banner-detik

makeup

Kenapa Makeup High-End Harganya Mahal?

seo-img-article

Pernah nggak sih kalian bertanya-tanya kenapa makeup high end itu harganya mahal? Bahkan bisa 3-5 kali lipat dari harga produk serupa yang katanya dupes produk tersebut!

Professional makeup artist working at salon

Sebelum saya mencoba produk makeup high end, saya pikir, memangnya worth it ya menghabiskan ratusan ribu bahkan jutaan hanya untuk membeli satu buah produk makeup? Tapi ternyata, memang ada alasan lho untuk price point makeup high end yang cukup tinggi. Penasaran? Yuk simak alasannya!

1. Ingredients yang digunakan

Untuk membuat sebuah makeup high end, biaya produksi yang dikeluarkan memang lebih tinggi. High end makeup memiliki cleaner ingredients, dan rasio ingredients yang digunakan mostly high quality, diformulasikan dengan teknologi yang lebih mahal dalam pembuatan produk tersebut, sehingga performanya lebih baik, mulai dari segi pigmentasi, ketahanan, blendability, hingga shade range yang bisa didapatkan dari luxury brand tersebut. Makanya, waktu brand lokal mengeluarkan shade range yang diverse, saya ikut bangga, karena nggak mudah lho prosesnya!

FENTY BEAUTY TROPHY WIFE 1

Contoh perbandingan yang sering saya alami adalah untuk produk eyeshadow. Saya punya beberapa eyeshadow palette yang harganya murah, pigmentasinya bagus, dan mudah dibaurkan, tapi tetap saja kualitasnya jauh berbeda jika dibandingkan dengan high end eyeshadow palette. Sebagus-bagusnya eyeshadow palette seharga 100 ribu-an, high-end eyeshadow palette still preformed a lot better, eyeshadow-nya lebih buttery, lebih tahan lama, dan lebih opaque.

Baca juga: Ini Dia Makeup High-End Favorit FD Babes!

2. Kemasan lebih kokoh dan eksklusif

Selain ingredients, kemasan yang digunakan oleh produk high-end juga jadi salah satu faktor kenapa harga produk tersebut mahal. Biasanya kemasan produk high-end saat dipegang akan terasa lebih sturdy, dan desainnya juga lebih eksklusif, sedangkan produk makeup yang harganya lebih murah biasanya menggunakan kemasan yang lebih ringan, dan desainnya dibuat mirip dengan produk high-end.

Baca juga: 20 Parfum Terbaru 2020 yang Layak Dicoba!

PRODUK KECANTIKAN EDISI IMLEK 2020 - CLE DE PEAU

Jadi, itu dia beberapa alasan dari sisi production cost yang membuat harga makeup high-end jadi lebih mahal. Selain itu, ada faktor lain seperti company value, dan prestige dari brand itu sendiri. Lalu, apakah kamu lebih baik membeli makeup high-end aja untuk kedepannya? Sebenarnya, kembali lagi ke kebutuhan dan budget masing-masing sih. Kalau saya pribadi, untuk pemakaian sendiri, saya tidak merasa butuh memiliki makeup high end untuk semua jenis makeup yang saya gunakan. Misalnya, bagi saya, menggunakan blush, lipstik atau maskara dari drugstore kualitasnya sudah cukup bagus, tapi saya rela splurge untuk membeli high end eyeshadow palette atau black eyeliner gel.

URBAN DECAY NAKED ULTRAVIOLET PALETTE - EYESHADOW WARNA LILAC

 Baca juga: 4 Rekomendasi Makeup High-End untuk Akhir Tahun!

Jadi, karena budget saya memang terbatas, saya tidak harus punya banyak makeup high-end, instead, saya bisa beli beberapa saja yang memang akan sering digunakan untuk jangka waktu panjang, supaya uang yang saya gunakan sebanding dengan value yang saya dapatkan.

 

Kalau untuk kamu, apa nih produk makeup high-end yang ada di wishlist tahun ini? Share jawabanmu di kolom komentar ya!

 Foto: Freepik.com, Urban Decay, Cle De Peau, Fenty Beauty30

Slow Down

Please wait a moment to post another comment