banner-detik

haircare

Tips Mengatasi Rambut Bercabang yang Wajib Kamu Tahu!

seo-img-article

Selain rambut rontok, ada masalah rambut lain yang kerap jadi keluhan banyak orang, yakni rambut bercabang. Kondisi ini biasanya jadi mudah kusut dan terlihat lebih kering.

Umumnya rambut bercabang bisa terjadi karena sering menggunakan alat panas, dan kebiasaan mengikat rambut. Serta sering mewarnai rambut, melakukan perawatan keratin dan juga mengeritingkan rambut.

Sama seperti masalah kehidupan lainnya, kalau bermasalah ya dihadapi, jangan ditinggal lalu pergi. Untuk kasus rambut bercabang, kamu nggak perlu buru-buru memotongnya. Kamu bisa mengikut beberapa tips di bawah ini. Namun perlu diingat juga, kalau nggak semua cara bisa memperbaiki rambut rusak sepenuhnya. Kamu bisa coba beberapa dan kalau berhasil, kamu bisa menerapkan cara itu untuk rutinitas.

Biarkan rambut kering baru disisir

Kesalahan yang umum dilakukan, biasanya sering menyisir ketika rambut dalam keadaan basah. Padahal rambut basah itu sangat rentan untuk rusak. Air yang masih menempel di rambut kamu, akan membuat batang rambut jadi bengkak dan renggang. Maka dari itu perlu dilakukan pengeringan rambut dengan handuk lebih dulu, atau biarkan dia mongering dengan sendirinya.

Kalau sekiranya sudah terasa kering, kamu bisa mengaplikasikan kondisioner tanpa bilas ke seluruh bagian rambut, supaya lebih halus dan nggak kasar. Tentu kamu juga bisa pakai kondisioner saat keramas. Tinggal memakai produk perawatan rambut lain, seperti Extraordinary Oil Loreal yang bisa dipakai setelah keramas untuk merawat rambut.

Mengatur suhu alat penata rambut

Bagi kamu yang sering memakai catokan, hair dryer, ataupun alat penata rambut lainnya, pastikan untuk tetap mengatur suhu yang ada di alat tersebut. Karena penyebab rambut bercabang, nggak jauh-jauh dari pemakaian alat penata rambut yang memiliki aliran listrik dan menghantarkan panas. Dari panas itulah akhirnya menyebabkan kerusakan besar pada rambut. Beberapa brand memang nggak punya pengatur suhu, sehingga kamu nggak bisa kontrol. Tapi kalau kamu punya alat yang punya pengatur suhu, sebaiknya pilih yang nggak terlalu panas. Jangan lupa gunakan juga hair treatment spray yang dipakai di rambut sebelum menggunakan hot tools ya, untuk melapisi keratin rambut agar nggak mudah rusak.

Pakai kondisioner secara rutin setelah keramas

 

Siapa yang masih suka keramas tanpa menggunakan kondisioner? Mulai sekarang, kamu nggak boleh malas lagi. Cuma 1-3 menit tapi hasilnya bisa sangat berbeda lho. Menggunakan kondisioner sehabis keramas bisa mengembalikan kelembapan rambut yang hilang karena shampoo, dan membantu mencegah rambut bercabang. Kamu bisa memilih kondisioner yang dibilas, atau yang leave-on (tanpa bilas). Gunakan secara merata pada bagian tengah rambut hingga ujung rambut. Lakukan hal ini setiap kali kamu keramas. Lengkapi juga dengan hair mask (yang serupa kondisioner namun lebih thick), dan gunakan seminggu sekali.

 

Nah, itulah tips simpel untuk mengatasi rambut bercabang. Kalau sudah dilakukan tapi rambutmu masih terus rusak dan bagian yang bercabang masih saja banyak, kamu sebaiknya memotong ujung-ujungnya supaya rambut bisa tumbuh lebih baik.

 

Image: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment