banner-detik

makeup

Setting Spray Nggak Bikin Makeup Tahan Lama? Cek di Sini!

seo-img-article

Percaya deh, ternyata selama ini setting spray itu nggak berguna untuk kulit berminyak. Setidaknya, Wayne Goss sendiri yang mengungkapkan itu.

Sabtu pagi ini saya dibuat shock oleh pernyataan Wayne Goss, The Big Fat Setting Spray Lie, di mana sebenarnya kandungan alkohol di dalam setting spray itu membantu penyebaran water-resistant polymer yang seakan-akan melindungi makeup dari gesekan–padahal kenyataannya alkohol justru menghapus makeup! Bukan karena alkohol (mostly alcohol denat) dapat memberikan sensasi kering pada kulit ya, tapi karena alkohol itu sendiri mampu melunturkan makeup. Saat kita menggunakan makeup yang lumayan tebal dan ingin tampil lebih natural, otomatis kita akan semprotkan setting spray kan? Nah di situlah makeup kita sedikit terhapus sehingga seakan-akan terlihat natural.

Wayne Goss juga menuturkan bahwa setting spray hanya akan terasa manfaatnya pada kulit normal, kering, dan kombinasi, di mana jenis kulit tersebut tidak menghasilkan terlalu banyak minyak. Buktinya? Saat beauty influencer atau beauty brands mencoba mengoleskan eyeshadow di lengan lalu menyemprotkan setting spray–otomatis eyeshadow yang dioleskan tidak akan transfer. Apakah 100% karena bantuan setting spray, well… absennya keberadaan minyak alami kulit di lengan juga membantu. Terbukti setelah menyemprotkan setting spray, lalu diberikan setetes face oil, swatches eyeshadow pasti akan buyar terlumas face oil.

REVIEW THE BODY SHOP CAMOMILE CLEANSING BUTTER 3

That’s why we use cleansing oil to remove our makeup, kan?

 

Nah lalu gimana dong?

Jika kamu pemilik kulit normal, kering, dan kombinasi, lucky you, kamu tetap bisa gunakan setting spray! Namun, bagi kamu pemilik kulit berminyak apalagi extreme oily atau sekadar ingin punya makeup yang tahan lama untuk acara tertentu, ikuti saran Wayne Goss berikut ini:

  1. Double load setting spray, gunakan setting spray sebagai primer dan finishing spray
  2. Tidak perlu pakai setting spray banyak-banyak, karena itu justru malah bisa menghapus makeup
  3. Gunakan primer sebelum menggunakan makeup
  4. Khusus kulit sangat berminyak, gunakan pelembap water-based atau gel, dan biarkan meresap sebelum menggunakan primer
  5. Gunakan teknik baking terutama di area yang berminyak
  6. Selalu bawa compact powder untuk touch up di area yang berminyak

Yes, satu-satunya cara supaya makeup tahan lama di kulit berminyak adalah dengan touch-up menggunakan compact powder! Tentunya kamu tetap bisa menggunakan setting spray, tapi jangan terlalu banyak mengharapkan setting spray saja tapi selalu siapkan compact powder!

Ini dia rekomendasi setting spray dan compact powder yang menurut saya bisa kamu coba:

Studio Tropik DreamSetter Setting Spray 

Studio Tropik Polusi

Sudahlah, ini my ride or die setting spray. Harganya masuk akal, formulanya bagus banget, dan local pride! Tidak cuma melindungi kulit, ada kandungan anti-polusinya yang bikin saya makin pede pakai makeup tanpa harus takut jerawatan. Pingin tahu review lengkapnya? Cek di sini ya.

Baca juga: 3 Setting Spray Lokal yang Bisa Bikin Glowing

L’Oreal Paris Infallible Pro Spray & Set Makeup Extender Setting Spray 

0

Dupe alert! Tahu dong the mighty Urban Decay All Nighter Long Lasting Setting Spray? Menurut saya setting spray ini bisa jadi alternatifnya! Produk ini meluncur saat L’Oreal sudah mengakuisisi Urban Decay sehingga saya yakin dari sisi formula pasti 11:12. Saat mencoba keduanya sih saya tidak menemukan perbedaan berarti kecuali Urban Decay terasa lebih hydrating saja. Harganya 1/2 Urban Decay dengan kualitas yang sama? I’m sold!

Baca juga: Pilihan Setting Spray untuk Kulit Kering

Charlotte Tilbury Air Brush Flawless Finish Powder 

CHARLOTTE TILBURY AIRBRUSH FLAWLESS FINISH

Compact powder yang harganya bikin meringis! Iyalah, harganya kurang lebih Rp700.000-800.000,- untuk 10 gram compact powder. But I swear to God, this is the best compact powder with smooth & skin-like finish that money can buy. Sejak Allyssa Hawadi menunjukkan bahwa dia menggunakan powder ini untuk mengurangi blush & bronzer yang terlihat dempul, saya langsung beli dan memang sebagus itu! Bedak ini sama sekali gak bikin wajah kita makin cakey, tetapi mampu menahan minyak. For me, it is a must have. Buat kamu yang merasa ini terlalu mahal, Rosé All Day The Realest Lightweight Compact Powder bisa jadi alternatif tapi hasilnya tidak se-smooth Charlotte Tilbury.

Baca juga: 3 Compact Powder yang Bikin Pori-pori Jadi Mulus!

Fenty Beauty Invisimatte Blotting Powder

3514527

Baca juga: Bedak Lokal Terbaik Wajib Punya!

Buat kamu yang memiliki kulit kombinasi dan ogah pakai powder tebal-tebal, wajib coba compact powder yang satu ini! Sponge-nya tipis menerupai blotting paper, tapi saya prefer menggunakan brush (yang harus dibeli terpisah) untuk touch up di area hidung. Bedak yang satu ini sama sekali tidak ada warna sehingga bisa digunakan di semua warna kulit tanpa takut menjadi abu-abu monyet (????) dan kekuatan menahan minyaknya bisa diadu!

Itu dia sedikit info mengenai setting spray dan compact powder yang bisa saya bagikan. Kalau favorit kamu apa? Komen di bawah ya!

 

Foto: courtesy of brands, Freepik.com, dok. Female Daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment