banner-detik

haircare

4 Cara Mengatasi Dermatitis Seboroik Selama Pandemi!

seo-img-article

Gimana sih cara ampuh atasi dermatitis seboroik?

Di tahun 2018 yang lalu, saya pernah berbagi pengalaman saya dalam mengatasi dermatitis seboroik. Walau saat itu kondisi kulit kepala saya berhasil ditangani, namun sayangnya dermatitis seboroik merupakan kondisi yang nggak bisa sembuh total, dan bisa kambuh jika ada beberapa pemicunya. Sebagai contohnya di masa pandemi, dermatitis seboroik saya beberapa kali kambuh. Bahkan nggak sedikit juga mereka yang tadinya nggak pernah mengalami kondisi kulit ini, malah muncul ketika pandemi.

Dermatitis Seboroik 3

Ada beberapa faktor penyebab kenapa dermatitis seboroik. Bisa jadi akibat reaksi produk yang nggak cocok dikulit, bisa juga akibat stress yang memicu. Tapi, bisa juga karena alasan lain yaitu jamur malassezia – jamur yang biasanya ditemukan dalam minyak yang ada di permukaan kulit. Itu sebabnya, mereka yang memiliki kulit kepala berminyak lebih rentan untuk terkena dermatitis seboroik! Kalau kamu salah satu yang mengalami kondisi kulit ini, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasinya!

1. Perhatikan penggunaan shampoo

Salah satu pemicu utama untuk dermatitis seboroik adalah menggunakan shampoo atau produk rambut lain dengan kandungan yang nggak cocok dengan kulit kamu. Ingredients yang jadi pemicu buat setiap orang bisa jadi berbeda-beda. Tapi biasanya, saya menghindari shampoo yang mengandung fragrance maupun parfum untuk meminimalisir kambuhnya dermatitis seboroik. Kamu juga bisa coba gunakan shampoo untuk kulit kepala oily untuk bantu mengatasi minyak di kulit kepala, dan mencegah tumbuhnya jamur malassezia atau shampoo yang mengandung ketoconazole. Salah satu shampoo yang hingga saat ini berhasil membuat dermatitis seboroik saya kembali lagi adalah The Body Shop Ginger Shampoo. Tapi, untuk rekomendasi shampoo lain yang bisa kamu coba gunakan sudah pernah saya tulis di artikel ini!

2. Gunakan scalp massager untuk keramas atau menggaruk

Dermatitis Seboroik 5

Percaya nggak, menggaruk kulit kepala bisa memperparah dermatitis seboroik yang kamu alami? Setiap kali saya menggaruk kulit kepala saya, akan ada flakes atau butiran-butiran kulit kepala yang jatuh,  yang kemudian akan tumbuh lagi beberapa hari kemudian tapi dalam kondisi kering. Kondisinya mirip dengan butiran-butiran ketombe besar yang berjatuhan. Hiiii.. jorok banget ya? Itu sebabnya selama dermatitis seboroik kamu kambuh, jangan garuk apalagi menggunakan kuku yang meningkatkan risiko kulit kepala terluka. Kamu bisa coba akali dengan menggunakan scalp massager. Alat penggaruk kulit kepala berbahan karet yang jauh lebih lembut, sehingga mengurangi risiko dermatitismu jadi semakin parah. Kamu bisa gunakan ketika kamu keramas, atau dalam kondisi dimana kamu betul-betul nggak tahan banget dan pingin garuk kepala. Ingat, cara menggunakannya harus tetap gentle ya!

 3. Gunakan salep

Hal pertama yang saya rekomendasikan kalau kamu mengalami gejala-gejala seperti seboroik dermatitis adalah coba konsultasikan kepada dokter supaya kamu bisa segera mengetahui cara mengatasinya dengan tepat. Karena ada salah satu kondisi penyakit kulit bernama psoriasis yang gejalanya mirip dengan dermatitis seboroik. Hal ini bisa mencegah penangananan dan pengobatan yang nggak tepat! Ketika saya konsultasikan ke dokter mengenai kondisi saya, saya diberikan salep yang mengandung kortikosteroid yang bisa meredakan gejala penyakit kulit tersebut. Tapi tentu saja, obat ini nggak bisa kamu dapatkan tanpa anjuran dari dokter! Kalau kamu masih terlalu takut untuk pergi ke rumah sakit, kamu bisa konsultasikan dengan dokter via online. Thank God for technology!

4. Less-stress

yoga meditasi

Salah satu penyebab kenapa dermatitis seboroik banyak muncul di masa pandemi, adalah karena people are getting even more stressed than they used to! Nggak heran sih, mungkin dengan adanya kondisi ekonomi yang nggak stabil kayak sekarang ini, takut keluar akibat adanya virus, belum lagi masalah-masalah lainnya yang diakibatkan oleh pandemi bisa memicu stres dari diri kita. So, it’s important to manage your stress supaya dermatitis seboroik nggak kambuh. Kamu bisa atasi dengan melakukan mindful activities seperti yoga, pilates, jalan pagi, bahkan hingga mindful eating dan mindful reading bisa bantu kamu melepas stres.

So, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi dermatitis seboroik. Semoga dengan melakukan 4 hal di atas, kondisi kulit kepala kamu jadi semakin membaik ya!

 

Foto: Freepik.com, Dok.Female Daily/Regina

Slow Down

Please wait a moment to post another comment