisa kalian baca di sini ya.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment