4 Pilihan Teh Herbal untuk Atasi Stress dan Meredakan Rasa Cemas

4 Pilihan Teh Herbal untuk Atasi Stress dan Meredakan Rasa Cemas

Sering merasa takut dan cemas akibat pandemi? Berikut beberapa teh herbal yang bisa bantu kamu tenang! 

Stress nggak sih rasanya, melihat berita yang menyebutkan angka penderita covid yang naik setiap hari? Yes, tentu bikin stress. Tapi, kalau kita terus-terusan memusingkan dan kepikiran hal tersebut, bisa-bisa daya tahan tubuh kita jadi menurun dan lebih rentan terkena virus. Itu sebabnya, practice mindfulness dan berhenti khawatir penting untuk kamu lakukan. Sambil tetap jangan lupa melakukan praktis 3M dalam kehidupan sehari-hari! Nah, salah satu hal yang membantu saya supaya lebih tenang dalam menjalani hari adalah memulai hari dengan minum secangkir teh herbal! Terdengar simple, tapi kegiatan yang satu ini betul-betul bikin saya jadi lebih tenang, sekaligus meredakan rasa cemas. Kira-kira, pilihan teh herbal apa yang bisa kamu pilih?

Chamomile

TEH CHAMOMILE - 5

Chamomile (Matricaria chamomilla) adalah salah satu tanaman yang sering digunakan sebagai pengobatan herbal. Teh ini sering digunakan sebagai anti-anxiety dan memiliki efek sedatif, serta mampu membuat tubuh kamu jadi lebih relax. Itu sebabnya, banyak mereka yang memiliki kesulitan tidur direkomendasikan untuk minum segelas teh chamomile supaya bisa tidur dengan lebih nyenyak. Aromanya yang khas juga bikin teh ini jadi salah satu teh favorit yang saya konsumsi sebelum tidur!

Baca juga: 5 Suplemen yang Bisa Dikonsumsi untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Lavender

cup-tea-lavender-flowers_87742-6981

Kalau ada tanaman yang diasosiasikan dengan relaksasi, ketenangan, dan kedamaian, tanaman lavender (Lavandula angustifolia) adalah jawabannya. Teh yang satu ini bagus banget untuk mengatasi emotional stress, walau dapat juga berfungsi untuk mengatasi stress secara fisik maupun mental. Cobalah menambahkan sejumput lavender ke black tea, atau kamu juga bisa campurkan dengan chamomile, verbena, dan sedikit daun mint untuk teh herbal yang relaxing dan mengurangi stress.

Lemon Verbena

lemon-verbena-tea-3

Teh lemon verbena (Aloysia citriodora) bisa bantu bikin tidur kamu nyenyak, dan bekerja sebagai anti-inflammatory, mampu memperlancar pencfernaan, menenangkan saraf, mengurangi stress, dan berfungsi sebagai antioksidan. Wow, banyak banget ya manfaatnya? Kamu bisa dapatkan rasa yang fresh dan lemony dari teh yang satu ini!

Vervain

Conclusion-min-6-740x326

Vervain (Verbena officinalis) memiliki fungsi anti-anxiety, relaxant, serta efek sedatif bagi tubuh. Tanaman ini juga berfungsi sebagai antioksidan, dan mengandung banyak vitamin C! Rasanya agak pahit, jadi akan lebih baik kalau kamu mencampurkannya dengan tanaman herbal lainnya, atau tambahkan lemon dan madu. Note: vervain berbeda dengan verbena yah!

Passion Flower

passionflower-tea-recipe

Baca juga: 5 Minuman Ini Bisa Membantu Mencegah Flu Saat Pandemi!

Teh passion flower dibuat dari daun, bunga, dan batang kering tanaman Passiflora. Secara tradisional, tanaman  telah digunakan untuk mengurangi anxiety dan mampu meningkatkan kualitas tidur. Baru-baru ini, penelitian telah meneliti kemampuan teh passion flower untuk mengurangi insomnia. Sebagai contoh, satu penelitian pada 40 orang dewasa sehat menemukan bahwa mereka yang minum teh passion flower setiap hari selama 1 minggu melaporkan kualitas tidur yang jauh lebih baik, dibandingkan dengan peserta yang tidak minum teh tersebut. Selain itu, tanaman ini juga memiliki analgesic properties, di mana bisa bantu menenangkan saraf. Rasanya mild dan fresh! 

So, berikut adalah beberapa teh herbal yang bisa kamu coba konsumsi supaya kamu nggak stres, sehingga daya tahan tubuh kamu meningkat. Ingat ya, untuk tetap jaga juga protokol kesehatan.
Stay safe and healthy!
Foto: Dok. freepik.com, urbangardenchef.com, tea-and-coffee.com, mommypotamus.com