Tips Catok Rambut Supaya Tahan Lama Pakai Catokan di Bawah 150ribu!

Tips Catok Rambut Supaya Tahan Lama Pakai Catokan di Bawah 150ribu!

Sebagai seseorang yang wajib catok rambut setiap hari, pertanyaan yang sering saya dapatkan adalah : ” Kok bisa sih catok rambutnya tahan seharian?”, atau “Kok bisa sih rambutnya nggak kelihatan kering?”. Well, selain perawatan rutin dan menggunakan produk yang tepat untuk merawat rambut, berikut adalah beberapa tips catok rambut yang saya lakukan supaya tahan lama dan nggak kering!

1. Gunakan catokan lurus

2b10618b10eddbeace45e07b597fa24a

Walaupun sekarang udah ada banyak catokan khusus rambut keriting yang berbentuk tabung, percaya nggak, untuk menghasilkan catok keriting akan lebih awet kalau kamu menggunakan catok rambut lurus! Sayangnya, kalau kamu menggunakan catokan lurus, kamu perlu melakukan segala sesuatunya serba manual. Sebab belum ada catokan lurus yang bisa keriting rambut secara otomatis! Tapi jangan khawatir, kalaupun kamu harus capek nyatok di awal, keritingnya bakal tahan seharian! Jadi, kamu nggak perlu nyatok ulang di tengah hari. Catok rambut keriting, khususnya yang otomatis, memang lebih praktis. Tapi, at the end of the day biasanya keritingnya lebih cepat loss dan lebih terlihat seperti model wavy. Catok rambut yang biasa saya gunakan adalah Amara Professional yang harganya cuma sekitar 120ribu-an!

Baca juga: Rambut Rusak? Ini 5 Cara Memperbaikinya!

2. Catok arah menyamping, bukan lurus

IMG_0353

Setelah menggunakan catokan lurus, kamu bisa perhatikan arah catok rambut yang kamu lakukan. Mencatok rambut secara lurus akan menghasilkan wavy beach look, yang seringkali lebih cepat loose, dibandingkan dengan kalau kamu mencatok rambut ke arah menyamping. Hasil catokan akan terlihat lebih keriting dan ikal, tapi as the time goes by hasilnya akan lebih natural dan keritingnya akan tahan lebih lama.

3. Jangan terlalu banyak gunakan hair oil

page0

Salah satu cara supaya rambut saya nggak terlihat kering walaupun dicatok setiap hari adalah menggunakan hair oil. Hair oil yang saat ini saya gunakan adalah Kérastase Chronologiste Perfume Huile. Cukup gunakan sekitar 2 pump, kemudian scrunch ke bagian rambut yang akan dicatok. Pengalamannya, kalau saya gunakan lebih dari 2 pump hair oil, rambut akan jadi terlalu berat untuk dicatok dan rambut akan lebih cepat loose bahkan hanya dalam waktu sekitar 1 jam. Tapi, bukan berarti kamu nggak menggunakan hair oil atau treatment lainnya sebelum mencatok rambut ya! Rambut bisa jadi cepat rusak dan kering. The proper amount is key!

 4. Catok rambut dalam keadaan kering

2EB25214-7F71-4E6F-9AA9-FDD0AAA324D8 2

Pasti pernah ada saatnya kamu catok rambut dalam keadaan damp atau setengah basah? Bisa jadi karena terburu-buru, atau memang kamu yang nggak sabaran aja nunggu sampai kering! Tapi tahu nggak sih, kebiasaan ini sangat buruk untuk kesehatan rambut? Air tersisa pada rambut yang terkena panasnya catokan akan menguap, dan oksigen yang menguap bisa terperangkap di batang rambut. Hal ini lah yang bikin rambut jadi gampang patah dan kering! Selain itu, mencatok dalam keadaan rambut setengah basah bikin hasil catokan kamu nggak tahan lama. Jadi, take some effort untuk mengeringkan rambut sebelum mulai mencatok!

Baca juga: Rambut Rontok Walau Dirumah Saja?! | Skincare 101

So, berikut adalah beberapa tips catok rambut supaya tahan lama, tapi nggak kering! Note kalau setiap kali saya menggunakan trik ini, saya nggak pernah sekalipun perlu menggunakan hairspray, tapi rambut tetap kering bahkan hingga pagi hari keesokan harinya!

Gimana menurut kamu? Ada yang struggle juga dengan rambut yang susah dicatok? Jangan lupa share di komen ya!