banner-detik

suncreens

3 Tips Meratakan Warna Kulit yang Belang

seo-img-article

Memasuki fase menjelang pertengahan tahun, teriknya matahari memang nggak bisa diprediksi. Kadang mendung, tapi juga panas banget.

Teriknya matahari kadang jadi penghambat aktivitas beberapa orang, karena takut kepanasan dan takut belang. Memang nggak bisa dipungkiri, apa lagi bagi yang memiliki pekerjaan di lapangan, seperti jurnalis TV yang mengharuskan laporan dari TKP di siang hari, tentu bisa saja menyisakan warna kulit yang nggak rata, alias kulit belang.

Kulit belang memang nggak berbahaya, namun faktanya beberapa orang merasa belang menjadi pengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Namun kamu nggak perlu khawatir. Berikut akan dibahas beberapa tips untuk meratakan warna kulit kamu yang belang. Simak baik-baik ya!

Baca juga: 3 Rekomendasi Sunscreen Ringan dan Nyaman Di Kulit

Mengaplikasikan sunscreen

Sunscreen yang dipercaya sebagai produk perawatan kulit utama untuk melindungi kulit dari sinar UV ini ternyata juga memiliki manfaat lain, yaitu meratakan warna kulit yang belang. Jadi seberapa pentingkah produk sunscreen? Penting banget! Pilih sunscreen yang memiliki minimal SPF 30 atau 50. Kamu bisa rutin mengaplikasikannya setiap hari di tempat yang sering terpapar sinar matahari.

Jangan lupa juga untuk pilih sunscreen berdasarkan jenis kulit kamu. Kalau belangnya bukan di wajah, melainkan di tubuh, kamu juga bisa menggunakan body lotion yang memiliki SPF atau sunscreen untuk tubuh yang biasa kamu pakai sebelum berenang.

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C

Selain melakukan perawatan dari luar, kamu juga bisa merawat kulit belang dari dalam tubuh juga lho! Caranya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Kamu bisa perbanyak makan buah seperti jeruk, kiwi, lemon atau pun sayur brokoli. Beberapa makanan tersebut dipercaya dapat mengembalikan warna kulit kamu ke semula, karena kandungan vitamin C yang memiliki fungsi dapat mencerahkan warna kulit.

Rutin melakukan eksfoliasi

Kalau merasa kurang puas dengan kedua cara yang tadi, kamu bisa menggunakan cara berikutnya yakni melakukan eksfoliasi. Mengapa harus eksfoliasi? Ketika eksfoliasi, sel kulit mati akan terkelupas sehingga warna kulit akan kembali merata seperti semula. Untuk di badan, kamu bisa menggunakan body scrub atau lulur bengkoang yang kaya akan vitamin C dan B.

Sementara untuk wajah, kamu bisa menggunakan exfoliating toner yang lembut. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa melakukan eksfoliasi ini sebanyak dua sampai tiga kali seminggu. Setelah selesai melakukan eksfoliasi jangan lupa untuk tetap menggunakan pelembab dan sunscreen.

Pastikan kamu hanya melakukan eksfoliasi setelah iritasi akibat matahari sudah reda ya. Sebelumnya kamu bisa pakai skincare yang sifatnya soothing terlebih dulu.

Baca juga: Atasi Ketiak Hitam dengan 2 Exfoliating Toner Lokal Terbaru Ini!

Itulah beberapa tips untuk meratakan kembali kulit yang belang. Untuk kebutuhan kondisi kulit yang lebih baik lagi, kamu bisa mengonsumsi air mineral setiap hari supaya tubuh dan kulitmu tetap terhidrasi dengan baik.

Selamat mencoba!

 

Image: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment