banner-detik

health wellness

Diet ala IU, Seleb Korea, Bisa Turun 5 Kg Seminggu! Seperti Apa?

seo-img-article

Sudah bulan ketiga di tahun 2021, resolusi apa yang belum tercapai dari beberapa tahun yang lalu? Apakah turun berat badan?

 

Kalau iya, kamu harus bersemangat sekaligus berhati-hati mencoba beragam metode diet ya. Diet ala IU, penyanyi asal Korea Selatan, banyak ditiru karena bisa bikin turun 5 kg dalam seminggu.

Meski tergolong diet ekstrem, namun banyak orang yang mencobanya sejak menjadi tren di tahun 2019. Beberapa orang yang mencobanya, mengatakan bisa berhasil turun sampai 5 kg, namun ada juga yang nggak sampai 5 kg. Semua memang tergantung usahanya masing-masing.

Avissa Febrianne adalah salah satu orang yang berhasil mencoba diet ala IU, dan membagikan kesehariannya selama diet melalui vlog di YouTube. Ia membagikan juga kesulitan apa yang dia lalui, dan ternyata ia merasa lemas dan nggak sanggup olahraga. Konsentrasi pun terganggu, serta mood jadi gampang berubah-ubah. Wah, bahaya banget, kan?

Seperti apa sih sebenarnya metode diet ala IU tersebut?

Seperti belajar hidup sulit

DIET IU

Memangkas kalori makanan yang cukup banyak, diet ekstrem seperti ini seakan membuat kamu belajar hidup sulit. Bagaimana tidak? Makanan yang dikonsumsi IU selama diet hanya tiga jenis saja di tiap pagi, siang, dan malam. Nggak boleh ada makanan lain selain yang sudah ditetapkan, dan nggak ada cerita minum boba drink atau kopi susu regal sambil kerja. Berdasarkan Korean Diet, IU hanya mengonsumsi 1 buah apel untuk pagi hari, satu buah ubi jalar untuk makan siang, dan satu porsi protein shake untuk malam hari.

Dalam satu hari, IU bisa menyantap semuanya dengan total 700 kalori saja. Nggak heran kalau langsung turun 5 kg dalam seminggu, karena kalori yang didapatkan hanya sedikit, sementara wanita dewasa umumnya membutuhkan 1500-3000 kalori per hari. Wow, jauh banget kan selisihnya? Sebenarnya diet ini boleh dilakukan minimal 3 hari, namun untuk keperluan syuting, IU menyelesaikannya dalam waktu seminggu.

Baca juga: Kenalan dengan Nordic Diet, Cara Menurunkan Berat Badan yang Lagi Hits

Sebagai obat bulimia

DIET IU 2

Banyak orang pasti enggan melakukan diet ekstrem ini, bahkan artis lain pun mungkin bisa menolak kalau disuruh diet model IU ini, karena nggak bisa menikmati makanan enak. Namun ternyata ada alasan di balik diet ekstrem yang dilakukan IU ini. Pelantun lagu ‘Celebrity‘ ini sempat memberi pernyataan kalau dirinya pernah mengidap bulimia, yaitu gangguan makan kronis yang ditandai dengan nafsu makan berubah-ubah. Karena bulimia termasuk ke dalam gangguan mental yang berbahaya, makanya IU berusaha mengobati bulimianya ini dengan cara melakukan diet ketat.

Ahli gizi menyatakan, diet IU ini sebenarnya sah saja dilakukan, selama hanya dalam jangka waktu pendek. Namun, bila dilakukan secara terus menerus akan menimbulkan defisit kalori dan bisa membahayakan tubuh! IU sendiri mengaku merasakan tidak nyaman saat melakukan diet ini, namun apa boleh buat, tuntutan artis Korea Selatan memang lebih berat dari dugaan orang-orang.

Nah, jadi bisa disimpulkan, bahwa diet ala IU ini bisa berbahaya bagi kesehatan tubuhmu, mengganggu konsentrasi, dan bikin kamu nggak produktif sehari-harinya. Diet yang berlebihan juga bisa mengacaukan kondisi hormonal, lho! Jadi, sebaiknya kamu konsultasikan ke dokter sebelum melakukan teknik diet apapun. Ingat, 5 kg dalam seminggu adalah goal yang terlalu tinggi dan riskan, apalagi kamu juga bukan seorang selebriti yang dituntut punya tubuh setipis IU.

Baca juga: 7 Manfaat Kurma untuk Kecantikan dan Kesehatan

Kalau memang mau menurunkan berat badan, buat goal yang realistis saja, misalnya turun 3 kg dalam sebulan. Hal tersebut bisa dicapai kalau kamu rutin berolahraga dan mengurangi konsumsi gula. Daripada diet ekstrem dalam seminggu, lalu kemudian setelahnya kamu kalap dan berat badan jadi fluktuatif, malah jadi nggak baik untuk kesehatan jiwa dan ragamu. Sebenarnya goal terpenting dari melakukan diet adalah: menjadi sosok yang lebih sehat. Jadi, sayangi dirimu dengan lebih cermat memilih metode diet, ya!

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment