banner-detik

lifestyle

4 Tanda Bahwa Kamu Sudah Terlalu Banyak Bermain Social Media!

seo-img-article

Apa tandanya kamu sudah menghabiskan terlalu banyak waktu di sosial media? 

Pernah dengar istilah FOMO atau kependekan dari fear of missing out? FOMO adalah kondisi di mana kamu merasa cemas atau khawatir ketika melihat kehidupan orang lain karena merasa kehidupan mereka lebih baik dari dirimu. Wow, benar ada ya ternyata kondisi kayak gini? Tentu saja ada! Apalagi dengan teknologi yang terus menerus update, semakin banyak kamu menghabiskan waktu di social media, maka akan semakin tinggi kemungkinan kamu mulai merasa FOMO.

84f5a58a88134d39a8dc2b7099bf6465133d3235

Saya sempat berfikir hal ini nggak penting, sampai pada akhirnya saya sendiri yang mengalaminya sendiri. Saya sempat merasa kurang dengan semua konten yang saya unggah ke social media, mulai dari merasa kurang cantik, merasa feed-nya kurang bagus, kurang ini, kurang itu dan seribu alasan lainnya. Bahkan hingga kondisi yang paling parah adalah saya selalu merasa orang lain punya kehidupan yang lebih baik dan lebih bahagia dari saya. Dalam sehari, saya bahkan bisa menghabiskan waktu 12 jam untuk cek media. Which is very toxic! Perasaan membandingkan diri terus menerus ini menghantui, hingga pada akhirnya saya memutuskan untuk puasa social media selama sekitar 2 minggu.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Editing Foto dan Video untuk Bikin Konten!

0_ZqhMe1Sab3y1okrW

Baca juga: Inside FDHQ: Pro-Kontra Aplikasi Body Editor

Dalam ‘rehat’ saya dari social media selama dua minggu, saya mulai sadar kalau ada banyak hal yang saya lewatkan ketika terlalu banyak menghabiskan waktu di social media. Apalagi, saya nggak seharusnya iri dengan postingan orang lain, karena apapun yang ada di social media pasti hanya sesuatu yang terlihat baik. Nggak mungkin kan, misalnya ada orang yang lagi ada masalah keuangan, malah diumbar ke sosial media? Sejak saat itu, saya mulai mempelajari kebalikan dari FOMO yaitu JOMO (joy of missing out), mulai dari nggak terlalu banyak posting konten ketika weekend! Nggak apa kalau terkadang kita ketinggalan update dibandingkan dengan orang lain, tapi kesehatan mental dan kebahagiaan kita tetap terjaga!

Nah, apakah kamu juga mulai berpikir kalau kamu mengalami yang namanya FOMO? Kalau iya, apakah kamu mengalami beberapa gejala berikut ini? Yuk, baca tanda-tanda kalau kamu mulai terlalu banyak bermain di social media di halaman ini!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment