banner-detik

lifestyle

Fakta Terbaru Vaksin COVID-19 AstraZeneca Terbukti Aman Digunakan

seo-img-article

Indonesia menjadi salah satu negara yang mulai melakukan vaksin COVID-19 secara bertahap. Vaksin AstraZeneca ini terbukti aman dan efektif lho! Bahkan tidak bersentuhan dengan produk hewani apapun. 

Demi menjaga imunitas tubuh dan mencegah penyebaran virus COVID-19, pemerintah Indonesia telah melakukan program vaksinasi secara berkala. Nah, program ini telah diberikan terlebih dahulu pada orang-orang yang membutuhkan, dimulai dari tenaga kesehatan, tokoh agama hingga rekan pers dan masyarakat secara keseluruhan. Vaksin bernama AstraZeneca ini juga termasuk aman, lho. Ingin tahu seberapa efektif vaksin ini dan kandungan apa saja di dalamnya? Berikut penjelasannya.

Mengenal vaksin AstraZeneca

Vaksin COVID-19 AstraZeneca atau yang dikenal sebelumnya dengan sebutan AZD1222 ini ditemukan oleh Oxford University bersama perusahaan spinout-nya, Vaccitech. Nah, vaksin ini sendiri berasal dari vektor virus simpanse yang tidak bereplikasi berdasarkan versi yang dilemahkan dari flu biasa (adenovirus) yang bisa menyebabkan infeksi pada simpanse dan mengandung materi genetik dari protein spike virus SARS-CoV-2. Nantinya, setelah proses vaksinasi diproduksi juga protein permukaan spike yang berfungsi untuk mempersiapkan kekebalan tubuh supaya bisa menyerang virus SARS-CoV-2 kalau nantinya virus ini menginfeksi tubuh. Jadi, guna vaksinasi di sini untuk mencegah dan mempersiapkan kekebalan tubuh agar tidak sampai dapat dampak yang parah dari COVID-19.

Keamanan vaksin

Sebagai lanjutan dari penjelasan di atas, vaksin AstraZeneca juga tidak mengandung produk yang berasal dari hewan. Ini juga sesuai dengan konfirmasi dari Badan Otoritas Produk Obat dan Kesehatan Inggris. Bahkan di tiap tahap produksinya, vaksin ini juga tidak bersentuhan langsung dengan produk turunan babi atau produk hewani lainnya. Sudah lebih dari 70 negara yang menyetujui vaksin ini, di antaranya Arab Saudi, Uni Emirat Arab, serta Bahrain. Banyak Dewan Islam di seluruh dunia yang telah menyatakan sikap jika vaksin ini diperbolehkan digunakan untuk para umat Muslim.

Vaksin AstraZeneca juga telah memperoleh izin pemasaran bersyarat di lebih dari 50 negara di enam benua dengan menggunakan Emergency Use Listing atau Daftar Penggunaan Darurat. Bahkan perizinan oleh World Health Organization (WHO) ini bisa mempercepat jalur akses vaksin hingga di 142 negara melalui fasilitas COVAX.

Daya efektivitasnya

Vaksin ini juga aman dan efektif mencegah penyebaran COVID-19. Bahkan sudah diuji klinis mampu melindungi 100% dari penyakit yang parah, rawat inap bahkan kematian sejak lebih dari 22 hari setelah dosis pertama. Ada beberapa penelitian yang mendukung seberapa efektifnya vaskin ini.

Satu dosis vaksin AstraZeneca mampu mengurangi risiko rawat inap hingga 94% bahkan di semua jenjang umur mulai dari anak-anak hingga lansia dengan usia 80 tahun ke atas. Penelitian lain juga membuktikan jika vaksin ini dapat mengurangi tingkat penularan penyakit hingga dua pertiga dari keseluruhan.

Nah, itu tadi beberapa penjelasan tentang vaksin AstraZeneca. Perlu diingat bahwa vaksin ini untuk mencegah dampak buruk penyebaran COVID-19 bagi tubuh. Banyak penelitian juga yang sudah membuktikan jika vaksin ini aman dan tidak bersentuhan dengan produk babi atau produk hewani lainnya. Jangan lupa juga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan mencuci tangan, memakai masker, mengurangi mobilitas, menjauhi kerumunan, serta menjaga jarak ya!

 

Image : unsplash.com

Source : https://www.gov.uk/government/publications/regulatory-approval-of-covid-19-vaccine-astrazeneca ; https://britishima.org/covid19-vaccine-az/ ; https://in.news.yahoo.com/covid-19-vaccines-containing-pork-092326486.html ; https://www.muis.gov.sg/officeofthemufti/Irsyad/Part-11-Religious-position-on-COVID-19-vaccine-English

Slow Down

Please wait a moment to post another comment