banner-detik

tools

Bagaimana Cara Merawat dan Membersihkan Face Roller?

seo-img-article

face roller arum (1)

Gemstone Face Roller dan Gua Sha memang sangat menyenangkan jika dipakai setiap hari. Tapi jangan sampai lupa merawat dan membersihkannya ya!

Gemstone face roller dipercaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit wajah bila dipakai secara rutin. Di antaranya adalah melancarkan peredaran darah, mengurangi puffiness di wajah, dan membantu penyerapan produk-produk skincare.

Meski sangat banyak manfaatnya, namun face roller ini bisa jadi masalah juga bila kita tidak rajin membersihkannya. Bayangkan saja, pasti ada minyak berlebih, kotoran, debu dan sisa produk yang menempel di roller. Roller yang kotor malah bisa menyebabkan jerawat dan permasalahan kulit lainnya lho. Selain itu jika tidak rutin dirawat, face roller juga akan mudah retak dan rusak.

Nah, berikut adalah cara merawat dan membersikan koleksi saya, yang biasa saya lakukan!

Baca juga: Apa Saja Manfaat Memakai Face Roller?

Wajib Punya Face Roller untuk Mengencangkan Kulit

Membersihkan face roller

Sesudah digunakan, sebaiknya face roller harus langsung dibersihkan dengan menggunakan air dan kain lap yang lembut. Dan meskipun face roller sudah dibersihkan setiap selesai digunakan, biasakan juga untuk melakukan deep-cleansing pada face roller setiap minggunya.

Untuk deep cleansing, cuci face roller dengan air hangat dan sabun yang lembut. Jika masih terasa kurang bersih, rendam face roller dengan campuran air hangat dan sabun selama beberapa saat sebelum mengeringkannya dengan kain yang lembut. Jangan gunakan air yang terlalu panas karena dapat merusak lapisan pada gemstone dan juga merusak pegangan face roller. Sebaiknya hindari pembersih berbahan dasar alkohol karena dapat merusak lapisan pelindung pada gemstone, jika digunakan secara berlebihan.

Setelah dicuci, keringkan face roller dengan kain yang lembut dan menyerap air. Jika perlu, bungkus dengan handuk atau kain sesudah dibersihkan untuk memastikan agar face roller benar-benar kering sebelum disimpan.

Ada juga yang menyarankan untuk rutin sebulan sekali mengasapi face roller dengan sage atau palo santo untuk mengembalikan healing properties-nya. Tidak semua orang percaya dengan healing-properties ini, namun jika kamu percaya tidak ada salahnya dilakukan karena sage dipercaya dapat membersihkan udara dari bakteri.

 gemstone featured

Penyimpanan face roller

Simpan face roller di tempat yang sejuk dan kering. Karena kalau disimpan di tempat dengan suhu yang panas atau terlalu dingin, malah bisa membuat gemstone jadi mudah retak. Nggak apa-apa kok meletakkan face roller di lemari es beberapa menit sebelum digunakan, agar gemstone-nya terasa dingin ketika digunakan. Namun untuk penyimpanan setiap harinya, sebaiknya sih di tempat kering dan sejuk saja.

Hindari juga menyimpan gemstone face roller di dalam kamar mandi ataupun lemari yang lembap. Udara yang lembap dapat menyebabkan bakteri tumbuh. Lalu beberapa gemstone seperti jade mempunyai sifat yang ringkih sehingga relatif lebih mudah retak. Jadi pastikan juga untuk tidak terekspos suhu yang terlalu panas maupun terlalu dingin, baik saat membersihkan maupun menyimpan.

Ada juga yang menyarankan untuk menyimpan gemstone face roller bersamaan dengan kristal lainnya seperti amethyst, rose quartz ataupun moonstone untuk me-recharge manfaat gemstone di kulit. Saya memang tidak percaya dengan healing properties dari gemstone face roller, tapi memang cantik sekali jika face roller diletakan bersama koleksi kristal yang berwarna-warni. Yang penting, pastikan juga face roller kita dalam posisi yang aman dan tidak mudah terjatuh. Sayang sekali kan, kalau gemstone face roller kesayangan kita terjatuh dan retak?

 

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara merawat face roller kesayanganmu? Apakah kamu punya koleksi face roller dan kristal di rumah?

 

Foto: Dok. Female Daily/Arum.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment