banner-detik

beauty school

5 Tips Perawatan Rambut Berkilau dan Anti Rontok!

seo-img-article

Salah satunya adalah menggunakan air beras untuk mencuci rambut, bener nggak sih?

Beberapa hari yang lalu waktu lagi scrolling TikTok, saya menemukan sebuah postingan yang cukup menarik perhatian saya. Seseorang bernama Audrey Victoria memamerkan rambutnya yang panjang nan berkilau lewat akunnya @audreyvictoria_. Saking berkilau dan sehat rambut Audrey, nggak sedikit orang yang menanyakan perawatan yang dilakukan. Nah, salah satu jawaban yang menarik perhatian saya, adalah merendam rambut dengan menggunakan air beras setiap hari. Unik banget ya? Nggak cuma itu, ada juga beberapa tips rambut berkilau dan sehat yang bisa kamu lakukan sebagai berikut!

Jangan Keramas Terlalu Sering

Memang sih, bagi beberapa orang yang sudah terbiasa keramas setiap hari (seperti saya) pasti akan merasa nggak betah kalau nggak keramas sehari saja. Tapi, kebiasaan ini bisa bikin rambut jadi lebih rontok, sebab akan ada banyak helai rambut yang lepas ketika kamu sedang mandi. Tapi, make sure kamu juga nggak memberi jeda terlalu lama ketika keramas sebab kulit kepala yang menumpuk juga bisa menyebabkan rambut jadi rontok! Frekuensi ideal untuk keramas adalah 2-3 hari sekali, sesuai dengan kondisi kulit kepala masing-masing.

Baca juga: Keramas Tiap Hari Tapi Nggak Bikin Rambut Kering? Begini Caranya!

Gunakan Castor Oil

Castor Oil punya berbagai macam manfaat untuk rambut, salah satunya adalah untuk stimulasi hair growth. Selain itu, minyak yang satu ini juga bantu moisturize kulit kepala, mengurangi ketombe, serta bikin rambut jadi smooth dan shiny. Gunakan setiap sebelum keramas secara rutin!

Gunakan Air Beras untuk Merendam Rambut

Manfaat air beras yang pertama adalah meningkatkan kesuburan rambut. Setelah mencuci rambut dengan shampoo, gunakan air cucian beras sebagai pengganti kondisioner. Bilas rambut dengan air beras. Lakukan perawatan ini minimal dua kali seminggu.

Gunakan Clarifying Shampoo

Clarifying Shampoo adalah shampoo yang dikhususkan untuk membersihkan product buildup atau sisa-sisa produk pada rambut seperti produk styling, vitamin, klorin kolam renang, bahkan bekas shampoo dan conditioner yang menumpuk di rambut sehingga bikin efek rambut jadi lepek. Penumpukan produk jika nggak dibersihkan dapat menyebabkan rambut jadi rontok. Itu sebabnya, Clarifying Shampoo berperan untuk membersihkan hingga menyeluruh. Walau sayang masih belum terlalu banyak Clarifying Shampoo yang dijual di Indonesia, kamu bisa memilih shampoo dengan label ‘anti-residue’, ‘detox’, atau ‘deep cleanse’ untuk membersihkan secara maksimal. Gunakan 1 atau 2 minggu sekali untuk hasil yang maksimal.

Baca juga: Rambut Rontok Walau Dirumah Saja?! | Skincare 101

Jangan Terlalu Sering Mengikat Rambut

Suka nggak suka, mengikat rambut juga bisa bikin rambut kamu tambah rontok lho! Tapi kalau memang terpaksa mengikat rambut, jangan lupa gunakan kunciran berbahan velvet atau silk sehingga tetap lembut di rambut. Menggunakan karet sebagai kunciran bisa menyebabkan rambut kamu jadi patah dan mudah rontok! Hindari juga menguncir dengan model head-bun atau high pony tail, lebih baik kuncir dengan model low pony tail atau low up-do.

So, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah rambut rontok dan bikin rambut jadi berkilau! Gimana? Adakah beberapa tips yang telah kalian lakukan? Jangan lupa share di komen ya!

 

Image: Dok. naturalhairforbeginners.com, freepik.com, allure.com.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment