banner-detik

dryness

Ini Cara Mengatasi Kulit Kering pada Area Hidung!

seo-img-article

Pernahkah kamu mengalami kulit kering di sekitar hidung, sampai kulitnya terlupas?

Kondisi ini umumnya sering terjadi pada pemilik kulit kering. Tentu hal jadi permasalahan, ketika kita berada di posisi sebagai orang yang harus mengekspos wajahnya di depan kamera atau bertemu orang penting. Menimpanya dengan foundation atau concealer pun akan tampak semakin nyata sisi keringnya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit di sekitar hidung kering, bisa jadi cuaca ekstrem yang berubah-ubah, dan juga ruangan yang kurang lembap. Alergi juga bisa menyebabkan hidung kering hingga kemerahan, karena kehilangan minyak alaminya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi kulit kering di sekitar hidung kamu!

Oleskan petroleum jelly di area hidung

BEGINI CARA ATASI HIDUNG KERING

Supaya tidak memperparah keadaan, kamu bisa mengoleskan pelembap dengan kandungan petroleum jelly di sekitar hidung. Petroleum jelly ini berfungsi untuk melembabkan kulit dengan membentuk lapisan minyak yang menghambat terjadinya proses penguapan air, pada permukaan kulit sebagai faktor utama penyebab kulit kering. Manfaat petroleum jelly ini akan tampak efektif jika dilakukan secara rutin, khususnya setelah mandi dengan air panas, karena air panas cenderung menghilangkan minyak alami kulit.

Gunakan sunscreen yang tepat

BEGINI CARA ATASI HIDUNG KERING 4

Meskipun beberapa orang ada yang lebih senang di rumah daripada di luar, namun penggunaan sunscreen harus tetap berjalan untuk melindungi wajah dari radiasi sinar UV. Memang di dalam rumah tidak langsung terkena matahari, namun faktanya, radiasi UV akan tetap menembus jendela yang ada di rumah kamu. Untuk mengatasi kulit kering, kamu bisa menggunakan sunscreen dengan kandungan minyak zaitun atau lidah buaya, karena kedua kandungan tersebut merupakan pelembap alami terbaik, yang sudah banyak tersedia di beberapa produk skincare.

Perhatikan asupan nutrisi

BEGINI CARA ATASI HIDUNG KERING 2

Kalau kamu adalah orang yang tidak peduli dengan nutrisi, mungkin ini saat yang tepat untuk mengubah cara pandang kamu. Demi mendapatkan kulit yang sehat dan glowing, ternyata memerhatikan asupan nutrisi juga perlu, lho! Kamu bisa mencegah kulit kering dari dalam, tidak hanya dari luar saja. Ada beberapa asupan yang sebaiknya kamu konsumsi untuk mengatasi kulit kering, misalnya dengan mengonsumsi brokoli, karena sayur tersebut kaya akan molekul antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan kulit, atau mengonsumsi buah alpukat yang kaya akan omega 3.

Perbanyak minum air putih

BEGINI CARA ATASI HIDUNG KERING 3

Memang sebaiknya hindari dulu minuman-minuman manis, selain dapat menyebabkan penyakit, juga akan mengurangi intensitas kamu minum air putih, sehingga kehilangan waktu untuk menciptakan wajah yang sehat dan glowing. Terjadinya kulit kering terutama bagian hidung, dapat diatasi dengan mengonsumsi air putih sebanyak 1,5-2 liter per hari. Jika kamu sudah banyak minum air putih, maka kulit yang terhidrasi akan menjadi lembap dan menghilangkan kulit kering yang bisa terlupas.

Beberapa cara tadi bisa kamu lakukan jika kamu sedang mengalami kulit kering di sekitar hidung, namun jika keadaan semakin parah, kamu bisa konsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang lebih profesional. Semoga tips ini membantu mengembalikan kadar air di dalam kulit kamu ya!

 

Image: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment