banner-detik

haircare

Tips Merawat Rambut untuk Pengguna Hijab

seo-img-article

Bagi kamu pengguna hijab, pasti sering dong mengalami rambut lepek,, sering rontok dan gatal-gatal? Perlu diketahui juga kalau penyebabnya ternyata cukup beragam, mulai dari menyisir rambut ketika masih basah, mengenakan hijab dalam kondisi kotor atau lembab, serta mengikat rambut di tempat yang sama terus-menerus.

Nggak perlu khawatir, karena sekarang bisa kamu atasi dengan mudah. Lantas, hal apa yang harus dilakukan oleh pengguna hijab, supaya rambutnya tetap terawat dengan baik? Nah, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu ikuti, supaya ketika di rumah rambut kamu bebas dari permasalahan.

Keramas sesuai kebutuhan rambut

Selain wajah, kita juga harus menggunakan produk perawatan rambut yang sesuai dengan kebutuhannya. Kalau rambut kamu tergolong kering, pastikan memakai shampo yang menutrisi dan memiliki kandungan yang melembapkan rambut. Jangan lupa juga untuk menggunakan kondisioner supaya rambut tetap ternutrisi dengan baik.

Sementara untuk rambut berminyak, kamu bisa keramas lebih sering supaya rambut nggak gampang berminyak atau lepek. Biasanya pengguna hijab, lebih sering mengalami rambut lepek karena rambutnya yang tertutup hijab setiap hari, dan lebih rentan untuk terkena kuman atau bakteri yang menumpuk.

Gunakan sampo khusus hijab

Sempat terbesit di pikiran mengenai shampo khusus hijab ini, rasanya nggak perlu-perlu banget. Tapi setelah bertahun-tahun mengenakan hijab, ternyata memang shampo hijab itu perlu. Mulai dari kerontokan sampai rambut lepek, dengan shampo hijab semuanya akan terjaga dengan baik.

Jaga kebersihan hijab dan ciput

Selain menggunakan shampo khusus hijab, kamu juga perlu untuk memperhatikan kebersihan hijab dan ciput yang sering kamu gunakan. Karena kedua benda itu lah, yang lebih sering bersentuhan dengan rambut. Pastikan kamu menggunakan hijab dan ciput yang. Hindari pemakaian ciput atau hijab berkali-kali dalam seminggu tanpa dicuci, karena akan menimbulkan banyak kuman dan bakteri yang menumpuk, dan bisa saja memperparah kondisi rambut kamu.

Longgarkan ikatan rambut

Buat kamu yang masih menggunakan karet rambut berbentuk karet tipis, ada baiknya untuk mengganti dengan model scrunchies. Scrunchies lebih lebar dan jangkauan ikatannya bisa disesuaikan dengan kemauan kita, nggak terlalu rekat juga nggak terlalu longgar. Sehingga dapat menjaga rambut dari ikatan yang terlalu kencang, karena ikat rambut yang terlalu kencang bisa menarik akar rambut dan membuatnya rapuh serta rontok.

Selain itu, juga menguncir di tempat yang sama terus-menerus dapat memengaruhi kekuatan batang rambut. Sehingga nggak jarang ditemukan rambut yang mudah rapuh dan patah. Maka dari itu disarankan untuk melonggarkan ikatan rambut, dan kalau bisa sering-sering untuk menggerai rambut supaya nggak gampang rusak.

Semua memang kembali ke kebutuhan masing-masing rambut, dan seperti apa jenis rambut yang kamu miliki. Semoga dengan cara ini bisa membantu mengembalikan rambut kamu jadi lebih sehat dan indah ya!

 

Foto : Freepik.com & Dok. Female Daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment