lifestyle

Cara Menyikapi Anak Perempuan yang Hobi Makeup Sejak Kecil

seo-img-article

 

Mengamati tumbuh kembang anak memang proses yang mengharukan dan menyenangkan. Kalau punya anak perempuan, mereka biasanya mulai suka berdandan mengikuti sang ibu, dan main-main makeup sejak usia 3 tahun. Gimana cara menyikapi anak perempuan yang hobi makeup ini ya?

 

CARA MENYIKAPI ANAK PEREMPUAN YANG HOBI MAKEUP 1

 

Nyaris semua ibu yang memiliki anak perempuan, mengalami momen-momen melihat anaknya sedang mencoba sepatu ibu yang kebesaran, mencoba lipstik, banyak bergaya dan bercermin, ketika anak-anak perempuan itu memasuki usia balita. Seringkali para orang tua merasa khawatir, apakah itu hal yang wajar? Bagaimana seharusnya menyikapi anak perempuan yang hobi makeup?

1. Proses belajar meniru adalah hal normal

CARA MENYIKAPI ANAK PEREMPUAN YANG HOBI MAKEUP 2

Nggak perlu khawatir ya ibu-ibu, pada usia balita, anak-anak memang cenderung meniru apa yang mereka lihat dan dengar di sekitar. Untuk itulah kita sebagai orang tua harus menjaga perilaku dan ucapan ketika berada di dekat si kecil. Anak-anak yang mengikuti ibunya berdandan itu adalah hal wajar, apalagi usia di bawah 10 tahun memang sedang suka eksplorasi. Terkait hal ini, Amara Kids Cosmetics menyelenggarakan talk show bersama dengan Dr. Denrich Setiyadi, Psikolog dan Parenting Expert, dalam acara Parenting Talk di Gandaria City, pada tanggal 27 Desember 2020 lalu.

Dr. Denrich mengungkapkan bahwa pada anak usia 5-8 tahun, apa yang dilakukan mereka hanya semata-mata permainan peran, dan peran yang mereka tiru biasanya merupakan sosok terdekat atau sosok yang mereka kagumi.

Jadi, jika anak-anak perempuan mulai suka berdandan, ibu-ibu nggak perlu khawatir. Justru ibu perlu bangga karena artinya si buah hati memiliki perkembangan motorik, dan menganggap ibunya sebagai role model. Yang perlu dilakukan adalah mengawasi dan memberikan arahan untuk tidak berdandan berlebihan, serta memastikan produk makeup yang digunakan aman untuk anak-anak.

Baca juga: 3 Permainan Seru untuk Mengembangkan Syaraf Motorik Anak

2. Mendukung ‘hobi’ baru si kecil

CARA MENYIKAPI ANAK PEREMPUAN YANG HOBI MAKEUP 4

Tidak perlu marah atau menghardik si kecil kalau ibu-ibu mendapati mereka sedang mencoba-coba makeup dewasa. Agar nggak rusak atau pecah, rapikan makeup ibu dan simpan di tempat yang sulit dijangkau anak-anak. Berikan anak-anak makeup khusus yang bisa mereka gunakan, seperti Amara Kids Cosmetics. Kandungan Amara Kids Cosmetics diformulasikan khusus agar aman dipakai oleh anak-anak dan sudah terdaftar BPOM. Rangkaian makeup Amara Kids Cosmetics ini juga cukup lengkap, mulai dari lipstik, eyeshadow, compact powder, dan blush. Ada juga nail polish dan spray cologne untuk melengkapi keseruan sesi dandan si kecil.

Jangan biarkan anak-anak menggunakan makeup dewasa ya, apalagi diberikan makeup abal-abal atau palsu dengan dalih, “Ah, kan hanya untuk mainan, nggak perlu yang bagus-bagus!”. Kulit anak-anak masih sangat lembut dan sensitif lho, jadi harus dihindarkan dari kandungan yang berbahaya agar nggak mudah iritasi.

Baca juga: Makeup untuk Anak-anak? Di Korea, Ini Tren Baru yang Laris Manis!

3. Luangkan waktu untuk bermain bersama

CARA MENYIKAPI ANAK PEREMPUAN YANG HOBI MAKEUP 3

Dampingi anak perempuan yang hobi makeup agar permainan semakin seru dan si kecil merasa ibunya ikut terlibat dalam setiap kegiatan yang dia sukai. Ibu juga bisa memanfaatkan momen tersebut sebagai pelatihan motorik, misalnya mengajarkan si kecil mix and match warna, mengenalkan fungsi dari masing-masing produk, atau cara menggunakan brush yang baik.

Jangan lupa ajarkan si kecil untuk membersihkan wajah dengan baik setelah main makeup. Walaupun terdengar hal sepele, tapi ini penting banget, lho! Saat melakukannya, ibu-ibu sekaligus melatih motoriknya dengan mengusapkan kapas pembersih ke seluruh wajah. Anak-anak akan belajar juga tentang pentingnya menjaga kebersihan kulit wajah, yang bisa ia terapkan sampai dewasa. Sebaiknya pilih pembersih yang aman dan mild untuk kulit anak-anak ya. Kalau pakai Amara Kids Cosmetics, cukup dibersihkan dengan air atau baby oil.

Baca juga: 5 Produk yang Bikin Kulit Iritasi Kembali Normal

Nah, nggak perlu khawatir lagi ya, ibu-ibu. Sesi bermain makeup dengan anak bisa jadi sarana belajar dan bonding yang kuat. Selamat mencoba!

Foto: Amara Kids Cosmetics, Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment