banner-detik

online shop 2

Pakai Pay Later Boleh, Asal....

seo-img-article

Zaman sekarang, mau belanja tapi lagi nggak punya uang, bukan jadi masalah yang besar. Fasilitas meminjam atau belanja dengan cara berhutang semakin mudah. Berhutang nggak lagi harus bergantung dengan kartu kredit, tapi bisa dengan pay later atau pinjaman online! Tentunya di beberapa situasi yang kepepet, pay later dan pinjaman online menjadi sebuah solusi. Namun solusi ini pun seperti pisau bermata dua, satu sisi bisa menolong dan satu sisinya lagi bisa mematikan bila nggak hati-hati menggunakannya.

Setelah kemarin ramai kasus pinjaman online, sekarang ada masalah baru lagi, yaitu tunggakan pay later. Saya sendiri, melihat pay later punya target di anak-anak muda yang impulsive, FOMO dan juga YOLO. Makanya kalau kalian perhatikan, jasa pay later ini tersedia di aplikasi atau e-commerce yang memiliki target market anak-anak muda.

Pakai Pay Latter Boleh, Asal....-3

Sudah beberapa hari ini, isi FYP saya merupakan curhatan orang-orang yang nggak bisa membayar pay later mereka di sebuah e-commerce. Total tunggakannya juga beda-beda, ada yang di bawah 1jt, tapi ada juga yang sampai 10jt! Jujur saya cukup shock melihat nominal-nominal ini. Saya sempat mikir, beli apa saja sih? Kok bisa sebesar ini pinjamannya?

Nah, buat kalian yang sekarang memiliki akses pay later, nggak apa-apa banget punya jasa ini. Karena memang bisa membantu kalau kita lagi kepepet. Saya sendiri salah satu pengguna pay later di aplikasi ojek online. Saya saring merasa terbantu ketika akhir bulan mau makan, tapi nggak ada uang cash, haha.

Cuma perlu diingat, pay later ini kita jadikan sebagai emergency saja, bukan dipakai sebagai ‘uang nganggur’. Karena kalau kita treat pay later sebagai ‘uang nganggur’, menggampangkan cicilan dan bayar di bulan depan, yang ada kamu malah kelilit hutang. Belum lagi kalau kamu belum bisa mengatur keuangan.

Save-Money-1

Masalahnya nih, kalau kalian punya kasus nggak bisa membayar pay later sekarang, nanti kedepannya kalian akan sulit banget lho mau pinjaman ke bank untuk hal yang penting. Karena bisa saja nama kalian sudah di black list di Bank Indonesia. Atau saat kalian mau cicilan rumah, mobil atau butuh pinjaman uang untuk berobat, kalian akan ditolak karena credit score kalian jelek.

Miris nggak sih, kalian punya score credit yang jelek cuma karena impulsive beli barang-barang yang sebenarnya nggak penting-penting amat? Jadi sekarang, mulai bijak ya saat menggunakan pay later kalian, dan yang terpenting mulai terapkan mindful shopping.

 

Sale vector created by macrovector – www.freepik.com, Sale vector created by studiogstock – www.freepik.com, Website vector created by stories – www.freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment