Bikin Parfum 200 Ribu di Republic of Soap

Bikin Parfum 200 Ribu di Republic of Soap

Kalau kalian suka parfum dan lagi di Bali, cobain deh mampir ke Republic of Soap, di mana kalian bisa kenalan dengan berbagai jenis wangi dan juga bikin parfum sendiri!

Sejak topik parfum ramai diomongin di mana-mana, baik di artikel. Instagram atau Youtube Female Daily, saya merasa butuh menambah wawasan soal wewangian. Gunanya, supaya saya bisa lebih detail lagi menggambarkan sebuah wangi.  Jadi saya ingin sekali mempelajari tipe-tipe wangi atau essential oils yang sering dipakai untuk meracik sebuah parfum. Saya sempat research mengenai kursus untuk topik ini, namun belum bisa saya jalankan karena masih dalam masa pandemi dan belum nemu tempat yang saya sreg banget.

Tapi karena memang di dalam hati sudah sangat diniatkan, eh mana sangka saya ketemu Republic of Soap, ketika saya liburan ke Bali bulan Desember lalu. Oh ya, saya tahu tempat ini dari akun Instagram-nya Dinar Amanda. Pas banget saya juga masih di Bali dan nggak punya itinerary yang padat, jadi saya putuskan untuk mengunjungi Republic of Soap.

Racik Parfum 200 Ribu di Republic of Soap-3

Awalnya, Republic of Soap ini adalah pengrajin sabun batang dengan bahan natural saja, tapi ternyata bisinisnya berkembang banget, sehingga sekarang mereka menawarkan private labeling untuk pembuatan berbagai macam produk, mulai dari sabun, shampo, conditioner, deodorant, sunscreen, parfum, dan masih banyak lagi produk yang ditawarkan. Tapi mereka pun tetap menjual produk-produk yang sudah diracik sendiri untuk customer mereka. Konsep toko Republic of Soap sendiri unik, mirip dengan bulk store, di mana kalian bisa beli dalam ukuran besar atau refill produk- produk toiletries kalian di sini. Eits, tenang saja mereka suda memiliki BPOM, jadi dijamin produknya aman semuanya.

Racik Parfum 200 Ribu di Republic of Soap-7

Salah satu yang menarik banget dari toko ini adalah service DIY your own fragrance! Di atas ini adalah tempat di mana kita bisa meracik parfum sendiri. Di sini sudah terdapat 3 jenis base wangi, yaitu essential oils, fragrance oil dan juga identical oil, dengan 50++ wangi yang berbeda! Kamu bakalan menemukan berbagai note-note wangi yang sering kalian temukan di parfum kesayangan kalian, contohnya patchouli, musk, peony, vetiver dan sebagainya.

Racik Parfum 200 Ribu di Republic of Soap

Kalian nggak perlu bingung saat proses mixing wewangian ini, karena tim Republic of Soap akan memandu kalian dan memberikan saran wangi apa saja yang enak untuk dicampur. Feels yang diberikan oleh tim juga sangat nyaman, sehingga proses exploring wewangian ini jadi sangat relaxing! Pokoknya kalian punya kendali penuh terhadap wewangian yang ingin kalian buat.

Racik Parfum 200 Ribu di Republic of Soap-4

Kalau sudah menemukan campuran yang kalian suka, selanjutnya tim akan menanyakan wangi ini mau dibuat dalam bentuk apa? Parfum, reed diffuser atau room/fabric spray? Setelah menentukan produknya, baru nanti akan dihitung berapa total pembuatan satu produk ini. Semua harga tergantung dengan jenis dan berapa banyak pilihan oil yang kalian gunakan, ya. Kalau saya kemarin, totalnya Rp175.000, dengan mencampur 3 essential oils. Kalian juga bisa melihat proses pembuatan parfum-nya, experience-nya mirip saat kalian beli parfum mahal Le Labo! hehe.

Racik Parfum 200 Ribu di Republic of Soap-6

Inilah parfum yang saya buat kemarin di sana. Saya menggunakan 3 tipe wangi, yaitu peony, sandalwood, dan yang nggak boleh ketinggalan adalah musk! Untuk parfum dengan harga Rp175.000, dan dengan kombinasi wangi yang tergolong soft, surprisingly wanginya awet lho, bisa hingga 4 jam!

Jadi kalau kalian sedang ada di Bali dan pingin nyari aktifitas seru, coba deh mampir ke Republic of Soap!