Haruskah Triple Cleansing Setiap Hari?

Haruskah Triple Cleansing Setiap Hari?

 

Membersihkan kulit setiap hari memang penting, tapi apakah perlu untuk triple cleansing? Apa sih sebetulnya triple cleansing itu? Yuk pelajari lebih lanjut!

We don’t want to scare you, but if you are not properly cleansing your face, your other skincare won’t work as well. Udah sering banget dibahas di berbagai media sosial Female Daily, double cleansing udah jadi ritual yang diwajibkan untuk seluruh FD Member. Tapi… Akhir-akhir ini muncul tren untuk melakukan triple cleansing agar kulit lebih bersih dan lebih sehat. Haruskah dilakukan setiap hari atau sebenernya nggak butuh-butuh amat?

Prinsip double cleansing sendiri terdiri dari menggunakan oil-based cleanser dan water-based cleanser untuk pembersihan yang lebih menyeluruh, tapi tetap gentle dan nggak bikin kulit kering. Teorinya, oil-based cleanser membersihkan wajah lebih baik, “mengikat” kotoran, sisa makeup, dan kelebihan minyak yang ada di kulit. Water-based cleanser digunakan setelahnya, untuk membersihkan sisa dari cleanser sebelumnya dan menyegarkan kulit. Produknya bisa dipilih dari cleansing oil, cleansing balm, cleansing milk, atau cleansing cream, juga facial foam atau facial wash. Nah, kalau triple cleansing bagaimana?

Triple cleansing sendiri hadir karena ramainya muncul micellar water di pasaran, tapi produknya kurang cocok dijadikan produk pengganti dari kedua tahapan yang sudah ada. Kalau menggunakan micellar water di slot water-based cleanser, kadang terasa kurang bersih dan kurang menyegarkan, tapi belum tentu micellar water bisa mengangkat sisa makeup dan kotoran seperti oil-based cleanser. Akhirnya, micellar water jadi tahapan tambahan untuk para beauty enthusiast yang ingin pembersihan lebih menyeluruh! Bisa digunakan sebelum oil-based cleanser untuk menghapus makeup, atau setelah water-based cleanser untuk proses pembersihan terakhir sebelum toner. Cek rekomendasi produknya di sini ya!

Baca juga: 5 Rekomendasi Facial Wash yang Ampuh Mengurangi Jerawat

Micellar water

triple cleansing 2

Kamu bisa mencoba Azarine Micellar Water dengan kandungan aloe vera dan cucumber yang menenangkan, Garnier Water Rose Micellar Cleansing Water dengan kandungan mawar yang lembut di kulit, atau Nivea Micellair Skin Breathe Xpert Micellar Water yang super efektif mengangkat makeup tebal. Dijamin proses triple cleansing kamu jadi super bersih tanpa iritasi dan kering.

Baca juga: 5 Facial Scrub Sekaligus Masker yang Layak Kamu Coba

Oil-based cleanser

triple cleansing 3

Walaupun kulit kamu berminyak, nggak perlu takut menggunakan oil-based cleanser, karena malah bisa membuat kondisi minyak berlebih di wajahmu lebih seimbang dan wajah lebih segar. Untuk rutinitas triple cleansing, pilih cleansing oil yang mudah teremulsifikasi agar mudah dibilas seperti Dewytree The Clean Lab Cleansing Oil, Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Cleansing Oil, atau L’Occitane Shea Butter Cleansing Oil.

Baca juga: 3 Facial Wash Lokal untuk Kulit Sensitif

Water-based cleanser

triple cleansing 4

Biar kulit tetap lembap saat triple cleansing, pilih cleanser yang pH-nya cenderung asam dengan tekstur gel daripada foam. Pilih yang aromanya menyegarkan juga ya agar sensasi mencuci wajah lebih nyaman dan bikin relaks! Kamu bisa pilih COSRX Low PH Good Morning Gel Cleanser, Joylab Gotta Matcha Face Cleanser, atau Then I Met You Soothing Tea Cleansing Gel.

Baca juga: Pentingnya Punya Face Cleanser Lebih dari Satu

 

Jadi, apakah kamu akan mengerjakan triple cleansing dalam rutinitas kamu? Atau ternyata diam-diam sudah melakukan? Komen di bawah ya!

 

Foto: Canva, Freepik, Azarine, Garnier, Nivea, Dewytree, Hada Labo, L’Occitane, COSRX, Joylab, Then I Met You.