banner-detik

lifestyle

5 Tanaman Hias Indoor Penghilang Debu Agar Rumah Tambah Bersih

seo-img-article

Ternyata, ada beberapa tanaman hias yang bisa digunakan untuk membersihkan debu lho! 

Selama pandemi, nggak sedikit orang yang memiliki hobi baru yaitu merawat tanama hias. Selain penampilannya yang estetik, merawat tanaman hias juga bisa digunakan sebagai mood booster dan jadi salah satu kegiatan yang therapeutic, terutama di masa sulit seperti pandemi ini. Nah, ternyata nggak cuma sebagai pemanis ruangan, ada beberapa tanaman hias indoor yang punya fungsi menghilangkan debu supaya ruangan jadi tambah bersih, lho. Penasaran dengan tanamannya apa aja? Yuk, kita bahas satu per satu!

1. Rubber Plant

Rubber plant atau tanaman karet merupakan salah satu tanaman penghilang debu. Tanaman hias ini memiliki daun lebar dan bisa tumbuh tinggi sehingga cantik bila di letakkan dalam ruangan rumah. Rubber plant juga membantu menyerap karbondioksida. Hal ini tentu dapat mengurangi pencemaran udara atau polusi yang ada dalam ruangan.

Baca juga: Percantik Rumah dengan 7 Tanaman Hias Ini!

2. English Ivy

Dilansir dari Hunker, English Ivy termasuk salah satu tanaman hias penghilang debu. Sebenarnya bukan hanya English Ivy saja, tapi semua jenis Ivy bisa berguna sebagai penghilang debu dalam ruangan karena dapat membantu menyaring udara kotor. English Ivy digemari para pecinta tanaman saat ini. Bentuk daunnya yang cantik dan selalu bergerombol membuat tanaman hias penghilang debu ini banyak diadopsi untuk di letakkan dalam rumah. Nah, apakah kamu salah satunya?

Kalau iya, English Ivy bakalan lebih cantik ketika digantung dalam ruang tamu atau kerja. Selain membantu menghilangkan debu, tanaman hias Ivy juga bisa menyerap formaldehida dan benzena sehingga udara menjadi lebih sehat di rumah.

3. Dripping Guanyin

Tanaman hias indoor dripping guanyin memiliki fungsi untuk mengurangi debu dalam rumah. Tanaman hias penghilang debu yang juga dikenal dengan nama dripping lotus itu termasuk jenis bonsai. Tapi, hati-hati ya. Kalau kamu memiliki tanaman hias ini di rumah di mana ada anak-anak, sebaiknya jauhi dari ruang main anak. Tumbuh di tempat lembap, tanaman hias dengan bentuk daun seperti sirih itu bisa beracun jika dimakan anak-anak.

4. Palem

Pohon palem termasuk salah satu tanaman hias yang bisa membantu menghilangkan debu. Letakkan di area ruang tamu atau makan untuk membuat udara terasa lebih segar. Palem juga bisa menyaring benzena dan virus lain. Coba letakkan dekat furnitur kayu karena dapat menyaring formalin dan karbondioksida. Selain itu, tanaman hias palem disebut-sebut bisa membawa keberuntungan!

Baca juga: Tips Gunakan Dekorasi Berbahan Rotan untuk Hunian!

5. Spider Plant

Satu lagi tanaman hias indoor penghilang debu yang populer adalah spider plant. Tanaman hias dengan daun panjang dan tumbuh ramai ini mampu membantu menyerap benzena, karbondioksida, bahan kimia, hingga formaldehida.

Perawatan spider plant sangat mudah dan cocok di letakkan dalam ruangan. Tanaman hias penghilang debu ini tidak terlalu membutuhkan sinar matahari.

So, berikut adalah beberapa tanaman penghilang debu yang bisa kamu miliki di dalam rumah. Apa kamu sudah punya salah satu tanaman hias penghilang debu di atas? Jangan lupa share di komen ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment