banner-detik

lifestyle

Isi Ulang Produk Rumah Tangga Lebih Mudah dengan Aplikasi Siklus!

seo-img-article

Indonesia adalah negara dengan sampah plastik laut terbesar kedua di dunia. Barang yang paling umum ditemukan adalah bungkus plastik atau kemasan sachet, salah satu penyumbang terbesarnya adalah sampah rumah tangga.

Pernah nggak sih, berdiam diri sebentar sambil melihat tempat sampah kamu penuh dengan sampah plastik? Mulai dari plastik bekas belanja di pasar, kemasan plastik dari produk-produk domestik, sampai seremeh plastik bekas bungkus jajanan, semuanya berujung menjadi sampah terbuang dan akan menjadi siklus yang sama setiap hari. Lebih menyedihkannya lagi, sampah-sampah plastik ini biasanya berakhir di laut, mengambang di lautan tanpa bisa terurai meski setelah ratusan tahun lamanya.

Baca juga: Mengurangi Sampah di Tengah Pandemi, Gimana Caranya?

Biasanya, sampah-sampah domestik rumah tangga, terus menumpuk dengan adanya tuntutan produk yang juga datang dari masyarakat. Sebutlah ketika minyak goreng atau sabun isi ulang kamu habis, kamu pasti akan membeli minyak goreng dan sabun baru dengan kemasan plastik yang baru juga. Nggak terbayang kan, seberapa banyak sampah plastik yang terbuang setiap harinya? Karena masalah itulah, aplikasi Siklus hadir untuk memberikan solusi terjangkau untuk mencegah sampah plastik rumah tangga dari sumbernya.

Aplikasi Siklus untuk solusi kebutuhan rumah tangga yang berkelanjutan

Siklus Mobile App atau Siklus Refill, merupakan aplikasi seluler yang menjual kebutuhan rumah tangga sehari-hari tanpa kemasan (isi ulang), dengan biaya yang tentu jauh lebih rendah. Didirikan pada April 2020, Siklus Refill telah banyak mendapat dukungan dari konsumen, mitra di industri Fast-Moving Costumer Goods (FCMG), investor, maupun pemerintah Indonesia. Siklus Refill juga berhasil menggaet kerja sama dengan perusahaan-perusahaan raksasa penghasil kebutuhan rumah tangga besar di Indonesia, seperti P&G, Wings, Nestle, dan Total.

Aplikasi Siklus

Siklus Refill bertujuan untuk menjadi solusi atas masalah polusi plastik dan beban biaya kemasan pada harga produk, membawa inovasi besar terhadap kebutuhan rumah tangga yang berkelanjutan sekaligus masalah ekonomi terhadap masyarakat menengah ke bawah. Mematahkan siklus buruk pada lingkungan dan permasalahan domestik dengan membawa siklus baru yang solutif.

“Melalui aplikasi baru kami, Mobile Warungs, dan teknologi isi ulang langsung, kami menawarkan solusi penghematan biaya bagi masyarakat Indonesia, menyediakan data berharga bagi produsen kebutuan rumah tangga (FMCG) untuk melayani pelanggan dengan lebih baik, dan membawa tingkat manfaat lingkungan yang baru dengan menghilangkan kebutuhan akan plastik sekali pakai sachet.” jelas Jane von Rabenau, CEO & Pendiri Siklus.

Cara kerja Siklus mobile app

Aplikasi Seluler Siklus saat ini baru tersedia di Google Play store. Konsumen bisa dengan mudah memesan dan membeli produk kebutuhan rumah tangga dari handphone, kemudian Siklus akan langsung mengirim isi ulang produk dengan kendaraan roda dua yang sudah dilengkapi dengan sistem isi ulang seluler. Kamu bisa langsung refill produk dengan wadah yang kamu punya, atau membeli wadah yang dapat digunakan kembali (tanpa plastik sekali pakai) yang sudah disediakan Siklus. Selain itu, akan ada juga fitur baru yang ditambahkan oleh Siklus tahun ini, yaitu pembayaran digital dan gamifikasi. Fitur ini akan memungkinkan kamu untuk melacak pengeluaran dan penghematan kamu, lho.

Produk yang bisa kamu beli antara lain deterjen, cairan pencuci piring, minyak goreng, dan masih banyak lagi kebutuhan sehari-hari lainnya. Kalau kamu belum bisa mengunduh Aplikasi Siklus, nggak perlu khawatir! Kamu masih bisa memesan melalui WhatsApp dan Instagram DM, atau membeli langsung ke toko-toko lokal (warung) yang sudah bekerja sama dengan Siklus. Bahkan, sekarang ada juga lho, Stasiun Siklus Refill dengan gerobak yang akan keliling di sekitar perumahan kamu.

Menarik bukan, inovasi dan solusi yang ditawarkan oleh Siklus? Kamu bisa tetap belanja kebutuhan rumah tangga sekaligus menghentikan siklus sampah plastik domestik. Apalagi, dengan harga yang lebih murah tanpa beban biaya kemasan. Sayangnya, saat ini pelayanan Siklus Refill baru tersedia di Jabodetabek dan masih akan menyusul untuk seluruh Indonesia dalam waktu dekat. Semoga bisa segera hadir di daerah lain juga, ya!

 

Images and video: Dok. Siklus Refill, nasional.tempo.co

Slow Down

Please wait a moment to post another comment