Efektif Nggak Sih Membersihkan Makeup Hanya dengan Satu Cleanser Saja?

Efektif Nggak Sih Membersihkan Makeup Hanya dengan Satu Cleanser Saja?

Membersihkan wajah secara menyeluruh adalah kunci kulit wajah tetap sehat walaupun sering menggunakan makeup.

Supaya wajah bersih sempurna, saat sedang menggunakan heavy makeup dan memakai maskara waterproof, saya selalu menggunakan metode double cleansing, yaitu membersihkan wajah dengan dua tahap pembersihan menggunakan dua jenis cleanser yang berbeda. Jadi, maksud dua tahap di sini bukan cuci muka dengan facial wash dua kali ya! First cleanser yang biasa saya gunakan adalah cleansing balm, fungsinya untuk melunturkan mekap dan kotoran di wajah, setelah itu, wajib dibersihkan dengan facial wash. Jika masih ada maskara waterproof yang tersisa, saya bersihkan ulang menggunakan eye makeup remover.

Nah, bagaimana kalau ada inovasi cleanser yang katanya bisa menggantikan fungsi tiga jenis cleanser sekaligus, yaitu micellar water, eye makeup remover, dan facial wash, seperti Biore 3 in 1 Fresh Cleanser. Apakah efektif dan aman di kulit? Setelah mencoba Biore Makeup Remover 3 in 1 Fresh Cleanser ini beberapa kali, akhirnya saya bisa menyimpulkan jawabannya. Yuk, disimak!

Baca juga: 3 Facial Wash Lokal yang Cocok untuk Kulit Sensitif

Packaging

REVIEW BIORE MAKEUP REMOVER 3 IN 1 FRESH CLEANSER - 4

Ukuran kemasan Biore Makeup Remover 3 in 1 Fresh Cleanser ini cukup besar isi produk 300 ml. Desain kemasannya cukup standar seperti kemasan makeup remover pada umumnya, dengan kombinasi warna putih, biru, dan pink. Pada kemasan sudah dijelaskan tentang fungsi dan cara penggunaan produk ini.

Formula

Seperti yang sudah saya jelaskan di awal, Biore Makeup Remover 3 in 1 Fresh Cleanser diformulasikan dapat melakukan fungsi tiga produk sekaligus. Klaimnya, produk ini memiliki daya bersih Eye & Lip Makeup Remover, which can clean waterproof makeup effectively, tapi rasanya segar seperti micellar water tanpa rasa lengket dan berminyak, dan membuat kulit tampak cerah seperti habis mencuci muka dengan facial wash, bahkan tidak perlu dibilas lagi. Produk ini juga sudah allergy tested, non comedogenic tested, dermatologically tested, dan ophthalmology tested. Saat pertama kali saya melihat produk ini, saya kira teksturnya akan seperti milk cleanser karena warnanya yang putih susu, tapi ternyata konsistensinya cair seperti micellar water. Produk ini ada sedikit wangi, lembut dan tidak menyengat,

Ingredients

Water, Isododecane, Butylene Glycol, Dipropylene Glycol, Alcohol, Silica, PEG-12 Laurate, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Adipic Acid, Fragrance, Potassium Hydroxide, Disodium EDTA, Methylparaben.

Baca juga: 5 Produk Bi-phase Cleanser yang Layak Dicoba

Penggunaan

REVIEW BIORE MAKEUP REMOVER 3 IN 1 FRESH CLEANSER - 2

Cara menggunakan produk ini mirip seperti micellar water. Pertama, kocok botol hingga seluruh layer menyatu, lalu tuang ke kapas dan usapkan ke seluruh wajah. Untuk membersihkan makeup waterproof, tempelkan kapas pada area makeup waterproof selama 5 detik, lalu usap secara perlahan. Hasilnya? Bersih! Untuk menghapus makeup yang tidak terlalu tebal, dan maskara waterproof yang tidak terlalu strong, produk ini memang bisa membersihkan hingga benar-benar bersih. Tapi untuk waterproof makeup yang strong, butuh lebih banyak effort daripada eye & lip makeup remover khusus. Untuk membersihkan full coverage foundation juga harus diulang berkali-kali jika menggunakan produk ini.

Lalu, apakah benar tidak perlu dibilas lagi? Kalau menurut saya pribadi, tetap perlu bilas dengan facial wash ya, terutama di PM routine. Apalagi kalau kamu menggunakan heavy makeup, gunakanlah second cleanser untuk benar-benar memastikan semua makeup sudah terhapus sempurna. Tapi untuk klaim bisa membersihkan makeup waterproof tapi tidak terasa lengket di kulit, saya setuju! Rasanya benar-benar ringan, dan kalau tidak dibilas lagi pun memang rasanya nyaman-nyaman saja, tidak ada rasa lengket seperti yang biasa saya rasakan kalau pakai cleansing balm, tapi tidak membuat kulit terasa kering juga seperti habis pakai micellar water. Saya sudah pernah coba pakai Biore Makeup Remover 3 in 1 Fresh Cleanser ini di siang hari, lalu tidak saya bilas lagi sampai malamnya, dan ini tidak membuat kulit saya jadi breakout atau iritasi.

Baca juga: 5 Serum Mewah yang Bikin Kulit Berminyak Lebih Seimbang dan Cerah

Final verdict

REVIEW BIORE MAKEUP REMOVER 3 IN 1 FRESH CLEANSER - 3

Apakah saya akan repurchase Biore Makeup Remover 3 in 1 Fresh Cleanser ini? Yes! Harganya termasuk golongan affordable, dan memang praktis untuk membersihkan makeup ringan. Produk ini adalah tipe produk yang akan cocok untuk dibawa travelling nantinya, karena bisa membersihkan kulit secara cepat. Walaupun menurut saya sedikit ambigu pada klaim ‘tidak perlu dibilas lagi’ , this is not a bad product, saya suka menggunakan produk ini, rasanya nyaman, tidak membuat kulit kering, dan aman juga saat digunakan di area mata, tidak membuat area mata saya perih dan panas. I see myself using this a lot in the future.

 

Nah, itulah cerita tentang Biore Makeup Remover 3 in 1 Fresh Cleanser yang saya suka. Kamu sudah coba belum?

 

Foto: Dok. Female Daily/Tirza Tiffani.